"How To Make Millions Before Grandma Dies" Dalam Perspektif Keuangan

Grandma
google. com




Sebuah film drama dari Thailand yang berhasil menggugah hati penontonnya sehingga mereka yang menonton harus mengurs air mata karena sangat “trenyuh” dengan akting karakter dari pemain M dan grandma atau nenek yang sangat jempol. 

Air mata terus mengalir karena menyaksikan film yang sederhana tapi penuh dengan adegan yang sangat makna dan sarat pembelajaran .

Salah satu pembelajaran yang kita lihat adalah dari perspektif adalah Financial Planning atau Perencanaan Keuangan, yang membuat keluarga bisa hidup lebih bahagia dan sejahtera. 

Data dari Klikfilm, pihak yang membawa film ini ke Indonesia telah berhasil ditonton oleh 1.35 juta orang sejak gala premier 15 Mei 2024 di bioskop di seluruh Indonesia. Ini merupakan rekor penjualan terbesar dari seluruh film bioskop di Indonesia. 

Cerita dari How to Make Millions Before Grandmas Dies, dimulai dari seorang pemuda yang tidak bersekolah karena drop out dan setiap hari berharap untuk bisa mendapat rezeki sebagai konten kreator game. Namun, suatu hari M, pemuda itu terinspirasi oleh sepupunya perempuan yang harus merawat pamannya yang sudah tua. 

 Tak berapa lama kemudian pamannya meninggal dan sepupu perempuannya itu mendapatkan harta warisan dari pamannya. Dengan inspirasi itu M mencoba untuk mengubah karakternya menjadi cucu yang terbaik bagi neneknya. 

Harapannya agar ia dapat menerima warisan dari nenek karena merawatnya. Berjalannya waktu ternyata niat yang kurang baik itu berubah total menjadi hati yang mencintai nenek dengan sangat tulus. Percakapan demi percakapan membuat interaksi semakin mendekatkan dan menguak keinginan dari masing-masing pemainnya. 

Disamping sebagai cerita yang sangat mengharukan, film ini juga mengandung aspek pembelajaran dalam bidang keuangan. Dalam film ini nenek yang hidupnya sangat sederhana dalam keterbatasan kehidupan. Setiap haris dia harus menjual kue di pasar untuk mencukupi kehidupannya. Bahkan, nenek harus bangun pagi-pagi menyiapkan kue yang akan dijual itu. Suaminya tidak  meninggalkan harta yang cukup untuk dirinya. 

 Demikian juga anak-anak nenek juga punya keterbatasan dalam keuangan. Ketika nenek diagnosa kanker, anak-anak harus bergiliran untuk membiayai pengobatan kankernya. Persiapan Keuangan untuk pensiun Film itu mengingatkan kita bahwa setiap orang akan menuju tua. Tua tidak bisa dihindari. Ketika usia sudah tua, apakah persiapan dana pensiun sudah dilakukan?

Persiapan dana pensiun seharusnya dilakukan sejak dini agar tidak terlambat dan tidak erjadi adanya kekurangan uang ketika usia sudah tua. Tujuannya sederhana untuk bisa memiliki uang pensiun dengan persiapan sejak dini. Tapi jika tidka dilakukan dengan disiplin, dana pensiun itu tidak akan teralisir karena ketika kita sudah memasuki usia pensiun artinya kita sudah tidak produktif untuk bekerja untuk mengkover kehidupan sehari-hari. 

Untuk mengikuti program pensiun ada berbagai cara. Misalnya dengan BPJS Ketenagakerjaan . Dengan menjadi BPJS Ketenagakerjaan, kita seperti menabung untuk pensiun sebesar 5.75% dari gaji dipotong dari gaji. Dana ini dapat ditabung di akun pensiun kita di BPJS Ketenagakerjaan. Ada juga cara lain untuk mengikuti atau partisipasi di program Dana Pensilun Lembaga Keuangan . (DPLK). Skema dan manfaatnya dapat dipelajari sebelum ikut berpartisipasi. 

Juga dapat mengikuti program asuransi pensiun dimana dikelola dengan professional dan sangat akuntabel. Asuransi pensiun yang kredibel akan memberikan keuntungan kepada kita untuk menarik dana pensiun pada saat tepat

 Aset vs utang 


Pelajaran penting yang lainnya dari film ini adalah aset dan utang. Dalam film How to Make Millions Before Grandmas Dies, secara eksplisit M menganggap neneknya sebagai aset investasi setelah melihat pengalaman sepupunya. M berharap bahwa ketika neneknya meninggal, ia akan mendapatkan hak waris atas rumah, meskipun tidak banyak, tetapi akan menjadi propertinya.

 Lalu, ia berusaha keras menjadi ccu yang baik terhadap neneknya. Sebagai aset investasi, akan saat jatuh temponya, dan akan menghasilkan imbal hasil. Sayangnya, apa yang didambakan M tidak terjadi karena nenek memwariskan hartanya kepada paman M . M akhirnya sadar bahwa merawat nenek secara egois dan harus berubah menjadi dengan cinta.

 Kenapa nenek memberikan harta kepada pamannya yang notabene hobinya adalah judi, dan punya segudang utang. Relasi keluarga tidaklah sama dengan instrument investasi . Keputusan nenek adalah berdasarkan cinta seorang ibu kepada anaknya yang sangat dicintainya meskipun anak itu dalam keadaan tidak baik sekali pun. 

Setelah mendapatkan warisan dari ibunya, pamannya segera menjual dan melunasi semua utangnya. Inilah konsep dari accounting. Dalam dunia akunting, aset adalah kombinasi dari modal atau ekuitas ditambah dengan utang. Ketika ekuitas nil sementara utang menumpung, maka aset harus mengkover semua utang.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman