Digital Marketing Specialist, Profesi yang Menjanjikan , Butuh Skill yang Mumpuni

Digital Marketing Specialist
canva.com



Sering mendengar profesi digital marketing specialist? Tentu, tapi bentuk dan apa pekerjaannya mungkin masih belum jelas. 

Seorang digital marketing specialist adalah mereka yang bertugas untuk menggunakan media digital seperti Facebook, TikTok, Instagram, email, website dan media sosial lainnya untuk mempostingkan kegiatan pemasaran, periklanan dan promosi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Jadi tanggung jawab dari seorang digital marketing atas branding produk yang dihasilkan perusahan. Dalam membangun brand awareness dan berkomunikasi dengan konsumen. 

Seorang digital marketer selalu gunakan channel digital seperti dijelas di atas. Jika dilihat sepintas, profesi digital marketing specialist, gampang mengerjakannya. Tidak seperti itu yach .

Mereka harus memiliki segudang kualitifikasi yang mumpuni seperti : 


1.Jenjang Pendidikan


 Kebutuhan perusahaan dalam bidang pemasaran membutuhkan kandidat dengan gelar sarjana dalam bidang pemasaran, pemasaran online dan lainnya. Minimum mereka punya pengetahuan dasar pemasaran dan teknis tentang mesin pencari atau search engine, SEO, analisis web, hingga pay-per-click. Gelar yang disandang mulai dari diploma, sarjana hingga master di bidang studi atau jurusan pemasaran juga bidang yang terkait. 

2.Pengalaman 


Pengalamandi bidang pemasaran digital dan menguasai teknik SEO atau SEM, mengelola database media sosial . 

3.Mempunya kreativitas 


Kreativitas untuk siapa target market dan merancang kampanye digital dan berkpengalaman dalam bidang landing maupun optimalkan landing pages.


 4.Menguasai teknik


Tehnik A atau B eksperimen juga multivariat eksperimen dalam analis situs Web, Google Analytics , Omniture, Netinsight 

 5.Berpengalaman


Berpengalaman merancang , mengoptimalkan kampanye di Google Adwords, pengetahuan sederhana berkaitan dengan HTML, JavaScipt dan CSS. 

6.Merancang


Merancang, mengelola konten sosial dan kampanye untuk perusahaan. 


7.Strategi 


Strategi merancang promosi dari setiap produk dan menciptakan kesadaran brand atau merek. 

8.Merancang desain website perusahaan


Merancang desain website dan meningkatkan desian, usability konten, hingga konversi website perusahaan 

9.Melakukan evaluasi 


Evaluasi penelitian pasar, kegiatan promosi hingga kondisi pasar.

Lingkup Pekerjaan Digital Marketing Specialist 


Job desk seorang digital marketing specialist perlu diketahui sebelum kita terjun ke dunia yang kita inginkan. Memanfaatkan teknologi digital untuk menaikkan brand awareness sehingga meningkatkan penjualan produk atau jasa perusahaan.. 

BErikut ini adalah lingkup kerja yang perlu dipahami: 

Search engine Optimization atau SEO digunakan semaksimal mungkin sehingga dapat meningkatkan peluang jual beli dan mengenal produk dan image branding 

MEmasang iklan ke media sosial juga ke platform lain, Google, Instagram, Facebook, Youtube, Twitter. Email marketing untuk email blasting dalam rangka promosi. 

Videotron dengan memanfaatkan papan reklame elektronik dalam membuat iklan .Iklan di televisi dan radio untuk memasarkan produk lewat channel kedua media itu. 


 Tantangan Digital Marketing Specialist 


Meskipun seorang digital marketing specialist punya kemampuan mumpuni, portofolio menjadi bukti kepada perusahaan yang membutuhkannya. Jumlah perusahaan yang membutuhkan makin banyak karena teknologi digital masih terus berkembang dan meningkat.

Diharapkan dengan perkembangan teknologi digital, seorang digital marketing specialist juga mengikuti terus . Jika ketinggalan, pasti ada “missing part” yang perlu dijembatani. 

Jadi selalu menyiapkan diri untuk mengikuti gelombang kemajuan teknologi dunia.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman