WhatsApplication: Cara Hindari Hacker dan 5 Fitur Baru Diluncurkan

Hacker sedang marak. Belakangan ini teman dari group whatsapplication yang kaget ketika seseorang dari group yang meminta uang pada salah satu anggota grup. Ternyata setelah diselidiki akun dari orang yang minta uang itu sudah dihack oleh hacker. 

Kemarin saya mendapat message dari ex mantan atasan di kantor lama melalui WhatsApp.  Setelah berbasa basi , lalu  pengirim berita itu meminta apakah dia bisa menelpon saya.  
Saya setujui.  Ternyata dia menawarkan penjualan mobil lelang dengan harga murah......

Selidik punya selidik, saya menghubungi ex mantan atasan saya itu, apakah benar nomer hp kamu XXX dan memang baru telpon saya. 
"Tidak, itu pasti fraud", jawabnya.

Wah, kita semua takut dengan akun yang dihack.  Kebalikannya jika ada akun teman pasti kita merasa, was was bahkan berusaha mencoba untuk menghindar dari hacker ini. Jangan sampai nomer whatsapplication kita ikutan dihack. 

Langkah untuk melaporkan hacker : 
1. Laporkan kepada WA tentang hacker
2. Blokir nomernya
3. Jika dia salah satu anggota grup , maka nomer akun yang dihack itu harus dikeluarkan dulu.
4. Pemilik akun harus membuat akun wa baru dengan fitur verifikasi dua langkah.


Untuk hindari dari hacker, yang paling penting adalah mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah .


Caranya: 

1. update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru, dengan mengupload melalui Google PlayStore untuk Android atau Apple App Store untuk pengguna iOS. 

2.Tekan ikon berlambang tiga titik di atas kanan beranda aplikasi, lalu pilih settings.

kumparan.com


3. Masuk ke bagian akun pengguna, pilih Two-setep verification, dan tekan enable.



kumparan.com


3.Masukan enam digit angka sebagai passcode ,t ermasuk isi alamat email



kumparan.com


4. Selesai, akun WhatApp Anda sudah terkunci dengan verifikasi dua langkah




Menurut blog resmi WhatsApp, email ini juga dapat digunakan untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah jika pengguna lupa passcode yang dipakai. Passcode akan diterapkan setiap kali pengguna membuka WhatsApp.

Juga secara periodic WhatsApp akan menanyakan passcode ini dalam jangka tertentu (misalnya tujuh hari), untuk membantu pengguna menginat passcode yang digunakan. 

Skema yang digunakan WhatsApp berbeda dengan google atau Facebook. Kedua layanan ini membuat kode dengan aplikasinya dan mengirimkan melalui SMS, di platform WhatsApp pengguna yang membuat sendiri dan harus mengingatnya. 

Selain itu WhatsApp telah memperkenalkan 5 fitur barunya .

 Pesan Sementara 


Jika kita sudah mengirimkan pesan dan tidak ingin pesan itu sampai dibaca oleh orang lain maka WhatsApp memiliki fitur yang dapat menghapus pesan dalam jangka tertentu.

Caranya aktifkan fitur pesan sementara, maka pesan yang dikirimkan itu akan hilang pada hari ke-7. Bagi individu dapat mengaktifkan atau mematikan fitur ini sendiri, tapi bagi grup diberikan kuasa kepada admin. 

Caranya adalah dengan upload dulu whatsapp versi terbarunya, lalu masuk ke chat yang ingin diaktifkan. KEtuka nama kontak, cari menu fitur disappearing message atau pesan sementara lalu klik on

Mute Selamanya


Seringkali kita sedang aktivitas yang perlu konsentrasi, diganggu dengan notifikasi yang tidak penting banget. Lalu bagaimana cara untuk mute notifikasinya itu? Ada pilihan untuk mute, 1 tahun, satu jam atau satu minggu.

 Caranya adalah mengaktifkan aplikasi lalu masuk ke chat individu atau grup yang tidak kita inginkan notifikasinya selamatnya. Klik tanda tiga titik di bagian kanan atas dan pilih Mute. Lalu pilih untuk berapa lama mematikan notifikasi itu (batas waktunya). 

 Video Call 


Ternyata bukan hanya sekedar ngobrol chat tetapi viceo call pun sudah dapat dilakukan di WhatsApp. Fitur ini sudah ada sejak Agustus yang lalu, (mungkin sebagian besar sudah mengetahuinya). Jadi WhatsApp Web dan Messanger Room telah terintegrasi  dan kita dapat gunakan video call sampai 50 orang. 

 Hal yang pertama dilakukan adalah dengan upload WhatsApp beri terbaru, buka chat room untuk individu atau grup yang ingin diajak video call. Klik ikon klip di kanan atas layar WhatsApp Web dan pilih gambar kamera , nantinya kita akan dialihkan ke Messenger atau login ke akun Facebook. Dikirimkan link khusus untuk disalin sebagai undangan ke orang lain. Yang diundang tinggal mengKlik dan langsung bergabung dengan Messenger video. 

Dark Mode


WhatsApp punya fitur yang menciptakan Dark mode sehingga mengurangi ketegangan mata dari cahaya yang sangat terang ke cahaya yang agak berkurang karena warna yang gelap.

 Untuk Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich gunakan fitur itu. Caranya update aplikasi lalu masukkan ke Settings>Chat>Theme>Dark Untuk iPhone sudah dapat update OS ke iOS . 

Pengguna update WhatsApp Terbaru lalu masuk ke Settings>Display & Brightness>Dark. Mengaktifkan sangat mudah dengan klik ikon tiga titik dan pilih setting, di menu Thme tekan opsi dark.  

Fingerprint Lock 


Fitur ini sudah ada di Android maupun iPhone. Pemakai hanya tinggal memasukkan sidik jari saat buka WhatsApp di ponsel Untuk aktfikan dengan mengaskes Setting>Account>Privacy,>Fingerprint Lock

1 komentar

  1. Walau katanya wa ini itu aku mah tetep stay di wa karna udah banyak yang pake hehe

    BalasHapus

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!