Cara Aman Penukaran Uang Kecil Saat Ramadan


Penukaran uang kecil


Sudah menyiapkan diri untuk mudik? Yach Pemerintah telah memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin mudik dengan syarat sudah vaksin dua kali dan booster.

Rasanya lega dan rindu untuk pulang mudik setelah dua tahun tidak bertemu dengan sanak saudara di kampung . Kerinduan yang sangat membuncah dan kesenangan bertemu dengan sanak saudara ini juga perlu persiapan. 

Salah satu persiapannya adalah dengan memberikan angpau kepada sanak saudara. Angpau ini biasanya berupa uang kecil . Uang baru bernilai kecil dibagikan kepada anak-anak dan yang uang baru bernilai agak besar dibagikan kepada saudara terdekat. 

Untuk penukaran uang kecil ini , kita tak perlu khawatir untuk mencari tempat yang resmi sebagai tempat penukaran. Tak perlu datang ke kantor Bank Indonesia. Bank Indonesia telah mempersiapkan diri untuk melayani seluruh warga di Indonesia untuk datang ke lokasi tempat adanya mobil kas keliling. 

Pemesanan atau penukaran uang baru ini harus dilakukan secara online karena kita masih prokes . Tapi caranya sangat mudah kok, tidak perlu ngantri Panjang karena Bank Indonesia telah menyiapkan sejumlah Rp.175,26 triliun untuk total penukaran uang baru. Bank Indonesia menyediakan 5.013 titik penukaran meliputi 453 titik di wilayah Jabodebek dan 4.560 di luar wilayah Jabodebek.

Bank Indonesia juga bekerja sama dengan perbankan baik itu swasta maupun BUMN. Jadi jangan takut tak kebagian apabila tak bisa menukar uang kecil mobil Keliling Bank Indonesia, masih ada kesempatan untuk menukar di bank swasta /BUMN. 

Pembatasan jumlah penukaran diterapkan dengan prinsip pemerataan.

Cara penukarannya , kita harus mendaftar melalui situs Bank Indonesia dengan cara berikut ini 

Penukaran uang kecil
pintar.go.id


1. Siapkan KTP 
2. Buka laman BI: pintar.go.id 
3. Pilih menu penukaran “Unag Rupiah melalui Kas Keliling” 
4. Pilih provinsi penukaran uang kas keliling terdekat, klik “Lihat Lokasi” 
5. Pilih lokasi dan tanggal jadwal penukaran uang baru di Bank Indonesia 
6. Pengisian data seperti nama, NIK, nomor telepon dan email 
7. Jumlah lembar uang baru yang diinginkan
8. Selesaikan pesanan dan simpan/cetak bukti pesanan 

 Kapan pemesanan dapat dilakukan 


Bank Indonesia memberikan rentang waktu pemesanan mulai dari tanggal 4 April hingga 29 Apail. Pemesan dapat melakukan pemesan mulai H-7 sebelum penukaran. NIK Pemesan harus sama dengan yang didaftarkan. 

Diingatkan bahwa jumlah pemesanan harus sesuai dengan ketentuan misalnya: Maximal pesanan 100 lembar untuk setiap pecahan Rp.20.000, Rp.10.000, Rp.5.000, Rp.2.000 dan Rp.1.000 

Mengapa harus menukar uang kecil di Bank Indonesia/Perbankan? 


Bank Indonesia selalu mengingatkan kita semua untuk tetap menukar uang kecil di tempat yang resmi yaitu mobil keliling Bank Indonesia maupun perbankan swasta/BUMN.

 Hal ini untuk menghindari adanya jumlah uang yang ditukar tidak benar, keasliannya, bahkan sering diselipkan uang yang berbeda (misalnya uang kecil denominasi 20.000, ditengahnya ada 5.000). Bagaimana mengidentifikasi keaslian dari uang yang ditukarkan?

Hanya dengan tiga hal yaitu dilihat, diraba dan diterawang 

Dilihat:

  1.  Warna uang yang asli 
  2.  Aaa benang pengaman yang terlihat sesperti garis melintang dari atas ke bawah dan dapat dibuat tidak memendar di bawah sinar ultraviolet. 
  3.  Tinta berubaha warna (optical variable ink) Hasil centak mengkilap, berubah bawah warna bila dilihat dari sudut pandang berbeda 

 Diraba: 
  1. Cetak Intaglio Centakan yang terasa kasar apabila diraba 
  2. Tinta Berubah Warna (Optical Variable Ink) Hasil cetak mengkilap berubah ubah warna bila dilihat dari sudut pandang berbeda 
  3. Tulisan Mikro Tulisan berukuran sangat kecil dapat dibaca dengan menggunakan kaca pembesar 

 Diterawang: 

  1. Tanda aiar (watermark) dan electrotype Jika kita menerawang kea rah cahaya terlihat terdapat air berupa gambar yang akan terlihat .
  2. Gambar saling isi (Rectoverso) adalah pencetakan ragam bentuk yang hasilkan cetakan pada bagian muka, belakang beradu tepat
  3. Tinta tidak Tampak Hasil cetak tidak kasat mata yang akan memendar di bawah sinar ultraviolet 
  4. Gambar tersembunyi Teknik cetak dimana terdapat ulisan tersembunyi dapat terliahat dari sudut pandang tertentu.

9 komentar

  1. di Bandung sih gampang

    orang yang menawarkan jasa penukaran uang kecil bertebaran di sekitar jalan wastukencana (dekat BI) hingga viaduct

    pelanggannya banyak, mulai pejalan kaki maupun pengguna mobil

    BalasHapus
  2. ho sekarang kalo mau tukar uang bisa langsung via online ya. lebih praktis dan lebih pasti, ga usah takut ga kebagian uang receh. biasanya saya suka kehabisan kalo tukar di bank langganan. Cobain ah.

    BalasHapus
  3. Noted dulu nanti kalau thr cair baru. Cuma emang sering kehabisan soalnya thr cair nya paling belakangan

    BalasHapus
  4. Baru tahu aku bisa tukar online gini, lebih praktis ya. Biasanya di sini kalau nukar uang di BKK, cuma ya emang gak dapat uang yang cetakannya masih baru

    BalasHapus
  5. Cara paling aman dan nyaman serta terhindar dari pemalsuan uang memang dianjurkan cara seperti ini melalui BI. Tapi kalau saya biasanya nitip ke temen yang bekerja di bank.

    BalasHapus
  6. Tiap tahun selalu nukar ia MB g recehan meski ngga banyak, hehe tapi selama ini nukar di koperasi kantor aja. Sekarang lebih mudah nukar langsung di bank pakai sistem online ya.

    BalasHapus
  7. wah baru tahu bisa tukar uang secara online gini jadi lebih mudah ya , asyik akumau coba

    BalasHapus
  8. Wah iya, menjelang lebaran banyak yang butuh tukar uang
    Kalau saya selama ini, barengan sama kantor
    Jadi langsung dari bank

    BalasHapus
  9. Memudahkan sekali jika bisa menukar uang dengan cara online seperti ini. Terima kasih informasinya mbaa

    BalasHapus

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman