10 Peluang Karir Digital untuk Profesi Baru di Tahun 2023

karir digital
pexels-liza-summer



Di era jadul,  kita masih ingat bahwa profesi dan karir yang diimpikan orang adalah menjadi ekonom atau dokter. 

Namun, sebaliknya era digital, jika Anda ingin mengejar karir maka karir bidang digital merupakan karir yang menjanjikan dibandingkan dengan bidang yang lainnya. 

Industry digital bukan hanya sekedar pekerjaan yang memanfaatkan teknologi digital, tetapi juga perlu banyak inovasi baru dan kreativitas sehingga Anda bisa menguasai teknologi.

Pengertian era digitalisasi adalah zaman di mana segala sesuati serba digital. Semua dilakukan dengan bantuan teknologi canggih dengan akses internet yang dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun. 

 Dampak positif teknologi digital adalah mempercepat komunikasi dan mempermudah pekerjaan, sedangkan dampak negatif antara lain menumbuhkan indivdualisme, fitnah dan sikap anti sosial 

 Berikut ini adalah jenis pekerjaan untuk mendukung karir digital yang dapat Anda kejar: 

1. Content Strategist/Social Media Strategist


 Bertanggung jawab dalam mengatur strategi yang tepat dalam mengisi kondten-konten yang akan dibagikan, membuat planner kapan waktu yang tepat memposting campaign agar tercapai KPI (Key Performance Indicator), merancang promosi melalui berbagai media. Seorang Content Strategist jgua harus bisa menganalisa traffic social media dan memiliki kemmpuan SEO 

2. Social Media Specialist 


Social media specialist adalah seorang yang bertugas membuat konten sesuai dengan strategy dari brand yang ingin dicapai. Konten dapat berupa podcast, artikel, video, gambar. 

3.Copywriter


Fungsi dari seorang copywriter bukan hanya seorang yang mampu untuk memperkenalkan brand sesuai yang diinginkan, tapi juga memiliki talenta untuk berinteraksi tentang suatu produk, bahkan mampu mengolah kata menjadi kalimat call to action. Rangkaian kata seorang copywriter berbentuk persuasive dan target market dapat tercapai.

 4.Content Writer 


Content writer focus bekerja untuk memposting tulisan untuk mengedukasi, menghibur dan juga menarik perhatian pembacanya. Kreativitas jadi hal utama dan seorang content writer harus dapat menlis di berbagai platform blog dan website bahkan skrip video.

5.SEO/SEM Specialist 


Seorang SEO/SEM Specialist harus dapat memaksimalkan traffic website agar dapat berada di peringkat paling atas di google sehingga mudah ditemukan oleh pencarinya. Seorang SEO mampu memahami algoritma dari mesin pencarian. 

Fungsi utama selain memaksimalkan traffic juga memasarkan produk melalui website atau hasil pencarian organic. 

 6.Desain grafis


Jika kamu punya ketrampilan mendesign maka pilihlah karir design grafis. Desain jadi salah satu bagian dari marketing karena desain yang bagus akan menarik dan menjadi target pasar. Kemampuan yang harus dimiliki software editing seperti Adobe Photoshop 

7.Web/Mobile Developer 


Web Mobile Developer sangat dibutuhkan bagi pebisnis saat ini. Membangun website seperti membangun toko 24 jam yang dapat mendatangkan pelangga. Seorang web developer harus mengerti bahasa program seperti JavaScript, HTML, CSS, JQuery dan bahasa pemprograman lain 

 8. UI/UX Desainer


 Seorang programmer juga membutuhkan UI/UX designer agar apa yang dibuat itu sesuai dengan kepuasan pelanggan atau pengguna yang dengan mudah mengakses website/mobile. 

 

9.PPC Specialist


 Seorang PPC specialitest merencanakan strategi pengiklan. PPC biasanya menggunakan Facebook Ads, Google Ads, Google Ads, Youtube Ads maupun Instagram Ads.

PPC specialist harus mengetahui keyword yang tepat untuk membidik pasar, melacak metrik dan mengikuti tren yang ada. 

 10 CRM (Customer Relationship Management) 


Bertanggung jawab agar relasi pengguna dengan perusahaan terjalin baik. Seorang CRM mampu berkomunikasi dengan pengguna, mengakuisisi pengguna baru dan menjaga pengguna lama. Begitu banyaknya pilihan karir digital yang dapat kamu ambil.

 Inilah saatnya Anda memilih karir digital sesuai dengan kemampuanmu. Karir digital untuk meningkatkan jenjang karir dan promosi dan otomatis gaji pun akan meningkat. 

Referensi:

  •  10 Peluang Pekerjaan di Bidang Digital Marketing ; yoursay.id

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman