Mudik Lewat Jalan Pantai Utara atau Jalur Selatan


Mudik Lewat Jalan Pantura atau Selatan
dokpri


Sebentar kali para pemudik dari Jakarta akan berangkat ke arah Jawa Tengah, Jawa barat dan Jawa timur. 

 Bagi mereka yang sedang mempersiapkan diri untuk mudik melalui jalan darat, pertimbangkan untuk kondisi jalan di kedua jalur yaitu jalur pantai utara atau jalur pantai selatan. 

Menurut penelusuran dari beberapa media , ternyata jalur utara itu kelihatannya mulus dan tidak ada masalah, namun ketika dilihat dari lokasinya , jalan pantura ketika keluar dari tol Cikopo menuju Simpang Jomin-Indramayu-Cirebon-Tegal -Semarang, memang sedikit mulus meskipun ada tambal sulam aspal di beberapa bagian sehingga terjadi gelombang-gelombang.

 Hal ini terjadi di beberapa titik dari Simpang jomin ke Kandanghaur . Setelah itu barulah kondisi jalan agak mulus. Jalan penuh gelombang akan terjadi di Brebes setelah tol Kanci hingga Pemalang. 

 Dari Pemalang menuju Alas Roban mulus, setelah itu bergelombang lagi. Jalan pantura memang sangat lebar dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti rest area, marka jalan, pembatas jalan permanen. 
 Hanya di beberapa ruas jalan tidak ada penerangan jalan yang cukup.

Sayangnya jalan pantura itu lurus dan tanpa pemandangan kecuali di beberapa tempat mendekati Tegal, Pemalang terlihat laut dan sawah. Bagi pengemudi tentu akan sedikit membosankan pemandangan tanpa variasi , bisa-bisa akan mengantuk. 

 Bagaimana dengan perjalanan melalui jalur pantai selatan? 


Untuk jalur selatan, dimulai dari Bandung keluar Cicalengka-Nagreg Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar dan kota lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Perbedaan mencolok adalah jalur selatan terlihat mulus tanpa aspal bergelombang. Hanya sedikit sekali titik berlubang dan tapi tak terlalu signifikan dan tak ganggu lalu lintas. Tapi struktur jalan di jalur selatan jauh lebih sempit, berkelok-kelok dan menanjak naik turun .

 Itulah sebabnya pengemudi harus super waspada , apalagi jika melewati jalur selatan pada malam hari. 

Di jalur Nagreg hingga Cimahi, tidak didukung dengan penerangan.Penerangan hanya dibantu oleh lampu rumah. Nach keuntungan utama dari pilihan jalur selatan, adalah pemandangan tidak membosankan karena adanya pemandangan Gunung Ciremai dan desa-desa di kakinya yang memanjakan sepanjang perjalanan pemudik. 

APalagi jika kita sudah sampai di pantai selatan di gunung Kidul, Yogyakarta. Satu pantai bernama HeHa Ocean View adalah pantai selatan dengan pemandangan laut lepas dan banyak tebing di tengah-tengahnya. Pemandangan menawan dan sangat instagramable bagi mereka yang ingin sekalian mampir ke pantai ini. 

 Siap untuk menentukan jalur mudik pilihanmu? Jalur  pantai utara  atau jalur pantai Selatan?

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman