10 Kemampuan yang Tak Dimiliki oleh Artificial Intelligence. Optimalkan dan Kuasailah!

10 kemampuan yang tak dimiliki AI
dokpri-canva.com


Artificial Intelligence (AI) merupakan mesin yang mampu mengererjakan sebagian besar pekerjaan manusia. Kemampuan AI yang mampu mengalahkan manusia.

Seolah manusia penciptanya pun bisa tunduk atau kalah terhadap AI. Bagaiamana manusia bisa menghadapai tantangan AI yang begitu menguasai hampir seluruh pekerjaan manusia? 
Seolah semua pekerjaan manusia bisa digantikan oleh mesin.

Lalu bagaimana fungsi manusia? Apakah manusia harus terkalahkan dengan AI. Padahal manusia harus menatap masa depan untuk bekerja lebih baik dan sejahtera. 

Inilah kunci agar manusia optimalkan keahiliannya melawan keahlian yang dimiliki oleh Artificial Intelligence.

1.Kemampuan desain 


Memang benar semua desain yang diciptakan mesin pasti sangat sempurna. Tapi jika desain tanpa seni hanya bersifat fungsional saja. Lebih indah dan bercita rasa seni apabila punya kemampuan seni . Kemampuan seni itu akan membuat desain jadi cantik .

 2.Kemampuan story telling 


Jika AI hanya bisa mengulang atau menciptakan laporan dan publikasi berdasarkan data-data saja. Sedangkan kemampuan untuk story telling akan membuat sesuatu tulisan lebih bermakna dan memberikan sentuhan yang sangat humanis. 

3.Symphony 


Kemampuan analisis dari suatu hubungan dengan mengkaitkan hubungan yang lain, bukan sekedar analis dari suatu perkara atau peristiwa saja. Kemampuan membuat symphony gabungan dari berbagai peristiwa akan melahirkan karya yang jauh lebih bagus ketimbang analistis satu peristiwa saja.

4. Empati


 Mesin tak punya kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Penulis yang punya kemampuan untuk berempati dengan objek atau subjek tulisannya akan meraih suatu karya yang lebih indah. 

5. Play imajinasi 


Jika AI hanya bekerja secara algoritma tanpa imajinasi liar atau linear. Sedangkan manusia harus punya kemampuan untuk bermain dengan imajinasinya sehingga tidak hanya hal yang serius saja yang tercipta tapi juga hal-hal yang diluar nalar atau sesuatu yang mengejutkan.

 6. Meaning


 AI bekerja dengan data dan algoritma yagn sudah dihitung dan hasilnya juga sesuatu yang sesuai dengan data dan algoritma yang diproses. Sementara manusia mampu memiliki tujuan yang lebih tinggi. Hasilnya akan berdampak kepada panggilan jiwa yang mampu mengubah atau membawa manfaat kepada warga sekeliling. 

 7. Pengambilan keputusan 


Mesin seperti AI tak mungkin bisa mengambil keputusan organisasi atau perusahaan yang sangat penting. Pertimbangan keputusan dengan segala konsekuensi yang harus dipikirkan. Melibatkan plus minus dalam setiap aspek. Kita sebagai manusia mampu mengambil keputusan setelah berbagai pertimbangan matang. 

 8. Pemikiran Mandiri 

Otak kita diproses untuk berpikir secara mandiri, saat pemberian tugas baik itu sulit maupun mudah. Mencari data, informasi dan menyelesaikan dan bahkan mencari sesuatu yang baru. AI tak bisa berpikir mandiri, hanya berdasarkan data yang diberikannnya saja. 

9. Teamwork 

Kita terbiasa bekerja dalam satu teamwork. Tugas dibagi dan diberikan tanggung jawab sesuai dengan keahliannya.  Semua dilatih dengan softskill berupa teamwork. Teamwork jadi penting untuk mencapai target perusahaan. AI tak dapat melakukan karena bukan manusia yang bisa diajak berdiskusi dan bekerja sama. 

10. Value 


Manusia punya value dalam kehidupannya misalnya kejujuran, integritas, bertanggung jawab dan lainnya. Value tak dimiliki oleh AI karena dia hanya sebagai mesin yang hanya memiliki kecerdasan. Jadi penting bagi kita untuk terus menanamkan value yang baik dalam kehidupan. 

 So, apabila kita sudah punya ke 10 kemampuan yang tak dimiliki oleh Artificial Intelligence (AI), pakailah dan gunakan seoptimal mungkin sehingga manusia tak lagi kalah dengan mesin.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman