Alasan Ingin Jadi SEO Copywriter?

copywriter


Profesi menulis berkembang pesat sejalan dengan perubahan media elektronik menjadi media digital. Ada banyak jenis dari profesi seorang penulis di era digital ini, misalnya Content Writer, SEO Copy Writer. 

Apa beda kedua profesi, Content Writer dan SEO Copywriter? 


Job desk seorang Content Writer adalah menulis konten untuk website perusahaan. Hal yang penting dimiliki olehseorang Content Writer adalah keahlian dalam menulis sebuah konten. Bukan sekedar menulis saja, tetapi isi tulisan harus membuat pembaca tertarik mendatangi websitenya. 
Sebelum menulis , penulis melakukan beberapa riset data agar apa yang ditulis itu dapat dikembangkan. 

Sementara job desk seorang SEO Copywriter adalah membuat tulisan yang menarik konsumen (bukan lagi pembaca tetapi konsumen) yang menjadi pelanggan maupun target market pelanggan dari perusahaan.

Mempromosikan suatu produk atau jasa dari perusahaan bukan sekedar membuat pembaca tertarik, membeli dan mendongkrak omzet penjualan perusahaan meningkat. Menurut “HubSpot”, hampir lebih dari 75% dari pencari produk atau jasa itu tak pernah menemukan apa yang dicarinya di halaman pertama google.

Namun, tidaklah mudah tulisan kita bertengger di halaman pertama google. Banyaknya pesaing yang justru telah mendahului tulisan kita dengan tehnik SEO sementara kita belum memahami bagaimana menulis secara SEO.

Oleh karena itu sangatlah penting bagi seorang SEO Copywriter punya keahlian untuk bisa meningkatkan tulisannya sampai ke peringkat halaman pertama google. 

Keahlian apa saja yang harus dimiliki oleh seorang SEO Copywriter agar tulisannya bisa di page one google? 

Inilah beberapa tips agar dapat mencapai strategi tulisan di page one google: 

1. Menyelaraskan Konten Anda dengan Search Intent (Pencarian yang dimaksudkan) 
2. Menuliskan Judul Tag yang menarik dengan “meta description”
3. Mengoptimalisasikan foto-foto Anda 
4. Mengoptimalisasikan kecepatan halaman (page) Anda 
5. Membangun internal link yang sejajar strukturnya 
6. Memperbaiki Pengalaman dari pengguna 
7. Buatlah URL yang ramah SEO 
8. Manfaatkan Authoritative Backlinks
9 Ciptakan konten yang bermanfaat Agar konten tulisan kita dapat memperoleh traffic yang tinggi

 Inilah tips yang dapat dipraktekkan: 


1.Target Keywords Primary dan Secondary yang relevan Primary keyword merupakan hal yang penting untuk difokuskan pada tiap halaman. Primary keyword itu harus relevan terhadap fokus setiap halaman, identitas brand,produk dan jasa perusahaan . Sedangkan untuk secondary keyword harus mensupport dari primary keyword. Contohnya adalah primary keyword travel, maka secondary keyword bisa travel di Bandung.

 2.Menulis dengan konten yang organic Konten yang kita tulis sebaiknya berasal dari ide yang asli bukan dari hasil dari plagiat /jiplak tulisan lainnya. Dengan menggunakan SEO Content Template Tool kita dapat menulis konten lebih komprehensif. Alat itu dapat menganalisa konten competitor yang kategorinya “high ranking” dan kita dapat mengetahui target keyword dan menggambarkan atribut apa saja yang bisa mencapai ranking terbaiknya. Dengan menuliskan konten yangsifatnya “ever green” , maka konten kita akan memiliki trafik yang lebih Panjang.

 3. Mencari Engines & Target Featured Snippets Apabila kita ingin mengoptimalkan tulisan kita sehingga dapat menjawab pertanyaan yang dicari oleh pengguna, salah satu caranya adalah mencari “featured snippets. Featured snipped muncul pada halaman teratas dari pencarian halaman di google. Featured snipped didesign untuk menjawab semua perrtanyaan pengguna tanpa harus meninggalkan halaman tersebut. Jadi alat ini dapat dengan mudah menarik trafik secara organik sebelum ditempatkan di hasil page selanjutnya. Hal sering disebut fitur “SERP”. 

 4. Gunakan url yang singkat dan jelas Memperbaiki struktur URL sangat berdampak pada on page SEO dengan sedikit usaha. URL yang jelas dapat membantu Search engines mengenali halaman anda dan akan muncul di SERP secara mudah sekali. 

 5. Mendapatkan backlink dari website yang punya otoritas tinggi Backlink atau link eksternal yang menuju ke situs kita merupakan faktor ranking yang sangat penting sekali. Link berasal dari sumber yang sangat bereputasi tinggi dan meningkatkan otoritas situs kita dan memperbaiki SEO beberapa kali. 

Kita dapat memperoleh backlink tersebut melalui suatu proses yang disebut dengan “link building”. Tetapi bagaimana dengan kompetitor kita yang yang punya backlink yang jauh lebih baik?

Sangat mudah mengetahui backlink yang digunakan oleh kompetitor kita, gunakan Backlink Gap Tool untuk membandingkan profil backlink yang digunakan kompetitor dan kesempatan baru bagi kita. 

 Perjalanan menjadi seorang SEO Copy Writer tidaklah mudah, tetapi keahlian itu dapat kita raih apabila kita berjuang untuk menggapainya. 

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman