Kiat Pentingnya Arti Nama Blog

nama blog
www.inatanaya.com

 
 
Memilih nama untuk blog itu sama sulitnya dengan memilih nama anak saat kita akan melahirkan anak. 
 
Loh apa sulitnya? Ayo, kita perhatikan dengan cermat, untuk nama anak, tentunya kita ingin nama itu punya arti yang penting bagi dirinya contohnya Shinta memiliki makna kebahagiaan, kehormatan dan pernikahan.
 
Kita ngga bisa sembarangan untuk memberikan nama kepada anak karena identitas itu punya personal brand dan makna yang dibawa seumur hidupnya. 
 
Demikian juga dengna nama blog, sebelum kita membuat blog sebaiknya kita membuat riset yang mendalam. Jangan buru-buru karena itu menyangkut beberapa aspek penting, identitas , personal branding dan kepercayaan.
 

Personal Branding

 
 
 Apabila kita sebagai orang yang dikenal dengan orang yang suka menolong, ceria, extrovert, orang akan menyebut kita sebagai “banyak bicara”, maka personal branding yang kita ingin terapkan agar orang terus mengingat kita seperti yang ada dalam persepsi orang tersebut. 
 
Dalam dunia blog kita ketahui dengan istilah niche. Bisnis apa yang akan kita bangun. Makanan, jasa, atau transportasi. 
 
Dengan mengetahui jenis bisnis yang akan dibangun, dibuatlah niche tulisan sesuai dengan personal branding dari bisnis kita. Contohnya saya suka memasak makanan kekinian, lalu saya pun memikirkan niche makanan modern . Lalu saya pun memilih apa yang paling diingat orang untuk makanan modern yang saat ini cocok dengan lidah orang dan mudah diingat orang . Contohnya; sambaljably Keunikannya adalah jably itu berarti terpedas di dunia yang mencapai hingga 50-100 ribu di skala Scoville.
 

Identitas 

 
Untuk identitas itu seperti halnya tiap orang punya KTP yang menunjukkan siapa dirinya, alamatnya dan apa profesinya. Demikian juga dengan nama sebuah blog merupakan identitas yang bis akita kembangkan melalui personality kita. Apabila kita suka masak dan kita lebih cenderung dengan makanan kekinian yang digemari anak-anak milenial, kita juga mengusung makanan lokal, maka nama yang harus kita ambil harus sesuai dengan identitas yang kita miliki. Begitu orang mengingat nama saya Ina, identitasnya perempuan setengah baya yang suka masak. 
 
Demikian juga dengan nama blog begitu orang mengingat pemilik blog Ina itu pasti isinya tentang masakan lokal yang mendunia.
 

Trust atau dapat dipercayai 

Mudahkan orang berganti-ganti nama? 
 
Tidak mudah, karena urusan administrasinya yang sangat ribet, apalagi di Indonesia, pengurusannya berjenjang panjang dan birokrasi yang harus dilalui makan waktu lama. Motivasi ganti nama karena merasa tidak cocok dengan kepribadian, mungkin juga, tapi sekali lagi itu ribet. 
 
Begitu orang kenal saya sebagai Ina, dia akan selamanya mengenal saya dengan nama saya Ina dan terus hingga orang mempercayai saya sebagai Ina. 
 
Demikian juga nama blog, jika ingin membuat personal brand yang dapat dipercayai, tentunya tidak bisa ganti nama terus menerus. 
 

Tips membuat nama blog yang harus diingat : 

 
  • Mencermikan produk yang ditawarkan 

 
Nama brand yang mencerminkan produk yang diluncurkanContoh ingin membuat produk teh, maka jadilah teh gelas. Belajar dari brand besar yang telah memiliki Namanya dan variasinya, deskriptif, akrononim, kreatif 
 
  • Nama brand yang singkatmaximal 3 suku kata 

 
Tidak perlu panjang karena orang yang membaca hanya ingat nama yang sangat mudah diingat. Katanya sjuga sederhana dan mudah dilafalkan, bahkan terdengar “familiar “ di telinga kustomer Nama Brand mudah untuk diucapkan Kata-kata yang mudah diucapkan dengan lantang, gambling menjadi patokan untuk memilihnya, contoh nya : google, facebook, Samsung 
 
  • Nama brand memiliki hubungan dengan logo 

 
Brand juga punya log yang mendukung kekuatan brand . Oleh karena itu perlu sinkronisasi antar keduanya sehingga saling terkait maknanya. 
 
  • Nama brand memiliki keunikan 

 
Begitu banyak competitor saat ini untuk produk yang kita luncurkan, pastikan bahwa nama brand kita leibh menonjol dari yang lainnya. Audiens dan konsumen jangan salah dengan brand kita karena kita punya keunikan tersendiri. 
 
  • Cek Nama Brand di search engine: 

 
Untuk mengecek nama apakah duplikat atau sudah tersedia, ada mesin pencari yang canggih yaitu search engine Google. Memilih nama yang belum pernah dipakai oleh orang lain untuk hindari copy right dan recheck sebelum mengambil nama yang

19 komentar

  1. Bener banget Ibuu.
    Semenjak blog TLD 2010 itu pun hadiah lomba ngeblog, rumah maya sendiri hampir 11 tahun ini begitu lekat dengan nama branding namaku sendiri, yang menceritakan aktivitas me time emak2 blogger pada jamannya sampai detik ini.

    BalasHapus
  2. Saya dulu juga gitu kalau mau nyari nama blog tuh agak susah karena harus cari yang cocok untuk dipakai sebagai nama blog.

    BalasHapus
  3. Saya cenderung menggunakan nama sendiri saja. Dan untungnya pas cek domain masih available. Jadi nggak ada arti khusus dari rajalubis(dot)com

    BalasHapus
  4. Sampai sekarang saya juga masih kesal karena dulu nggak bisa menemukan dan menentukan nama blog dengan telat dan yakin
    Berangkat untuk bayar domain mah udah mantap, sesampainya di sana. berubah lagi 😀😀

    BalasHapus
  5. Sepakat sekali Ibu.

    Memilih nama blog memang perlu dipertimbangkan baik baik, apalagi kelak akan menjadi bentuk citra terhadap personal yang mengelola si blog, selanjutnya.

    BalasHapus
  6. iya nih mesti di pertimbangkan juga untuk cari nama yang yunik biar orang selalu ingat.
    makasih tipsnya kk

    BalasHapus
  7. Iya betul banget bu Ina memilih nama untuk blog sama bingungnya sama memilih nama untuk anak ya. yang jelas nama utk blog harus mudah diingat dan mudah disebutkan di pembaca

    BalasHapus
  8. Memilih nama blog memang susah-susah gampang ya,Mba. Saya pun saat awal memulai blog memilih nama juga pakai pertimbangan. Disini terletak branding kita juga melalui nama yah. Saya dulu gak sampe ngecek ke search engine karena belum kepikiran kesana. Nih bagus banget tips untuk ke depannya ke kawan-kawan yang baru mulai mau ngeblog.

    BalasHapus
  9. wah, saya setuju dengan isi artikel ini Bu.. Saya trus terang agak menyesal ketika buat nama blog yang pertama. Maklum, belum ngerti dunia blogging. Kalau skrng bikin yang agak uni sih. hehehe

    BalasHapus
  10. Aku nama blog pakai nama sendiri karena waktu itu lagi rame pake nama sendiri wkwkwk tapi gak nyesel sih karena memang jadi branding diri...

    BalasHapus
  11. Saya pernah males mengunjungi salah satu blog gegara nama domainnya adalah "bloggermelas dot com" :))
    Kayaknya sekarang pemiliknya udah nggak ngeblog lagi deh.

    BalasHapus
  12. Daku juga menggunakan nama Fenni Bungsu sebagai branding diri dan agar lebih mudah diingat, Bu, karena kalau pakai nama asli malah pada ingatnya daku bukan sebagai blogger hehe

    BalasHapus
  13. Betul, apalagi namaku yang super pasaran banget. Bikin kesulitan saat menentukan nama blog dan username sosial media, nyari-nyari nama yang 'aku' banget itu ternyata susah. Setelah bolak-balik ganti nama, akhirnya skrg nemu yang cocok. Alhamdulilah.

    BalasHapus
  14. benar sekali bu ina, memilih nama blog memang harus benar-benar dipikirkan ya bu. .
    karena klo bisa ya mengangkat personal branding kita sebagai blogger

    BalasHapus
  15. Berkali-kali punya blog, aku selalu kasih nama yang unik dan menurutku relevan dengan kondisiku saat itu. Akhirnya pakai nama sendiri deh di blog terakhir hehe

    BalasHapus
  16. setuju banget mbaa, blog ku pun sempet beberapa kali ganti nama, sampe akhirnya berujung di branding hallowulandari buat blog dan semua sosmed lainnya :))

    BalasHapus
  17. Dulu nama blogku panjang, Mbak karena belum ngerti kalau namanya harus mudah diingat. Sekarang udah ganti jadi lebih pendek :(

    BalasHapus
  18. Hihihi sama mba aku juga saat membuat nama blog itu mikir bener2 kemarin 🙂 karena nama blog bukan sekedar nama namun mencerminkan identitas penuljs dan isi dari blog tersebut.

    BalasHapus
  19. Setuju banget mbak nama blog salah satunya untuk personal branding ya apalgi sekarang banyak blog yang dimonetisasi jadi emang wajib nih pilih dan pikir baik2 ketika akan memberi nama blog

    BalasHapus

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!