Kurma Makanan Identik Ramadhan, Banyak Manfaatnya



Kurma Makanan Identik Ramadhan
sumber: dokpri



Pedagang musiman yang sangat digemari oleh para netizen yang akan berpuasa adalah pedagang kurma. 

Di bulan suci Ramadhan, memang berjualan kurma mendatangkan keuntungan atau berkah bagi pedagang. Pedagang kurma musiman di suatu kota yaitu di SImpang Lima kota Tua Ampenan Mataram. 

 Mereka itu berdagang dua hari sebelum Ramadhan , mereka menjajakan dagangannya di pinggir jalan, ada juga yang menjajakan dagangan di dalam pasar tradisional. Sejak pukul 8.00 hingga 23.00 WITA, pedagang menjajakan jenis kurma yang sangat bervariasi, dari yang murah hingga yang mahal.

 Ada 10 jenis kurma. Jenis kurma itu adalah kurma mesir, kurma lu’lu, kurma nagar, palam, Madinah hingga kurma ajwa. 

Keuntungan dari berjualan kurma itu cukup besar, mulai dari Rp.5 juta hingga Rp.15 juta per harinya. Jika sedang sepi mereka bisa mengantongi sekitar Rp.5 juta. 

Harga jualnya juga bervariasi, ada yang murah sekitar Rp.40 ribu hingga Rp.500 ribu per kilogramnya. Kurma paling mahal adalah kurma ajwa dan Rasulullah . Mereka akan berjualan terus hingga berakhir H-2 sebelum Idul Fitri. Keuntungan yang cukup besar didapatkan per bulan .

 Mengapa Ramadhan identik dengan kurma?


 Alasan utamanya adalah dari Anas bin Malik dikatakan bahwa Nabi Shallallahu “alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan kurma basah . Jika tidak ada kurma basah, beliau berbuka dengan tami (kurma kering), jika tidak ada kurma kering, beliau meneguk seteguk air.

 Rasa manis (glukosa dan fruktosa) dalam kurma yang hanya memerlukan 5-10 menit dapat diserap di usus manusia ketika dalam kondisi kosong.

 Jika mereka yang berbuka puasa dengan makanan yang tidak mengandung unsur gula akan lama menyerapnya sekitar 3-4 jam. 

Manfaat kurma dari segi kandungan: 


  • Mengandung gula alami sebagai sumber energi. 
  • Kandungan gula alami, glukosa,sukrosa dan fruktosa berguna sebagai energi instan
  • Menangkal radikal bebas dan sumber antioksidan . 
  • Memiliki kaya akan vitamin seperti A, B1, B2 dan B3 yang dapat menjaga Kesehatan tubuh Mengandung serat dan potassium . 

Manfaat kurma untuk Kesehatan:


 1.Mencukupi kebutuhan gizi dan kalori


Kalori kurma dari karbohidrat dan sisanya dari protein. Meskipun tinggal kalori, kurma masih mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

 2.Melancarkan system pencernaan 


Adanya kandungan serat dalam kurma, serat ini sangat berguna untuk diet harian. Serat dalam kurma juga mencegah konstipasi dan Gerakan usus besar jadi teratur.

 3.Mencegah penyakit kronis


 Manfaat konsumsi kurma setiap hari agar terhindar dari beberapa penyakit kronis . Hal ini disebabkan oleh antioksidan dari kurma. 

 4.Menstabilkan gula darah dan pengganti gula yang lebih sehat


 Rasa manis pada kurma dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Kurma juga mengandung nutri, serat dan antioksidan. 

 5.Menu tambahan dalam diet


 Kurma dapat dimakan secara langsung, tapi juga dimakan dengan kombinasi makanan sehat lainnya seperti almond, keju, oatmeal dan sebagainya. Tapi karena kalorinya cukup tinggi, tak perlu banyak pada makanan/minuman

 6.Mengganti elektrolit tubuh yang hilang 


Dengan kadar potasium yang tinggi unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh, kurma bermanfaat menguatkan tubuh sekaligus membangun otot dalam tubuh. Makan kurma memang sangat bermanfaat sekali! Perlu diperhatikan tidak boleh berlebihan, cukup 2-3 biji saja untuk bisa konsumsi bahan makanan yang lainnya. 

 SUmber referensi:

  •  Yuk Ketahui Manfaat Konsumsi BUah Kurma: yankes.kemenkes.go.id 
  •  Pedagang Kurma Panen Rupiah: diskominfotik.ntbprov.go.id

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman