4 Cara untuk Menemukan Passion Saat Pandemi

Menemukan Passion Saat Pandemi


Pandemi membuat kita semua seperti hidup terpenjara. Ada yang mengatakan dia tak berkutik karena semua kegiatan dilakukan di seputar rumah. 

Tak bisa melakukan lebih dari yang seharusnya bisa dilakukan apabila dia melakukan kegiatan di luar rumah. Terpenjara itu membuat dia tak bisa menikmati bahkan tidak bisa menemukan kreativitas baik itu bentuknya hobi atau passion. 

Padahal saat pandemi merupakan salah satu cara untuk membangkitkan hobi , juga menemukan passion. Bahkan ada yang mengatakan bahwa dia terpaksa cari hobi atau passion supaya tidak boring (bosan). 

Tentu alasan apa pun kita bisa katakan, kita harus mengutamakan keselamatan kesehatan untuk WHF.
Disamping itu ada yang harus dijelaskan terlebih dulu beda antara passion dan hobi. Secara singkat, hobi itu adalah sesuatu yang kamu sukai dan kamu bisa lakukan kapan saja di waktu senggang. Beberapa orang melakukan hobi seperti bersepeda, bertanam, memasak ketika dia memiliki waktu luang . 

Sedangkan passion adalah suatu gairah yang bangkit ketika kita melakukakan suatu hal, entah itu pekerjaan menggambar, belajar untuk digital marketing, mengutak-atik computer , belajar tentang pesawat. 

Keinginan untuk mengerjakannya tidak bisa hanya sekedar untuk menghabiskan waktu saja. Passion, jadi alat untuk menggairahkan kita untuk mendapatkan dan memperoleh suatu yang ingin kita capai. Meskipun passion itu kadang-kadang butuh waktu, kesabaran, tapi tetap harus ditekuni supaya passion itu jadi suatu pekerjaan yang menghasilkan uang. 

Nach, di saat pandemi, ketika pekerjaan jadi sulit, atau jenis pekerjaan yang ditekuni sebelumnya tidak lagi dapat berfungsi dengan baik, Contohnya orang yang bekerja di bidang seni, sebelum pandemi, harus main orkestera, main di panggung. Tapi karena pandemi, dia terpaksa bekerja secara virtual. 

Ada yang merasa tidak nyaman bekerja seni secara virtual, jadi dia beralih fungsi pekerjaan. Mencari passion di saat pandemi, itu tak mudah, tapi dapat kita temukan apabila kita memahami pertanyaan mendasar kepada diri kita: Apakah Anda bahagia dengna diri kita saat ini? Apakah yang akan Anda kerjakan jika Anda tidak ingin gagal? 

Ada dua hal yang sangat penting untuk dipahami: 



Forbes.com

1. Kerjakan Apa yang Anda sukai

2. Menyukai apa yang Anda kerjakan 


Ketika Anda sudah memahami , lakukanlah,  sedikit demi sedikit pintu  untuk menemukan apa yan dicintai akan terkuak. 

Berikut ini adalah ide menemukan passion Anda: 

Forbes.com


  1. Cobalah banyak hal  


Eksperimen, terutama bagi mereka yang masih muda. Tidak perlu gentar untuk mencoba hal-hal baru. Hidup memberi Anda kesempatan luas, dan ambil kesempatan atau terserah kepada Anda apakah anda mampu untuk mengexplore atau merengkuhnya. 

Cobalah keluar dari kebiasan untuk bisa keluar dari comfort zone, jika prosesnya mungkin terasa sulit. Anda tidak akan pernah mengetahui bahwa  keluar dari comfort zone itu merupakan salah satunya cara untuk mengajak Anda menemukan passion.
 
Anda akan mendapatkan perspektif dan menikmatinya, belajar apa yang anda suka dan yang tidak Anda suka. Hal ini kelihatannya sangat mudah, tetapi tidak saat Anda mempraktekkannya. 

Bereksperimen membutuhkan waktu, tapi saat Anda melakukan explorasi dengan passion baru, maka Anda akan membenamkan diri dengan sesuatu yang baru.  Jangan  pernah menyerah jika ditengah jalan kesulitan datang.   Anda harus  tetap berpegang teguh menemukan minat itu berkembang jadi sesuatu yang menggairahkan. 

 2.Mempersempit Bidang 


 Kita berharap bahwa dengan bereksperimen dan berexplorasi berbagai macam keinginan, Anda dapat mempersempit bidang menjadi suatu passion yang sangat menarik hati Anda. Menggabungkan antara hobi dan passion, lalu mempersempitnya dengan apa yang ingin Anda kembangkan menjadi passion baru dalam satu pekerjaan. 

Anda harus bisa berefleksi dan menemukan keinginan apa yang anda ingin lakukan. 

 3.Dari ide menjadi ahli suatu bidang 


Memiliki suatu passion, akan memotivasi Anda untuk makin belajar lebih banyak. Anda akan merasa jatuh cinta setiap hari dengan passion baru yang Anda temukan, bahkan mempertanyakan kepada diri sendiri bagaimana Anda dapat mendapatkan pendapatan dari apa yang Anda sukai. 
Inilah waktu untuk tetap termotivasi dan berlatih diri terus menerus. 

Berlatih, berlatih terus, hal ini tidak pernah cukup. Anda harus menjadi seorang pakar di bidang anda. Baca buku, explore internet, ikut forum dan berbicara dengan mereka yang ahli dalam bidangnya, dapatkan mentor. Anda akan memperluas pengetahuan dan passion Anda untuk bertumbuh. 

Bahkan anda akan termotivasi terus menerus dan jadi ahli, belajar lebih banyak. Tak perlu memaksakan diri dengan waktu yang berlebihan hingga larut malam belajar terus dan tidak beristirahat. 

Cukup dengan apa yang dipelajari, kemudian evaluasi apakah yang dipelajari itu bisa langsung dipraktekan dan berhasil dicapai sesuai dengan apa yang diinginkan. Suatu keberhasilan adalah menjalani proses yang tak mudah , nikmati saja proses yang tak mudah.

4. Jadikan  Obsesi 


Ketika Anda sudah menemukan passion, pasti Anda akan terobsesi menjalankannya dengan cara yang sangat sehat. Passion Anda akan memotivasi anda setiap pagi dan anda merasa kurang waktu untuk bekerja di esok harinya. Anda menikmati bangun pagi hari untuk bekerja apa yang Anda kerjakan seperti hari-hari dimana menikmatinya.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!