Layanan Telemedisin dan Gratis Obat dari Kemenkes

Telemedisin dan gratis obat



Layanan Isoman Bagi orang yang terpapar atau terinfeksi omicron, saat ini Pemerintah atau Kementrian Kesehatan telah mengeluarkan panduan untuk penggunana Layanan Telemedisin . 

Bagi yang OTG dan gejala ringan diharapkan untuk gunakan Layanan Telemedisin agar pelayanan Rumah Sakit untuk mereka yang bergejala berat.

Panduan Penggunaan Layanan Telemedisin

  1.  Lakukan test PCR dilaboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan RI. Apabila ditemukan hasil tesnya positif, bersamaan itu lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR. Tidak berapa lama kemudian, pasien akan menerima Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.
  2. Untuk sementara, program ini hanya berlaku untuk area DKI Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang Raya, Surakarta Raya, Kota Jogjakarta, Surabaya Raya, Malang Raya, Kota Denpasar, Nusa Dua
  3. Pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu platform layanan telemedisin secara GRATIS di menu Konsultasi dan memasukan kode voucher ISOMAN di aplikasi yang Anda pilih.
  4. Jangan lupa saat konsultasi kepada dokter menginformasikan Anda adalah pasien program Kementerian Kesehatan. 
  5. Dokter yang memeriksa secara daring akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Bagi pasien yang termasuk kategori isoman, obat yang diberikan dapat ditebus sescara gratis. 
  6. Cara menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien perlu mengisi formulir pesanan yang tersedia pada menu Pesan Obat dengan unggah resep digital (JPG atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, dan melengkapi alamat pengiriman 
  7. Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kementerian Kesehatan sesuai dengan ketentuan. 
  8. Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan jasa pengiriman dari SiCepat untuk mengambil obat dan/atau vitamin dari Apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien. Catatan: Obat dan vitamin gratis hanya dibeirkan kepada pasien dengan nomor terdaftar di database Kemenkes (NAR) dan memiliki kasus positif. Konsultasi Daring Pasien dapat melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari platform layanan telemedisin secara GRATIS dengan mengklik tautan berikut dan memasukan kode voucher ISOMAN di aplikasi yang dipilih. 

Konsultasi Daring 


Layanan Telemedisin
isoman.kemenkes.go.id

Untuk konsultasi daring, hubungi salah satu platform aplikasi yang tertera di atas yang merupakan afiliasi dari Kemenkes.


Tebus Resep 


Silakan mengisi Formulir Pemesanan Obat untuk menebus resep. Pastikan gambar resep terlihat utuh dan tertera nama Anda. 
telemedisin
isoman.kemenkes.go.id


Resep yang diproses hanya resep yang diberikan oleh Penyedia Layanan Telemedisin. Formulir Pemesanan Obat https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat 

 Cek Pemesanan

Layanan telemedisin
isoman.kemenkes.go.id


 Silakan isi NIK untuk memeriksa status pemesanan obat Anda dan tap tombol Periksa NIK di bagian kanan atas. https://isoman.kemkes.go.id/periksa 

 Kemenkes mengharapkan agar para OTG (orang yang tidak bergejala) maupun orang yang bergejala ringan , cukup gunakan telemedisini dan menunggu obat yang diberikan.

Jenis Obat yang digunakan OTG dan Gejala Ringan


 Apabila obat tidak datang dalam dua hari, berikut adalah panduan untuk obat baik untuk OTG maupun yang bergejala ringan.

  •  Paket A (Obat untuk OTG): 

Multivitamin C,B, E, Zinc      Dosis : 1 x1 Jumlah 10 

  •  Paket B (ringan) 

Multivitamin C, B, E, Zinc        Dosis : 1x1 - jumlah 10

 Favipiravir 200 mg                   Jumlah 40 kaplet
 
atau

Molnupiravir 200 mg               Dosis 2x4 tab (1-5 hari) – jumlah : 40 Parasetamol tab 500 mg

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman