[Review] Fitur-fitur Aplikasi Yummy App yang Membuat Diriku Makin Kreatif dalam Memasak



 
Memasak masuk dapur bukan idaman dalam hidupku . Aku lebih suka disuruh bekerja di kantor ketimbang masuk dapur. 
 
 

Bagiku pekerjaan di dapur itu bagaikan masuk jebakan yang menyesakkan. Mulai dengan peningnya mengatur menu dari kesukaan setiap anggota keluarga, dari hari ke hari . Lalu, belanja dari A sampai Z, loh .misalnya sayur mayur, daging, ikan, ditambah dengan bumbu-bumbunya. Sampai persiapan masak dan cita rasa masakan, dan akhirnya harus basah kuyup kepanasan saat memasak.  Belum lagi setumpuk alat peralatan masak harus kucuci bersih, maklum saya tak punya  pembantu.
 
 Bayangin capenya di dapur itu membuat bingkai memasak itu suatu siksaan. Namun, perspektif memasak itu tiba-tiba totally berubah sekali ketika pandemi melanda hampir di semua kota di Indonesia termasuk tempat domisiliku. 
 
Aku dihadapkan kepada dua pilihan, beli makanan atau memasak. Pilihan pertama itu agak berat dari segi kualitas dan harga. Selain harganya mahal, seringkali aku jumpai makanan di resto itu tak bergizi bahkan penuh dengan zat pengawet dan zat pewarna. Kualitas dan kuantitas seringkali membuat kecewa hati buat disajikan sebagai hidangan makan siang dan malam keluarga. 
 
Jadi pilihan jatuh kepada memasak.  Sejak awal  aku bukan type pemasak, jadi penginnya memasak itu yang sederhana saja. Saking sederhanya, menu tiap minggu itu hampir sama terus. Bosan ngga suami/anak di rumahku? Pastinya ya! 
 
yummy.app

Namun, aku beruntung punya kesempatan emas untuk  review Yummy App., Aku menemukan Resep Makanan, Resep Masak baru di Yummy App. 
 
Proses perkenalan aplikasi Yummy.App terjadi ketika aku pengin cari resep baru karena bosan setiap hari/minggu aku hanya punya jadwal menu yang sama terus. Selain itu perlu menu yang bergizi dan bernutrisi. 
 
Tak sabar lagi, saya  mengunduh Yummy.App ini di google playstore.
 
Begitu dibuka aplikasinya, saya mendapat tawaran untuk daftar Akun di Yummy App . Rasa penasaran mendorong secepatnya saya untuk buka saja akun. Ternyata, buka akunnya sangat mudah sekali, dengan continue with Facebook, terbukalah akun saya, dengan judul “Chef Ina”.

Wow, saya sangat bangga banget serasa jadi chef beneran. Gimana nich sudah siap masak? Mata saya memandang fitur-fitur yang bertebaran di akun saya, Trending, Event & Promosi, Akun Official, Resep Ide Jualan, Dijamin Laku, Resep Penjaga Imunitas, Resep BikinSendiriAja, Rekomendasi 
 
Di bagian bawah, saya menjumpai kolom: Tulis Resep, Masak , Notifikasi, Akun. 
 

Kolom Tulis Resep

 
Saat saya buka Tulis Resep, wow, ternyata ini penawaran yang bagus dari Yummy.App agar kita yang sudah jagoan masak, bisa nulis resep. Nulis Resepnya harus lengkap yach guys. Judul resep, cerita resep, bahan utama, cara memasak dan upload foto dan terakhir upload resep. 
 
Apabila resep Anda berhasil dikurasi dan divalidasi oleh Admin, resep pun akan muncul di akun. Hal ini jadi kebanggaan karena kita benar-benar serasa jadi chef beneran.. 
 

Fitur Masak 

 Awalnya, saya bingung untuk apa ada fitur masak, khan sudah ada resepnya. Oh ternyata fitur ini mendorong kita untuk tidak bingung memasak dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di kulkas. Contohnya di kulkas saya sudah punya bahan brokoli, cabe, dan ayam. 
 
