Inilah Top 5 Buku Favoritku

 

Sebagai seorang penulis, saya harus punya bekal menulis dengan membaca buku. Diantara buku-buku yang kubeli dan kubaca, ada beberapa buku yang jadi favorit bacaanku.
 
 Jika ditanyakan kenapa jadi favorit? Nach ini sedikit penjelasannya, di masing-masing judulnya. Aku tidak memilih buku berdasarkan pengarannya, tetapi pada konten yang kusukai. Ada bermacam jenis/kategori buku yang kusukai, mulai dari psikologi ringan, drama prosa , inspirasi bahkan buku-buku orang yang inspiratif. 
 
Tanpa buku, wawasan hidup kita hanya sebatas dalam kurung. Tetapi Ketika membaca, wawasan kita jadi lebar dan mendunia. Tepatnya buku sering disebut dengan “jendela dunia”. Bukan untuk menambah wawasan saja, tapi dengan membawa kita makin asyik dengan pengalaman orang , bahkan mendapatkan “insight” bahwa hidup itu penuh dengan berbagai macam pencobaan dan bagaimana mengatasinya.
 
Berikut ini saya ceritakan top 5 buku bacaanku: 
 

1.Filosofi Teras 

 
Top 5 Buku Favoritku
Dokumen pribadi

Sebelum ikut dalam webinar tentang proses kreatif dari penulis buku ini, Henry Manampiring, aku sangat terkesima dengan filsafat Yuni Romawi kuno yang diimplementasikan untuk mental Tangguh masa kini. 
 
Sebuah perjalanan dalam filsuf Medan Perang Romawi yang ditayangkan dalam layar lebar dengan judul “Gladiator”, menjadi titik balik orang yang dulunya suka perang jadi bertanya dalam dirinya sendiri: “Saat orang merasa bahwa akhir hidupnya sudah dekat, ia mulai bertanya-tanya apakah hidupnya memiliki tujuan..?” 
 
Filosofi Stoa dituangkan dalam kehidupan sehari-hari yang sangat kental dan diilustraksin dengan sangat mudah dimengerti. Menyikapi tentang kekayaan, “Jika kamu hidup selaras dengan Alam, kamu tidak akan pernah menjadi miskin".
 

 2.When Breath Becomes Air

 
Top 5 Buku Favoritku
Dokumen pribadi

 Buku yang jadi panduan untuk mempertimbangkan sebagai orang yang harus membantu orang lain. Ketika hidup kita yang berjalan lancar tanpa liku-liku tiba-tiba berhadapan dengan hal yang membuat kita jadi tertegun. 
 
Paul Kalanithi seorang ahli bedah otak berusia 36 tahun, terkenal dan pintar. Namun, dia menghadapai hal yang tak pernah terpikirkan, jadi orang yang tak berdaya karena divonis sakit kanker paru-paru. Apa yang terjadi? Silahkan baca dulu di buku ini. 
 

3.Cinta di Dalam Gelas 

Top 5 Buku Favoritku
Dokumen pribadi

 
Merupakan kelanjutan kisah Enong di novel Padang Bulan. Novel ini menceriterakan perjalanan nasib Enong yang berurusan dengan seorang preman pasar pagi, seorang lelaki yang bercita-cita menjadi teknisi antara parabola dan seorang grand master perempuan tingkat dunia yang berasal dari Georgia. 
 
Menceritakan kebiasan orang Melayu kampung pada permukaannya. Namu, jia bersedia membongkar lebih dalam, dapat dimaklum Andrea Hirtaa telah melalui waktu bertahun-tahun untuk melakukan riset sosial dan kultur serta watak manusia dalam hubungannya dengan lingkungan. 
 
Riset ini termasuk tentang catur. “Berikan aku sesuatu yang paling sulit, aku akan belajar,”kata perempuan yang bahkan tidak tamat SD. Perempuan itu pula penulis Novel berkesimpulan bahwa belajar adalah sikap berani menantang segala ketidakmungkinan. 
 

 4.Salawat Dedaunan Kunang Kunang di Langit Jakarta 

 
Top 5 Buku Favoritku
Dokumen pribadi

Buku ini merupakan kumpulan cerpen pilihan Kompas dalam rangka ulang tahun ke-20, 20 artikel atau cerita pendek berjudul, Salwat Dedaunan, Kunang-kunang di Langit Jakarta, Ibu Pulang, Kak Ros, Perempuan Tua dalam Kepala, Kain Perca Ibu, Ketika Pohon itu Masih Mekar, laron, Malam di Kota Merah, Mar Beranak di Limas Isa, Tradisi Telur Merah, Orang-orang Larenjang, Nenek, Ikan Kaleng, Pring Re-Ke-Teg Gunung Gamping Ambrol, Biografi Kunang-Kunang-, wiro Seledri, “Pakiah” dari Pariangan, Batas tidur, Burung APi Siti, Kimpul, Tart di Bulan Hujan. 
 
Salah satu yang terbaik menurut saya adalah “Biografi Kunang-kunang”. Seorang ibu yang menjadi kunang-kunang dan seringkali mengunjungi anaknya apabila terjadi kesulitan dalam hidupnya. Dia selalu memberikan aksih saya yang tulus. Metafora cerita tentang kasih ibu itu makin menjadi dalam Ketika anak yang diceritakan itu adalah anak seorang pelacur yang ditinggalkan dan dibuang dalam sebuha kota. 
 

5.Waktunya Berkembang 

 
Top 5 Buku Favoritku
Dokumen pribadi

Merupakan 101 Kisah Inspiratif tentnag Menjadi diri yang lebih baik dan sempurna. Mulai dari pekerjaan, menjadi ibu, pindah rumah, pindah profesi, sesuatu perubahan yang dikisahkan dengan mengenal diri sendiri, Kembali ke akar, dan mengingat apa yang sebenarnya mereka lakukan dengan hidup mereka. Mereka memberi petunjuk tentang bagaimana cara membebaskan diri dari kebiasaan yang membosankan dan melakukan sesuatu yang baru. Kisah menakjubkan dan kita menemukan inspirasi dari sini.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!