M-Paspor, Cara Perpanjang Paspor Lewat Paspor Online

perpanjangan paspor online
Kantor imigrasi bengkalis



Sebelum berangkat ke luar negeri, apakah kamu sudah pastikan bahwa kamu sudah memenuhi syarat bahwa paspor belum jatuh tempo (tidak perlu perpanjang paspor?).

Ingat loh jatuh tempo paspor bukan dilihat dari tanggal jatuh tempo yang ada di paspor. Tapi harus dilihat dari Jatuh tempo dikurangi 6 bulan. Contoh yach jatuh tempo passport 1 Januari 2024, jika dikurangi 6 bulan, artinya July 1, 2023 adalah batas keberangkatanmu.

Jika kamu berangkat tanggal 15 Juli 2023, kamu harus perpanjang dulu paspor. Untuk mengurangi risiko di imigrasi sebelum berangkat pastikan hal yang penting ini.

Bagi kamu yang pengin perpanjang paspor, sekarang ini bukan lagi ngantri seperti dulu. Ngantrinya melalui “Tata Cara Pendaftaran Antrean Paspor Online via M-Paspor Jadi hal yang pertama dilakukan adalah unggah M-Paspor via Appstore & Playstosre di Smartphone-Mu.

Lakukan langkah-langkah berikut ini: 


1.Sign ini dengan email passportmu.Jika belum memiliki akun, silahkan klik “Daftar Akun” untuk mendaftar 
2.Isi kolom yang ada dengan data dirimu untuk mendaftar dan lakukan verifikasi email 
3.Silahkan login dengan email dan password yang telah didaftarkan, lalu akan muncul tampilan berikut. Klik “pengajuan permohonan”. 
4.Ikuti langkah-langkah yang ada untuk verifikasi NIK dan mengisi kuesioner yang tersedia. 
5.Unggah dokumen persyaratan  (untuk perpanjangan diperlukan KTP dan paspor lama)
6.Pilih kantor imigrasi untuk membuat paspor 
7.Pilih waktu kedatangan sesuai kuota yang tersedia 
8.Akan keluar biling untuk pembayaran paspor. Lakukan segera pembayaran (jangan tunda) dan bawa bukti bayar serta pengantar dari aplikasi dan berkas persyaratan (khusus untuk perpanjangan diperlukan copy KTP dan paspor). 

 Implementasi:


 Sebelum mencapai langkah 6, kita harus menunggu antrian artinya jika setelah kita pilih kantor imigrasi dan ternyata belum ada kuota yang dibuka, kita harus menunggu hingga hari Jumat sekitar jam 14:00 ke atas. 

Pada hari Jumat itu kita baru bisa akses untukmemilih jadwal kedatangan. Begitu selesai memilih jadwal kedatangan, keluarlah billing kode untuk pembayaran paspor. 

Segera lakukan pembayaran. Untuk pembayaran online hanya bisa dilakukan melalui Mandiri (Living), atau BNI. Setelah membayar, barulah kita menunggu waktu yang ditentukan sambil menyiapkan dokumentasi. 
Perpanjangan paspor
dokumen pribadi



Pada saat waktu ditentukan, kita datang pada waktu yang ditentukan. Misalnya kita memilih waktu pagi hari, biasanya antara jam 8 -12, sedangkan siang sekitar jam 14-16:00 

Saya memilih pagi hari. Namun, karena hujan keras tiba-tiba turun, saya baru bisa berangkat pukul 9:15 dan tiba di Imigrasi Pondok Pinang jam 10:10. Langsung ke tempat counter untuk mendapatkan nomer antrian. 
perpanjangan paspor online
dokumen pribadi


 SEtelah mendapatkan nomer antrian, saya langsung naik ke lantai 3 tempat untuk menunggu. Hanya dalam waktu 5 menit , nomer antrian saya sudah terpanggil. Maklum untuk lansia, nomer khusus diberikan yaitu A itu khusus untuk lansia dan dipercepat. 

Begitu di depan staff Imigrasi, saya diminta mencopot kacamata dan masker, lalu beliau berikan foto. Setelah itu selesai, tidak ada wawancara apa-apa.  Diberikan bukti untuk pengambilan paspor.

Sementara anak saya yang bersama saya, harus menunggu antrian 45 menit. Juga harus ada interview. Setelah itu kami diberikan tanda bukti perpanjangan paspor dan tanda bukti ini digunakan saat pengambilan paspor yang diperpanjang. 

Waktu pengambilan 3 hari setelah pembuatan/perpanjangan.Misalnya saya perpanjangan hari Senin , hari Jumat paspor perpanjangan sudah dapat diambil ,  Pada saat mengambil perpanjangan paspor, diharapkan untuk membawa bukti pengambilan paspor.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman