Inilah 7 Hal yang Paling Membuatku Bahagia

dokumen pribadi

 
 
Definisi dari bahagia bagi tiap orang pasti berbeda. Tetapi bahagia itu dapat diraih dengan mudah apabila kita mau memahami sebagai individu dan mencarinya dengan sangat mudah .
 
Kendala dari mereka yang tidak menemukan bahagia biasanya karena paradigma atau mindset yang terbentuk terlalu berat tentang arti sebuah bahagia. 
 
Alasan untuk tidak bahagia terlebih dulu dikemukakan misalnya belum punya rumah, mobil, uang banyak, pasangan, anak dan seterusnya. 
 
Ternyata setelah menjalani perjalanan cukup panjang, saya pun menemukan bahwa orang bahagia itu sederhana dan gampang sekali.
 

 1.Bersyukur Apa yang Dimiliki

 Umumnya orang merasa tidak bahagia karena belum memiliki barang yang diinginkannya. Misalnya belum punya rumah, mobil, alat-alat canggih seperti computer dan gadget yang uptodate. Lebih baik bahagia dengan bersyukur apa yang dimiliki saat ini.
 
 Mengapa? Karena apa yang kita miliki itu adalah pemberian Tuhan yang tak pernah kita dapatkan sebelumnya. Contoh, anak, suami, rumah yang ada saat ini. 
 

2.Berjalan Menuju Diri Baruku 

Dulu saya orangnya “baper” dan seringkali menanggapi apa yang dikatakan orang. Mengapa medsosku tidak ada yang menghampiri, mengapa postingku sepi dari kunjungan, mengapa…… Tidak lagi saat ini mempertanyakan mengapa karena saya sudah berjalan dengan menjadi diriku yang baru.
 
 Aku tak lagi baper atas sedikitnya orang yang like dengan posting di medsosku, tidak lagi baper dengan kritik pedas atas tulisanku. Aku punya prinsip selama aku tidak membuat kerugian orang lain baik secara material atau moril.
 

 3.Kesehatan 

Bukan main aku harus bersyukur atas kesehatan yang dianugerahkan Tuhan kepada diriku. Jika menengok orang lain yang sakit, aku harus bersyukur karena stamina tubuhku itu baik. Aku tak mau jadi beban orang lain. Kesehatan menjadi nomer satu untuk bisa produktivitas.
 

 4. Merasa Damai 

Banyak orang yang tak bisa menerima kritikan, atau bullying apa pun atas dirinya. Bagi saya waktu sangat singkat untuk mempedulikan soal gunjingan , kritik bahkan pembalasan karena saya mungkin pernah mengkritik orang itu. Hidup sangat singkat dan harus merasa damai untuk hal-hal yang tidak penting sekali. 
 

5. Katakan Ya Berkembang

 
 Walaupun aku tak punya karir atau pekerjaan formal, aku masih dapat kesempatan untuk belajar terus melalui webinar yang diadakan. Webinar tentang buku, tentang psikologi , tentang lingkungan, menjadi tantangan sekaligus membuka wawasan baru bagiku. 
 

6.Murid Kehidupan 

Apa yang membentang di belakang maupun di hadapan kita tidaklah penting dibandingkan apa yang ada dalam diri kita (Ralph Waldon Emerson).
 
Kekuatan untuk terus mengasah apa yang ada dalam diri kita itulah yang kumiliki. 
 
Aku memang hanya punya satu saja talenta, menulis. Jadi aku terus mengembangkan dan terus berjalan naik turun dengan berkembangnya kesempatan.  Aku tidak mudah menaklukan dunia tulis menulis. Suatu ketika saya tak punya keberanian , proses ketrampilan sebagai penulis sangat terlambat, tetapi aku tak berhenti untuk mencari ilmu dan menimba dan menerapkan dalam tulisanku. 
 

7. Punya Sahabat yang Setia

Anda punya sahabat setia? Aku bahagia punya sahabat setia yang tinggalnya jauh di benua Amerika. Tapi kami selalu berinteraksi dengan sangat intense, dalam suka dan duka kami bisa bercerita dan saling menguatkan, mendukung dan memberikan kekuatan saat sedih.

1 komentar

  1. Halo :) Setuju sekali dengan semua poin-poin diatas... bahagia itu sederhana dan mudah. Sehat selalu :D

    BalasHapus

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!