Meningkatkan Traffic Blog dari Optimalisasi Klik Link di Bio Instagram

 

 
 
Mempelajari hal yang baru memang sangat penting sekali bagi saya apalagi tentang optimalisasi Instragram yang dikaitkan dengan link blog sehingga menghasilkan traffic tinggi di blog.  Wah ini penting banget !
 
 Ilmu yang cukup praktis tapi masih sulit  untuk diterapkan itu memang baru saya dapatkan melalui webinar @emak-emakBlogger melalui nara sumber Dr. @VickyLaurentia.
 
ba
Sumber: Vicky Luarentina

Dunia Instagram sangat menarik sekali bagi para pengguna media social karena jumlah pengguna internet di Indonesia itu luar biasa besarnya. 
 
Dari penduduk 270 juta ada pengguna aktif media social sebesar 170 juta atau 61.8%. Dari sekian banyak social media, ternyata urutan dari social media yang banyak digunakan oleh pengguna urutannya sebagai berikut, youtube, whatsapp, Instagram, Faceboo, Twitter, Tiktok. 

Sebagai blogger, kita hanya mendapatkan comments dan like di instagram dengan mudah, apalagi didukung dengan blog walking.   Tetapi hanya sedikit yang bersedia dan sukarela untuk klik link ke blog kita.

Akar masalah yang menyebabkan hal itu  adalah bagaimana kita mengintervensi terhadap Feed Post dan instastory, akhirnya mengevaluasinya keberhasilan dari intervensi itu.


Tantangan Membuat Trafik dari Instagram ke Blog

 
Vicky Laurentina


  
Mba @Vicky Laurentia  memberikan tips beberapa hal yang sangat penting 
 
1.Mengetahui erilaku pengunjugn isntagram terhadap blog 
2.Intervensi blogger terhadap Feed Post 
3.Intervensi blogger terhadap instastory 
4.Evaluasi keberhasilan intervensi Instagram terhadap traffic blog 
 

Mengetahui perilaku pengunjung Instagram terhadap blog

Pengunjung datang ke Instagram langsung ke halaman Home melihat fotovideo yang tampil di halaman depan.  Apabila dia merasa tertarik dengan foto dia akan mengklik Instastory atau kadang-kadang langsung akan meng-scroll  timeline.  Bahkan akan berhenti untuk membaca caption sampai habis  (klik more), lalu terakhir mengunjungi profil pemilik foto/video dan terakhir mengklik link posting yang ada di profil itu.
 
Apabila video dan foto yang kita posting tak menarik   maka pengunjung hanya melihat dalam dua detik Bahkan tidak sampai pada tahap pertama, dia hanya sekedar scrol, lalu meninggalkannya.
 

 Solusinya: 

 
Traffic  Blog Optimalisasi Fitur Bio
Sumber: vicky Laurentina

Kita harus memiliki foto /video yang hooked. Apa arti foto /video yang hooked? Artinya yang dapat mempertahankan perhatian tetap kepada foto/video yang diupload sampai habis. Untuk itu buatlah caption mulai dari awal , siapkan copywriting yang tepat dengan formula AIDA dan terakhir adalah call to action
 
Contoh: foto yang nge-hooked:
Perlu Pelestarian Candi Bagaimana persona followers: 25-45 tahun, perempuan ,senang travelling Apa focus minat personanya: : Fokus tempat wisata berupa bangunan kuno, Dominasi warnah merah, Tampilkan sedikit gambar manusia 
 

Intervensi blogger terhadap instastory 

 
Perhatikan alur dari Story Menuju Blog: Diingatkan dalam memasang foto di InstaStory: tulisan jangan banyak (cukup 3 baris, Klik Link Bio dan mention profile). Artikel apa yang akan kita buat, link atau keyword yang dicari oleh orang, dan persona followers (dari segi pengetahuannya) 
 
Apa minat dari pengunjung? Dari minatnya, pengunjung akan fokus berkunjung ke instastory dengan melihat foto atau video. 
 
Berikut ini adalah call-Action pada InstaStory yang perlu dilakukan:
 



 

 

Intervensi blogger terhadap instafeed

Sementara di instafeed, umumnya pengunjung datang karena masalah . Pengunjung melihat foto , membaca caption baru klik bio.
 
Jika caption tidak sesuai dengan masalah pribadi, sang persona maka dia tidak akan klik link di bio.
Setelah mengetahui masalahnya, kita dapat menyelesaikan dengan artikel. Artikel itu ditulis dengan formula copywriting.  Ada banyak formula dalam copywriting. Namun oleh Mbak Vicky, diperkenalkan 2 formula. Fungsi dari copywriting adalah untuk mengarahkan pengunjung dari caption menuju link, dari link akan menuju artikel blogpost
 
 
Ketika Anda sudah selesai menyiapkan artikel dengan formula copywriting, jangan lupa untuk memberikan isntruksi Klik link di bio yang ditulis di Caption. Instruksi seperti Save, Share, DM, bahkan Comment  bersifat  optional, bisa digunakan bisa tidak.

Berikut ini adalah call-action yang perlu dilakukan pada Feed Post:
 
Sumber: Vicky Laurentina


 

 Formula Copywriting yang diperkenalkan:

 
Traffic Blog Fitur Bio
Sumber: Vicky Laurentina

1.AIDA: 

Attention: grab perhatian dari pengunjung 
Interest  : menarik 
Desire : buat pengunjung ingin datang 
Action : dengan tindakan yang diinginkan 
 

2. PAS : Problem Agitation Solve 

Pakai formula atau formula PAS Letak Call to Action: 
 
1. Instruksikan klik link di bio 
2. Mention : username .

Kita harus mampu menyajikan artikelnya  mengandung keyword yang menarik Bagaimana personanya followers: .usia, .jenis kelamin , minat Apa masalahnya? Memilih copywriting seperti yang di atas dan pilih jenis call to action
 

 
Kesimpulannya kita sudah mengetahui ada 2 perilaku dari persona InstaStory dan InstaFeed.  Tujuan untuk menarik traffic mulai dari jalur yang mana , apakah Feed Post atau Instastory?  Masing-masing punya perilaku berbeda.

Evaluasi keberhasilan intervensi Instagram terhadap traffic blog 

 
traffic blog
sumber: Vicky Laurentina


Selesai dari posting insta story atau insta feed, dan kita telah usahkan untuk menggiring follower sampai kepada call to action maka bagian akhir tugas adalah menganalisa hasil dari semua jernih payah kita. Apakah jumlah view bertambah dari hasil klik blog di Instagram? 
 
Untuk mengetahuinya kita masuk ke dalam google analytical. Pilih Judul Evalausi Traffic dari Instagram Menuju Blogpost Lalu masukkan secondary dimention: Instagram, klik lalu muncullah seluruh artikel kita yang ada kaitannya dengan Instagram kita. 
 
Plan agar Persona Followers kita maintain followers yang setia untuk klik bio,  kenali follower, menyapanya dan analisis konsisten.
Plan dalam jangka pendek
1.Persona followers
2.Copywriting
3.Navigasi link yang UX -friendly (User Experience Friendly)
 
Plan dalam jangka panjang
1.Interaksi yang konsisten dengan persona followers yang ditiinginkan.

1 komentar

  1. Terima kasih banyak, Bu Ina, udah mau nyimak penerangan saya selama 1 jam itu 😊 Seneng banget bisa ditulisi sama Bu Ina :)

    BalasHapus

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!