6 Cara Meningkatkan Produktivitas Pekerjaan Selama Bulan Ramadan

 
6 Cara Meningkatkan Produktivitas

Melakukan aktivitas di bulan puasa merupakan suatu tantangan tersendiri. Bayangkan, kita harus bangun sepagi mungkin, lalu harus sahur setelah itu menahan makan dan minum selama 12 jam. 
 
Tantangan mengantuk, lapar dan tidak konsentrasi benar-benar harus diperhatikan sejak puasa. Agar kinerja dan performa pekerjaan kita tidak terganggu, maka kita perlu sekali memperhatikan dan melanjutkan serta meningkatkan semangat dan motiviasi dalam pekerjaan kita secara work from home.
 

Berikut ini  cara meningkatkan produktivitas kerja


1.Melakukan Sebagian Pekerjaan Paska Sahur

 
 Begitu selesai tugas sahur baik itu makan dan ibadah, dimana kondisi badan masih dalam keadaan priam, maka kita harus punya pola untuk segera mengerjakan Sebagian pekerjaan. Jangan terganggu untuk tidur Kembali. Sebagian pekerjaan yang belum selesai perlu dikerjaan pada siang hari setelah kita istirahat sejenak. 
 

2. Mengonsumsi Makan Sahur secukupnya 

 
Meningkatkan produktivitas
klikdokter.com

Pemikiran Sebagian orang untuk makan banyak di pagi hari supaya siang tidak lapar . Hal itu justru kebalikannya, konsumsi makanan secukupnya dan tidak terlalu banyak pada saat sahur . Ketika kita makan terlalu banyak maka perut kita akan kembung dan tidak enak rasaknya (terlalu penuh)
 

 3. Membuat-to-do-list 

 
Meningkatkan produktivitas
pinterest.com

Setiap hari pekerjaan pasti berbeda baik jenis maupun tingkat pekerjaan yang harus diselesaikan. Lebih baik buat jurnal dari hari ke hari , prioritas pertama adalah pekerjaan yang harus dilakukan, secondary pekerjaan yang juga penting, dan yang ketiga adalah yang kurang penting. 
 
Untuk memasikan bahwa kita tidak lupa mengerjakan pekerjaan yang penting sesuai dengan yang ada dalam list, setiap sore dicek Kembali apakah semua pekerjaan sudah diselesaikan sesuai dengan list. Jika belum harus segera diselesaikan.
 
 Bullet pekerjaan itu penting bagi kita sebagai reminder agar pekerjaan yang penting duluan yang harus dikerjaan dan tidak boleh dilewatkan.
 

 4.Memberikan Reward Kepada Diri Sendiri 

 
Apabila kita bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai denga napa yang direncankan (to-do-list tidak ada salahnya jika Anda memberikan apresiasi kepada diri sendiri untuk istirahat atau membeli sesuatu kesukaan Anda untuk berbuka puasa. 
 

5.Tetap Berkomunikasi dengan Teman atau Rekan Kerja 

 
Bekerja work from home, biasanya ketemu teman kantor melalui zoom atau video call. Seolah jarak yang jauh kita hanya bisa berbicara tentang pekerjaan. Tetapi sekali-kali Ketika istirahat siang pun kita bisa chat dengan teman untuk bertukar pikiran atau pandangan tentang pekerjaan yang mungkin ada kesulitan untuk diselesaikan. 
 

6.Jaga Kesehatan mental 

 
Pada saat pandemic, ada beberapa orang yang terpapar sakit mental. Sakit mental yang disebabkan tekanan dari lingkungan maupun dari pekerjaan atau merasa sendirian terus menerus. Dia tak mampu sharing beban mental yang dipikulnya kepada orang lain. Sedih dan kecewa karena hasil pekerjaan tidak dihargai atau merasa lonely. Oleh karena itu, selama pandemi, jangan sampai Kesehatan mental kita menurun , sharing dengan teman dekat atau orang tua sehingga produktivitas kerja tidak merosot turun.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!