Fitur Memasak





Fitur Memasak (hasilnya)
 


Lalu di aplikasi ini ketika pertanyaan di kulkas saya ada apa? Saya klik dan pilih ayam, brokoli, cabe, lalu klik terapkan, ech, muncullah resep Brokoli Ayam, Spaghetti Bakar, Brokli Ati, sapo Tahu, Aym Panggang, Ayam Saus, Diet Food Ayam, Chicken Katsu, Orange Chicken, Steam Ginger, Korean Honey, Chicken Teriyaki,, Indomie Sehat, nasi Goreng KW, Tumis Capjay, Misoa Sayur, Nugget Stik, Brokoli Tempe, Omurice Cake, Gado-gado. 
 
Kaget banget loh, segudang resep baru ditawarkan. Bingung ngga? Yach agar pilihan kita dipersempit, kita bisa menggunakan  "Fitur Filter".

Fitur Filter


 

Ternyata dari sekian banyak pilihan masakan , kita bisa memfilternya.. Contoh memfilter, saya pilih Tipe Resep Populer, Durasi 30-60 menit, Porsi < 5 porsi; Budget Rp.30.000-Rp.50.0000, lalu saya terapkan. Hasilnya amazing, saya punya pilihan yang lebih sempit tapi sesuai dengan kehendak saya.

 
 
Setelah saya memilih masakan Tumis Capcay, terdapat keterangan bahan utamanya , cara memasak Resep dari step 1 sampai step 6, siap dihidangkan. Jika saya telah praktekkan resep ini, saya bisa kasih rating Fitur Masak ini dengan bintang lima karena memberikan solusi menghabiskan bahan makanan di kulkas saya jadi masakan lezat.
 
 

            Fitur Notifikasi

Fitur Notifikasi adalah fungsinya untuk komunikasi antara admin dengan pengguna. Contohnya untuk memberitahukan apabila  kita sudah memasak di resep, lalu  dikurasi oleh pihak admin dan dianggap masih kurang, maka admin akan chat kepada kita dalam kolom notifikasi. Wah sangat komunikatif banget yach. Kalo resep sudah disetujui, resep itu akan muncul di akun kita. 
Bangga banget nich punya resep yang sudah masuk akun sendiri. Duh, senangnya. 
 
Selain itu, aku setiap hari dikasih informasi resep yang jadi rekomendasi untuk masak hari ini. Ini betul-betul membantuku karena kebingunganku mengatur menu sudah hilang.
 

Fitur Resep Penjaga Imunitas 

yummy app

Di masa pandemi ini, apabila ada isoman di rumah yang biasanya selera makan menurun karena  alat perasa dan penciumannya tidak berfungsi, Fitur ini benar-benar bermanfaat bange karena saya langsung menemukan Resep Makanan yang membangkitkan selera maka bagi mereka yang sedang isoman.
 
 Waktu masaknya dikasih tau loh! Saya cari yang enak tapi cepat masaknya, 20 menit, Sup Telur. Begitu di klik , Ada videonya cara memasaknya diperagakan. 
 
Jika kita merasa melihat peragaan memasak lewat video terlalu cepat, kita  bisa scroll ke bawah ada informasi resep mulai dari bahan sampai cara memasak resep step 1 hingga step 5. 
 

 Fitur Rekomendasi

yummy.app
 

 Di fitur rekomendasi ini, saya agak bingung mencari masakan sayur yang sederhana, mudah dan cepat. Resep yang disajikan bercampur antara masakan, roti dan minuman. Nach, bagi saya yang memang preferensinya cari resep masakan rumah yang mudah, cepat dan nutrisi, tentu kurang cocok. 
 
Tapi saya yakin fitur rekomendasi ini pas bagi orang yang mencari sesuatu resep baru yang ingin dicoba dan diyakini pasti enak. 
 

Kesimpulan 

Secara kesuluruhan, fitur yang telah saya akses seperti Fitur Masak, Fitur Filter, Filtur Notifikasi, Resep Penjaga Imunitas, Fitur Rekomendasi sangat mudah diakses dan komunikatif,  tepat sesuai dengan kebutuhan saya setiap waktu saya perlu resep untuk memasak, penyajiannya menarik sehingga saya makin kreatif dalam memasak, juga mengirimkan resep apabila saya sudah pintar memasak .

20 komentar

  1. Wah aku juga pakai aplikasi ini kak, memang benar seperti yang diulas Kak ina kalau fitur Yummy ini lengkap dan cocok untuk yang lagi belajar masak -kayak aku_. Hehe..

    BalasHapus
  2. Aku abis recook resep dari yummy. UInya enak banget

    BalasHapus
  3. Fitur yang kaya dari Yummy App bikin belajar masak atau memudahkan cari resep makanan yang anti bosan ya. Patut dicoba

    BalasHapus
  4. Fitur Resepnya menarik. Jadinya setiap user/pengguna bisa upload resep masing-masing dan bisa diakses juga oleh pengguna lain. Resep dari best practice seseorang ini menambah kekayaan resep masakan itu sendiri.

    BalasHapus
  5. Aplikasi Yummy sangat membantu untuk bingung menu masakan tiap harinya

    BalasHapus
  6. Aplikasi Yummy sangat membantu untuk bingung menu masakan tiap harinya

    BalasHapus
  7. senengg deh jadi ibu masa kini tuh, banyak aplikasi bagus kaya yummy gini yang bikin ibu-ibu jadi gak kesulitan lagi samak apa aja hehe

    BalasHapus
  8. wah asyik nih, cukup masukin bahan masakan maka keluar nih resepnya

    saya mau coba ah aplikasi yummy, atau kalau mungkin ikutan nulis resep

    BalasHapus
  9. Menarik ya mbak kalau ada plikasi masak lengkap seperti ini jadi tambah kreatif dan senang dalam memasak

    BalasHapus
  10. Aku suka banget sama Fitur2nya Yummy ini, simple dan memudahkan kita semua ketika udah bingung mau masak apa. Aku termasuk yang rajin masak Ibu, tapi tetep suka merasa bosaan juga dengan masakan sendiri, pengennya dimasakkin akan lebih nikmat.

    BalasHapus
  11. aku jga kebal yummy app ini 2019. aku juga tipe yang masaka dalah suatu hal yang menyesakkan hahaha

    dg adanya yummy app lebih mudah ya dalam saru aplikassi kita dapat memlik sesuai keinginan, pilih sehat , pilih menu murah hehehe

    BalasHapus
  12. Keren nih plit komplit utk urusan masak rekomended banget ya...

    BalasHapus
  13. Saya juga install Yummy Mbak, praktis banget kalau nyari ide resep masakan. Mudah digunakan dan juga bisa ikut berkontribusi disana

    BalasHapus
  14. Jadi ingat kalau dulu kan urusan resep dan masakan itu buka catatan dari orang tua. Kalau sekarang benar-benar dipermudah semuanya bisa dipelajari via aplikasi.

    BalasHapus
  15. Sepertinya saya harus download aplikasi Yummy jg deh. Banyak bgt resep masakannya.

    BalasHapus
  16. Baru tahu loh ada aplikasi Yummy ini. Sepertinya boleh dicoba, apalagi aku suka bingung bikin masakan itu-itu saja. Kalau ada resep begini bisa di eksplor menu baru yang lebih beragam ya.

    BalasHapus
  17. kalo pake yummy app bakalan ga keabisan ide masak ya buu, emang lengkap dan gampang juga pakainya

    BalasHapus
  18. Aplikasinya bakalan menggeser buku resep nih. Hehehe. Tapi ya memang praktis sih kalau ada aplikasi mobile nya. Kapan pun dan dimana pun pengen masak apa aja tinggal buka hape.

    BalasHapus
  19. Saya juga suka males masak tuh karena ribet sama cuciannya hehe
    Aplikasi ini membantu banget biar kita tambah pinter masak ya :)

    BalasHapus

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!