Krisis Air Bersih yang Tak Kunjung Tuntas

Krisis Air Bersih



Tidak ada seorang pun yang menyangkal bahwa kebutuhan air bersih adalah kebutuhan yang utama dalam hidup ini. Total air bersih yang kita gunakan hanya 2,5 persen dari total air di bumi. 

Menurut Friends of the Earth, 97.5 persen air adalah air laut yang sangat asin dan tidak dapat digunakan. Dengan jumlah air tawar yang sedikit kita harus menggunakan berbagai kebutuhan. 

Jika kita tak punya air bersih, maka bisa dibayangkan bagaimana sulitnya memenuhi kebutuhan untuk mandi dan di segala aktivitasnya, memasak, mencuci pakaian, mencuci piring, mencuci tangan. Hampir semua aktivitas kita membutuhkan air bersih. 

Sayangnya, setiap tahun krisis air bersih di Tanah Air ini tidak ada solusinya yang tuntas. Apalagi di beberapa bulan terakhir ini ketika musim panas tiba, ternyata panasnya makin panjang karena adanya El-Nino. 

Biasanya bulan-bulan September, hujan sudah mulai turun, tapi tak ada setitik hujan yang meredakan panasnya Terik matahari. Kekeringan ini membuat beberapa tempat di Jakarta, Tangsel makin parah sekali .

Mengapa krisis air bisa terjadi? 


Krisis air di Tanah Air ini terjadi karena kita sebagai negara tropis , hanya mengandalkan hujan untuk air bersih. Sedangkan curah hujan makin berkurang saat musim kemarau berkepanjangan. Terutama di daerah terpencil seperti di Nusa Tenggara Barat/Timur yang kontur tanahnya masih banyak berbatuan, mereka harus mencari air dari sumber air yang jauhnya hingga menapai 15 km saja. 

Belum ada cara bagaimana membuat bak penampungan untuk air bersih selama musim hujan dan menggunakan saat musim kemarau. 

Pencemaran air yang diakibatkan polusi udara dan polusi pencemaran dari limbah pabrik/industry di sekitar lingkungan. Pencemaran itu menghasilkan limbah dan sampah, tanpa adanya pengolahan dari limbah, tapi dibiarkan mengalir ke Sungai. \

Sungai yang digunakan untuk pasokan di PAM di Bekasi. Bekasi Krisis Air Bersih Akibat Kali Tercemar Air di Kali Bekasi berwarna hitam dan berbau tercemar limbah. Akibatnya supply dan produksi air bersih ke 40 ribu warga di Bekasi terhenti. Perumda Tirta Patriot, sebagai pengelola air yang berasal dari Sungai telah menghentikan produksi air bersih untuk warga. 

Jelas air baku itu yang jadi bahan dasar untuk produksi tidak layak untuk digunakan oleh konsumen. Salah seorang ibu dari warga Kecamatan Bojongmangu mengatakan bahwa awalnya air yang dialirkan dari PDAM itu bersih, tapi tidak berapa lama menjadi coklat dan berbau . 

Hal ini berdampak pada produksi air bersih di tiga wilayah yaitu Cabang Babelan, Pondok Ungu dan Tarumajaya, dengan 80.000 pelanggan. 

Meskipun ada bantuan air bersih dari mobil tanki untuk wargatetapi jumlahnya terbatas. Sehari hanya cukup untuk mandi saja. Warga terpaksa membeli air bersih dari pihak yang menjual air tanah. Cara Hemat air bersih di rumah yang mudah dan efektif Setelah mengetahui betapa sedikitnya jumlah air tawar bersih yang dapat dikonsumsi, belum lagi air yang tercemar, bagaimana sisa air itu bisa konsumsi oleh sebegitu besar warga yang membutuhkannya. 

Oleh karena itu kita harus bertindak bijak untuk menghemat air mulai dari rumah sendiri. 

Inilah beberapa cara untuk hemat air: 

1. Tutup kran

Kadang-kadang kita anggap air yang menetes dan mengalirkan dengan sebanyak-banyaknya saat cuci tangan dan gosok gigi. Padahal dengan membuang sekian air itu berarti kita sudah membuang air hingga 6 liter. Selain dapat menghemat air, kitab isa menghemat tagihan air PDAM. 

 2. Mengecek pipa berkala


 Kebocoran kecil, saya sering mendengar tetesan air dari pompa yang mendengung . Kebocoran kecil itu tak bisa dibiarkan terus, sekecil apa pun harus segera saya ganti pipa atau keran yang bocor itu . Satu titik kebocoran kecil akan membuang air 3,8 liter per hari. 

3. Maksimalkan kapasitas mesin cuci


 Ingatlah bahwa untuk mencuci pakaiannmu, maksimalkanlah sampai kapasitas mesin cucimu. Dengan kapasitas yang maksimal maka akan menghemat air dan listrik, alih-alih kita harus mencuci dua -3 kali dengan kapasitas mesin setengah saja. 

 4. Menampung air hujan 


Bagaimana bisa menampung tidak ada hujan? Kita ingat akan peribahasa “Menabung sedikit akan menjadi bukit”. Pada saat hujan, pastikan kita tampung dalam sebuah bak tertutup . Air bak tertutup ini dapat digunakan untuk menyiram tanaman dan membersihkan mobil . 

5. Gunakan toilet dengan 2 tipe flush 


Dengan system 2 tombol flush, ada pilihan untuk kapasitas sedikit dan kapasitas besar. Jadi kita mengatur berapa jumlah air yang dibutuhkan untuk menyiram toilet. Jika hanya 1 tombol tidak bisa atur kapasitasnya. 

 6. Pergunakan shower 


Bagi mereka yang terbiasa mandi dengan bak kamar mandi, gunakan shower . Shower akan lebih hemat ketimbang gunakan gayung.

 7. Pompa air dan pipa air 


Saya mengalami sulitnya air dari tanah pada waktu musim kering. Permukaan air tanah yang mengering itu turun ke bawah. Sementara pipa air itu tidak lagi menjangkau air , sehingga pompa pun hampir tiap hari “mengaum-aum” untuk memaksa ambil air yang sulit dijangkau. Akhirnya memutuskan untuk menambah pipa air lebih dalam lagi sampai batas permukaan air yang turun. 

Begitu pipa dipasang, ternyata ada masalah lainnya , yaitu pompa air terdengar mendengung terus. Ternyata dicek, air tidak bisa diangkat oleh mesin pompa yang sudah tidak berdaya lagi. Terpaksa harus membeli pompa air baru yang punya daya angkat lebih baik dari pompa sebelumnya. 


Jadi kekeringan memang butuh hal-hal yang sangat krusial untuk mencari air dan mendapatkannya.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman