Cepat Impas, Pilih Program Studi Apa? Gaji yang tertinggi bidang apa?

Bintang Sekolah Indonesia



Di era teknologi ini, masih ada yang pengin ngga kerja rodi atau kerja keras dengan prestasi tinggi di perguruan tinggi , tapi karir di pekerjaan tidak cepat meningkat? 

Karir tinggi dengan gaji besar pasti jadi impian dari mereka yang sudah belajar setengah mati. Paling tidak impian dari para lulusan perguruan tinggi, ingin agar seluruh biaya yang dikeluarkan oleh orang tua itu cukup besar jumlahnya.

Orang tua rela mengeluarkan biaya besar untuk anaknya dengan harapan agar anak setelah lulus dari kuliah, segera dapat pekerjaan.

Pekerjaannya tentu saja yang cepat mengkover biaya studi sehingga apa yang dikeluarkan itu cepat balik modal. 

Nach, ternyata Kompas telah mengadakan survey yang sangat lengkap dan komprehensif dengan judul “Mau Cepat Impas, Pilih Keguruan atau Kedokteran?” Dari survey dan dibuat analis, Kompas menemukan bahwa program studi (prodi) ilmu keguruan (pendidikan) waktu pengembalikan biaya kuliah paling cepat setelah lulusan bekerja. 

Sebaliknya, untuk studi kedokteran memiliki waktu pengembalian lama setelah lulusan bekerja. Lulusan perguruan tinggi yang diikutsertakan dalam survey adalah mereka yang kuliah di 12 program studi dari 30 perguruan tinggi di Indonesia , baik negeri maupun swasta dan membandingkan rerata penghailan lulusan setelah bekerja. 

Angka yang digunakan untuk uang kuliah bagi perguruan tinggi untuk mahasiswa (PTN)masuk jalur test regular . Untuk mahsiswa (swasta) gunakan biaya kuliah jalur umum bukan prestasi. Jadi setelah dibandingkan antara jumlah pengeluaran dari segi lama studi dan waktu pengembalikan dapat disimpulkan bahwa biaya pendidikan paling cepat adalah pendidikan atau keguruan, tehnik informatika, statiska dan sains data.


 Dilema cepat selesai vs passion 


Pasti diantara sekian banyak mahasiswa ada yang mengatakan bahwa jurusan pendidikan itu cepat tapi bukan “passion” saya. Gimana dong?

 Kita di sini bukan bicara soal tentang passion atau tidak. Kita bicara tentang bagaimana sebuah profesi yang berpotensi punya peluang cepat balik modal dan gaji yang besar ketimbang yang lainnya.

Survei dari Lembaga tentang 9 profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia Demand dan supply juga berlaku di suatu profesi. Apalagi biasanya suatu profesi dengan demand banyak itu disertai dengan berbagai tawaran yang menarik seperti fasilitas gaji yang tinggi dan karir yang berkembang.

 Dari “Glints” merangkum ada 9 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia (pada tahun tahun 2023) 

1. Ahli pertambangan 


Meskipun lowongan di bidang pertambangan ini tidak setiap tahun dibuka, tetapi pekerjaan di bidang pertambangan ini menjanjikan cukup menjanjikan untuk gajinya . Hanya perlu dipertimbangkan bahwa bekerja di pertambangan ada risiko yang jauh dari rumah. Untuk gaji karyawan pada pertambangan, sekitar Rp.6-8 juta untuk fresh graduate, dan level di atasnya hingga senior sekitar Rp.10-40 juta. 

2.Ahli Perminyakan dan Gas 


Hampir mirip dengan pertambangan, bidang perminyakan juga menawarkan pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Lowongan yang disiapkan oleh perusahaan minyak dan gas adalah ahli geologi, Petroleum Engineer, Engineering Technologist. Mereka yang lulusan fakultas tehnik dan pengetahuan alam bisa mencobanya, untuk fresh graduate gaji sekitar Rp.8-15 juta. 

 3. Dokter Spesialis 


Menentukan gaji seorang dokter spesialits sulit tetapi dapat dipastikan bahwa dokter spesialis adalah salah satu profesi dengan gaji tertinggi di Indonesia. Hanya pertimbangannya seperti telah dibahas diatas untuk sekolah kedokteran ditambah spesialis itu sangat lama (sekitar 10-12 tahun untuk dokter umum sampai spesialis)

. Jadi biaya untuk sekolah yang tinggi ditambah dengan proses panjang untuk praktek kerjanya perlu dipertimbangkan. 

 4.Ahli Konstruksi 


Llulusan Tehnik sipil jadi salah satu jurusan yang sangat diincar oleh mereka yang ambil jurusan di perguruan tinggi. Pekerjaan yang berkaitan dengan konstruksi infrastruktur ini sepertinya tak akan pernah berhenti. Gaji yang ditawarkan untuk pengalaman di bawah 5 tahun sekitar Rp.7-15 juta. 

5.Head of Human Resources


 Bagi mereka yang lulusan dari psikologi atau hukum bisa melamar di perusahaan . Tanggung jawab HR yang besar untuk memajukan sumber daya manusia di perusahaan, membuat posisi HR Head sangat strategis. Gaji yang ditawarkan bisa mencapai Rp.30 juta. 

 6. Pilot 


 Biaya untuk sekolah pilot sangat tinggi sekali. Tetapi biaya tinggi yang dikeluarkan itu sebanding dengan gaji yang didapatkan karena gaji pilot di Indonesia termasuk tertinggi. Dengan risiko besar dan seleksi masuk pilot yang sangat ketat, gaji pilot yang ditawarkan untuk penerbangan komersil mencapai Rp.50 juta. 

7. Pekerjaan Bidang Teknolog Informasi


Pekerjaan yang saat ini diburu oleh perusahaan di Indonesia untuk menajdi ahli IT (Information technology). Dengan ahli IT yang hampir dibutuhkan oleh seluruh jenis perusahaan berbasis internet. Ternyata gaji yang paling update untuk profesi IT dalam e-book dari Glints, berjudul “Laporan Trend & Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021. 

Dalam e-book itu Anda dapat membaca berbagai jenis pekerjaan di bidang teknologi berapa minimal dan maksimalnya. 

 8.Content Manager 


Salah satu pekerjaan dalam bidang IT adalah profesi Content Manager. Saat ini semua interaksi di dunia maya sangat penting ketimbang interaksi di dunia fisik. Kehadiran content manager jadi bagian penting dalam sebuah perusahaan e-commerce, jika kamu masih muda dan menguasai bidang ini pasti gaji tinggi pun akan ditawarkan. Biasanya gaji sekitar Rp.20 juta untuk mereka yang sudah punya pengalaman lebih dari 5 tahun.

 9.Staf Perbankan 


Bukan hanay lulusan dari perbankan saja, tapi dari berbagai bidang studi untuk menjadi staf perbankan. Biasanya ada dua jenjang karir yang ditawarkan, satu untuk manajerial, dan satu klerk. Untuk manajerial jelas ada kesempatan untuk mencapai tingkat yang paling top. Tetapi tuntutannya adalah untuk punya pengetahuan tentang berbagai segi perbankan . Gaji awal sekitar Rp.5 juta, tetapi semakin meningkat dengan jenjang karir yang makin tinggi hingga Rp.100 juta.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman