Perihnya Sariawan. Yuk, Jaga Kesehatan Mulut dan Stamina Agar Terhindar dari Sariawan

Sariawan
dokpri

2 Minggu yang lalu, saya tak suka makan , pedih, perih dan tak bisa mengunyah makanan gara-gara sariawan. Biasanya sariawan terletak di bibir , tapi sariawan saya terletak di langit dan pas dengan depan lidah. Begitu makanan menempel sedikit saja, rasa perihnya bukan main, minta ampun sakitnya. 
 Hampir dua minggu saya sedikit berpuasa . Lumayan berat badan turun l kg.

 Teman-teman yang berpuasa, biasanya suka makan panas-panas saat sahur , dan sore hari jelang buka puasa senang minum es karena haus . Udara panas yang menyengat membuat kita juga pengen minum dingin. Hal itu akan menjadi penyebab sariawan. 

Apa itu sariawan?

sariawan
alodokter.com


 Sariawan atau disebut dengan stomatitis aphtosa adalah peradangan di bibir dan di dalam mulut. Luka itu rasanya nyeri , perih dan sakit dan tidak nyaman. Banyak yang anggap enteng sakit sariawan , tapi yach mereka yang pernah merasakan sariawan seperti saya, sariawan itu sungguh mengganggu jika akan makan dan minum. Ngga doyan makan dan minum. Tak berselera sama sekali. 

Bentuk sariawan seperti herpes oral , tapi kondisi sangat berbeda dengan herpes biasanya. Herpes oral di permukaan bibir, sedangkan sariawan terdapat di dalam mulut. Herpes oral dapat menular dengan mudah, sedangkan sariawan tidak bisa menular.. Penyakit ini mudah terkena perempuan, remaja dan anak-anak. Lelaki jarang terkena penyakit ini. 

Penyebab dan gejala sariawan 

sariawan
alodoktercom


Penyebab sariawan adalah sebagai berikut: Cedera misalnya karena tergigit atau salah menyikat gigi Infeksi jamur, virus, bakteri di mulut atau di bagian tubuh lain Penyakit autoimun atau seperti lupus Kondisi perubahan hormon, kekurangan nutrisi, stres, kebiasaan merokok dan faktor keturunan. 

 Pengobatan Sariawan: 


Saya pikir sariawan yang saya derita itu tidak begitu parah. Namun, ketika dokter gigi sedang memeriksa gigi saya, ternyata beliau mengatakan sariawan say aini sudah parah. Perlu kumur antibiotik yang diresepkan tetracyclin dan minum obat anti radang, cataflam 50 .

 Namun, jika sariawan Anda dapat dioleskan oleh salep yang mengandung benzocaine, maka belilah obat salep itu ke apotek. Sebelum sariawan menjadi parah, sebaiknya segera diobati. 

Ada beberapa teman yang menggunakan sariawan secara alami. 

 Berikut adalah obat sariawan alami:


 1.Larutan garam 


Berkumur dengan larutan garam sangat efektif meredakan nyeri, mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir atau mulut yang terkena sariawan. Celupkan 1 sendok the garam ke dalam cangkir hangat, lalu berkumur gunakan larutan selama 15-30 detik. 

 Selain garam, Anda dapat gunakan baking soda sebagai obat sariawan alami. 

 2. Teh Chamomile


Chamomile mengandung senyawa anti radang dan antiseptic yang disebut dengan azulene dan levomenol . Kedua zat ini dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan. Untuk mengobati sariawan, rendam kantong teh  chamomile di dalam air hangat. Kompres luka sariawan digunakan kantong tersebut selama kurang lebih 5 menit sebanyak 3-4 kali sehari. 

 3. Madu 


Madu juga sangat berkhasiat untuk sariawan. Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang dapat membantu mengobati sariawan secara alami. Oleskan madu ke luka sariawan sebanyak 3-4 kali sehari sampai sariawan sembuh. Jenis madu yang paling baik untuk menyembuhkan sariawan adalah jenis madu murni tanpa proses pasteurisasi. 

 4.Sayuran dan buah-buahan 


Untuk mempercepat kesembuhan sariawan, dokter menyarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seperti vitamin B dan vitamin C, Zinc, zat besi. Semua nutrisi ini dapat diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. 

Bukan hanya dari sayuran dan buah-buahan, nutrisi juga dapat diperoleh dari suplemen tambahan. Meskipun sulit untuk makan, penderita sariawan harus memperhatikan asupan minuman . Jangan sampai dehidrasi karena kurangnya cairan dalam tubuh

. Agar dapat mempercepat peredaan sariawan, Anda dapat mengoleskan sedikit magnesium hidroksida cair di tempat munculnya sariawan. Magnesium hidroksida itu terdapat pada obat maag cair.

 Cara mencegah agar sariawan tidak semakin parah


 Ketika kita tidak ingin makan apa-apa, stamina tubuh makin lemah, sebaiknya Anda melakukan hal berikut ini : Konsumsi makanan yang mudah ditelan. Hindari makanan pedas, asam, dan memiliki tekstur keras seperti keripik kentang dan kacang-kacangan. 

  • Hindari minuman manis berkafein, misalnya kopi, minuman bersoda dan beralkohol.
  • Hentikan kebiasaan merokok 
  • Hindari menyentuh sariawan karena dapat membuat luka infeksi melebar
  •  Gunakan obat kumur secara rutin Gunakan sedot saat minum, karena sariawan sangat perih.

 Selalu berkonsultasi kepada dokter jika sariawan Anda tidak membaik dan selalu menjaga agar sariawan tidak berulang kembali dengan jaga Kesehatan gigi dan konsumsi makanan bergizi.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman