Visa Schengen, Sulitnya untuk Mendapatkan Permohonan Appointment

visa schengen
https://www.schengenvisainfo.com/visa-sticker/




Ayo siapa sedang apply visa Schengen saat ini? Yuk, sharing bersama-sama apa yang terjadi dengan proses permohonan booking appointment. 

Ketika angan-angan untuk berangkan ke Austria timbul sekitar bulan Nopember 2022, saya pikir visa Schengen itu tidak sulit mendapatkannya. Memang tahun lalu (2022), kami menguruskan visa Schengen melalui travel biro. Sehingga kesulitan apa pun tidak kami alami, kami tinggal persiapkan dokumen, menyerahkan kepada travel biro dan pergi untuk appointment, tunggu sampai visa selesai. 

Namun, sekarang ini saya ingin “challenge diri sendiri” untuk mengurus sendiri. Saya berpikir gampang khan sekarang semua sudah online. Jadi mulai bulan Desember kami (beruda dengan anak saya), mulai hunting mencari booking appointment ke VHS Austria.

Ternyata tiap kali masuk ke website, selalu bilang , “no slot is available”. Hal ini berlangsung terus hingga bulan Februari 2023. Kami cek hampir 3-4 hari sekali ke situsnya. Selalu jawaban yang sama. 

Akhirnya di suatu pagi sekali ,hari sakti bagi kami berdua, di tanggal 27 Februari ada slot untuk tanggal 18 Februari . Setelah susah payah untuk masuk ke situsnya yang sulit karena selalu gagal dianggap sudah over limit dan cookies (padahal cookies sudah dihapus semua). 

 Anak saya berhasil mendapakan janji di suatu tanggal di bulan April 2023. Di bagian pembayaran, dia berpikir pembayaran secara ATM (karena pilihan online sama sekali tidak ada). Jadi dia ke ATm, ternyata tidak berhasil sama seklai memasukkan akun virtual yang ditunjukkan. Akhirnya pulang dengan sia-sia. Padahal waktu yang diberikan Cuma 1 jam. Dia berhasil mengganti metode pembayaran menjadi transfer dari Mandiri. Dengan pembayaran dari rekening Mandiri saya, akhirnya berhasil dibayar. 

Apa yang terjadi dengan saya? Selama anak saya akses, saya terus mengikuti akses untuk masuk ke situsnya gagal terus. Sekalinya pernah masuk tapi tidak sampai pembayaran dengan diberikan peringatan bahwa “pembayaran bisa dilakukan setelah 5 jam kemudian karena system down”. Nach menunggu 5 jam, saya akses lagi, tidak berhasil karena dianggap saya sudah over limit untuk masuk ke situs tersebut. Bahkan dengan mengganati akun maupun PC pun tidak berhasil sama sekali. Sampai besok pagi, saya coba untuk akses, ternyata bisa akses tapi slot sudah unavailable. 

Wah , kesal, bingung, gimana anak dapat appointment sedangkan saya tidak. Keputusannya adalah mencoba mengirimkan surel kepada Helpdek  menjelaskan situasi kronologi apa yang terjadi kepada Kedutaaan, jika berkenan saya dibeirkan appointment yang sama dengan anak saya. 

Baca juga:  Piknik Seru Barang Ladiesiana dan PPBN

Akhirnya berita gembira itu datang juga, saya mendapatkan kesempatan untuk ikut appointment pada tanggal yang sama dengan anak saya. Sekarang ini sedang dalam proses perisapan semua dokumen yang dibutuhkan. Cukup lama untuk menyiapkan, tapi kami butuh review sekali lagi untuk semua dokumen yang sangat banyak yang dibutuhkan.

 BErharap sekali agar proses 15 untuk “approved” visa itu segera dapat diterima apabila kami sudah melakukan fingerprint dan proses penyerahan dokumen. Visa Schengen ternyata bukan semudah yang dibayangkan. SUlitnya luar biasa . Begitu banyak peminat untuk visa Schengen setelah covid berlalu.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman