Kiat Bangun Bisnis Online Digital Printing

Bisnis Online Digital Printing



Beberapa tahun lalu teman saya yang punya sense of bisnis dalam bidang percetakan, membeli mesin cetak yang besar dari German.

Saat itu dunia usaha percetakan baik itu untuk bidang promosi, produk kalender atau berbagai printing merchandise, karya tulis dan karya arsitektur , karya seni sangat laku dan masih gunakan mesin percetakan besar. 

Siapa sangka hanya dalam hitungan tahun saja, bisnis percetakan manual yang begitu besar harus hilang diterpa oleh disrupsi oleh bisnis digital printing. 

Tanpa persiapan untuk shifting bisnis, teman saya tak mampu bersaing lagi dengan perusahan-perusahaan yang sudah lebih maju berpikir untuk melakukan inovasi dalam pemasaran yaitu gunakan online . 

 Juga percetakannya yang gunakan mesin cetak besar tak bisa berkompetisi dengan printer digital yang sangat modern  dengan  kecepatannya dan kapasitasnya yang lebih murah dan cepat.

Menilik Bisnis Digital Printing  


Bisnis startup atau online/digital printing yang terkemuka dan maju serta modern itu punya cara jitu untuk bisa meraih omzet bernilai USD 25 milar dan bisnisnya terus bertumbuh pesat 2% per tahunnya.

Sebelum adanya covid 2020, dia bisa meraih pangsa pasar di Indonesia dan jadi printing industry yang terus tumbuh dan punya tolak pemikiran yang benar-benar jeli. 

Dari bisnisnya yang dulunya offline dan tidak jalan, dia alihkan ke business online yang saat ini sangat dirasakan penting di era digital. 

Memiliki bisnis printing digital baik itu skala besar, menengah atau kecil , harus punya kiat-kiat yang strategis. 

 Modal

Perusahaan digital printing memang perlu modal dasar yang cukup besar. Paling tidak harus cukup untuk menyewa tempat, menempatkan pegawai , menggunakan baik itu beli atau sewa mesin printing, gaji karyawan dan biaya untuk listrik, dan biaya promosi. Investasi besar ini tak bisa dihindari. Paling tidak Anda harus punya bisnis plan untuk 3 tahun ke depan.

Finansial

Sangat berkaitan dengan modal , apakah modal awal yang disetor itu berasal dari pribadi-pribadi (investors) atau dari pinjaman bank. Tentunya akte pendirian itu  harus dilegalisasir di hadapan notaris untuk menghindari sengketa di kemudian hari .  Hal ini untuk hindari jika terjadi perselisihan antar anggota pengurus. 

 Izin 


Sebagai perusahaan startup baru di bidang digital printing harus memiliki izin yaitu izin usaha khusus dan izin operasional .

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dilakukan melalui pelayanan perizinan yang terintegrasi secara elektronik disesuaikan sesuai dengan barang atau jasa yang akan dijual. 

Sedangkan untuk Surat izin operasional itu lebih kepada izin kepada lembaga khusus dari produk yang dijual, contoh menjual obat, izin operasional ditujukan kepada BPOM.

Selain itu ada perusahaan startup wiajib juga harus memilki izin operasional di bidang teknologi informasi misalnya mendaftarkan diri sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE), yang terintegrasi secara elektronik atau OSS dan permohonan dilanjutkan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

 Skill Bagi Karyawan


Bagi mereka yang ingin berbisnis printing digital, hal utama untuk menjadi operator maupun untuk teknisinya harus menguasai hardware dari mesin-mesin printing yang dimiliki oleh perusahaan. Walaupun ada training yang dilakukan oleh perusahaan penjual atau agen penjualnya, tetapi ke depannya manpower yang punya skill mumpuni itu benar-benar diperlukan.

Digital Printing machine yang dimiliki oleh perusahaan tentunya memiliki kecanggihan yang berbeda satu sama lainnya. Ini harus segera dikuasai secara teknis oleh penggunanya. 

 Printer dengan Teknologi Tinggi 

Bisnis Online Digital Printing
LaserJet Pro MFP M428FDN.  Sumber: bhineka.com


Modal utama bisnis percetakan online adalah printing machine dengan teknologi tinggi. Menentukan printing digital dengan teknologi tinggi, bukan berdasarkan harganya yang murah saja. Perlu dikalkulasi dulu berapa potensi order yang akan diterima. 

Apabila order besar maka lebih baik memilih mesin digital printing cepat yang lebih mahal ketimbang yang murah tapi kapasitasnya kecil dan justru costnya akan tinggi karena tidak bisa bekerja cepat. 

Rekomendasi untuk printer bagus untuk kantor, bahkan printer awet untuk kantor, atau printer multfingsi adalah produk primer HP. 

Keunggulan Mesin printing HP 

  1.  Printing yang teraman di dunia:  Proteksi hingga 24/7 untuk menyimpan semua data. 
  2.  Produktivitas yang maximum, performa kecepatan yang tinggi: dengan Acuan MFP, mempercepat arus kerja dan menyelesaikan jumlah pekerjaan yang banyak dengan kecepatan yang tinggi dan mampu untuk menanganinya. 
  3.  Printing yang sangat kuat , smart energy: membantu printer gunakan Toner HP yang asli , dan cartridge dengan Jetintelligence. 
  4.  Dukungan HP Laser Jet: Dengan kekuatan tenaga 10-30 orang, dapat mengeprint 30.000 halaman /per bulan dengan kecepan 75 ppm3. 
  5.  HP Laser Jet Enterprise MFP M428FDN Seri terbaru HP LaserJet Pro MFP M428 dengan jenis M428FDN.  Printer ini salah satu andalan brand HP dengan teknologi terbaru dan canggih dan harga terjangkau. 
  • Keunggulan utamanya dapat scan, menyalin dokumen maupun foto, Fitur wireless
  • Design ramping dan sederhana sehingga dapat diletakkan di ruangan yang tersedia untuk percetakan Anda. 
  •  Mencetak dokumen dengan sangat jelas dan konsisten, scan, copy dan fax Scanning sampai 23,750 halaman per bulan Scan sampai 120 imp6 Ethernet, tanpa kabel , opsi printer mobile, dan dapat scan ke Microsoft Office 365, dan SharePoint , ditambah email, USB dan folder jaringan. 
  • Security Print HP bukan hanya mengamankan printer saja, tetapi juga mengamankan jaringan dengan deteksi atas ancaman dengan real time , sistem monitor secara otomatis, validasi software, didesign untuk mendeteksi dan stop atas kesalahan ketika hal itu terjadi.
  •  Kecepatan MFP dengan setting perangkat yang mudah sehingga menambah tingkat efisiensi. Printer dengan keamanan yang dinamis. Hanya menggunakan cartridges dengan menggunakan keaslian chip HP. Jika menggunakan cartridges non-HP, mesin tidak akan bekerja dan jika bekerja sekarang akan mempengaruhi bekerja di masa mendatang. 
  •  Secara singkat dapat disimpulkan bahwa mesin printing ini : Printer dengan A4 Laser Jet Pro Multifunction, Sempurna untuk bisnis Print, scan, copy dan Fax, ADF, Duplex Print hingga 40/42/ppm (A4/LTR) (Kecepatan tinggi HP) USB, 1 USB di bagian belakang 1 USD di bagian depan, Gigabit Ethernet LAN 10/100/1000BASE-T network 802.3az .
Siap  memulai bisnis digital printing? Siapkan diri Anda dengan kiat di atas dan jangan lupa selalu gunakan Mesin Printing HP yang sebagai partner bisnis Anda yang handal.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!