Ingin Join IDN Media? Inilah 10 Landasan Nilai dan Kultur IDN Media

IDN Media


Jika Anda seorang pencari kerja, sedang berburu pekerjaan di perusahaan media berbasis teknologi, pastikan bahwa perusahaan itu punya budaya kerja yang sangat luhur, kuat.

Menciptakan budaya dalam perusahaan yang baik dan berkualitas, menjadi fondasi yang kuat suatu perusahaan.

Tujuannya agar karyawan dapat menerapkan nilai-nilai, visi, misi, sistem organisasi dan perilaku kerja, gaya kepimpinan yang efektif. 

Sebagai sebuah perusahaan media berbasis teknologi dan platform konten untuk generasi milenial dan z di Indonesia, IDN Media telah menerapkan nilai-nilai kultur perusahaan yang dikenal dengan nama Timmyness (10 nilai-nilai dan kultur perusahaan). 

IDN Media didirikan oleh Winston Utomo, Founder dan CEO IDN Media pada tanggal 8 Juni 2014 di Surabaya.

Semakin kuat budaya perusahaan dalam mempengaruhi Timmy (sebutan karyawan IDN Media), semakin kuat juga budaya perusahaan membangun fondasi budaya yang kokoh.

Mengingat pentingnya nilai-nilai perusahaan agar Timmy dapat menerapkan nilai-nilai perusahaan maka perusahaan memastikan kebijakan, sistem dan strategi untuk program internalisasi budaya perusahaan, sebagai sarana agar Timmy dapat buy in nilai-nilai perusahaan. Bukan secara kognitif saja, tetapi juga secara afektif dalam menunjukkan perilakunya. 

Inilah 10 Nilai "Timmyness" yang diterapkan di IDN Media:



Setiap pekerja yang bekerja dalam bidang media harus punya kreativitas. Kreativitas itu menimbulkan ide-ide baru maupun cemerlang yang dapat menciptakan kerja inovatif. Dalam memacu spirit ketekunan, diperlukan ketekunan dalam bidang membaca, mengikuti pelatihan yang diadakan oleh perusahaan, tidak boleh loyo atau malas. Jika kita bekerja dengan tulus, maka hasil kerja yang akan kita peroleh akan maksimal dan optimal. 
IDN Media


Nilai dan Kultur IDN Media


 Komunikasi yang baik dan etis antar teman kerja, tim jadi sangat krusial dan penting sekali. Jika hal ini tidak diterapkan, pasti akan menimbulkan konflik antar teman, tim. Akibatnya apabila terjadi konflik maka kegagalan pun akan terjadi karena tim tak berjalan kompak dan tak saling respect atau hormat satu dengan yang lainnya. 

IDN Media mengharapkan agar para Timmy selalu berkomunikasi baik dan etis tanpa mengabaikan kepada siapa dan bagaimana orang lain itu bersikap saat berkomunikasi. Semua harus dimulai dari diri kita sendiri untuk menghormati orang lain. 

 
IDN Media


Proses perubahan yang terjadi harus terus diikuti agar kita mampu jadi orang yang berkembang dan bertahan dan beradaptasi terhadap perubahan. Sikap ini harus mutlak dikembangkan dan tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Menghadapi perubahan, IDN Media menjadi pioneer dalam inovasi agar mampu bertahan dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Tidak perlu merasa takut dalam menghadapi perubahan karena segala tindakan adaptasi pasti ada risikonya, ini semua dilakukan demi suksesnya lingkungan kerja.

 
IDN Media


Sikap yang perlu dimiliki oleh setiap Timmy adalah kolaboratif baik itu secara individu maupun secara kolektif. Sikap kolaboratif itu akan menguatkan dan mendukung proses pekerjaan yang dihadapi dengan rasa kebersamaan. IDN Media mendorong para Timmy bekerja sama secara aktif dan kolaboratif. Sikap kompetitif itu dianggap sebagai out-of-date. Hindari persaingan yang tidak sehat, karena hal ini justru menciptakan perpecahan. 

 
IDN Media


Prinsip Bhineka Tunggal Ika, berbeda dalam etnis, agama, ras, perspektif tapi satu tujuan, bukan dijadikan halangan dalam bekerja. Menyatu dan menerima perbedaan . Menjadikan kekayaan ide atas perbedaan. 

Suatu semangat kebersamaan dalam persatuan, membuat kita makin kokoh. Keindahan dalam keberagaman di tempat kerja, serta ramah satu kepada yang lainnya, tidak memandang latar belakangnya, dari mana asalnya, apa warna , kulit dan agamanya. 

 Keberagaman itu tidak cukup, tetap harus diimbangi dengan keterlibatan kultur inklusif. 

 
IDN Media


Ketika hasil dari suatu pekerjaan tidak sesuai dengan apa yang direncanakan, sikap positif harus kita lakukan. Kita tidak perlu mencari kambing hitam kesalahan, siapa yang merencanakan atau ide siapa. 

Sikap yang suka menyalahkan orang itu tidak menghasilkan produktivitas kerja, justru sebaliknya. 

IDN Media mengharapkan kita memiliki pola pikir positif dalam keadaan apa pun. Sebaiknya kita bersikap positif terhadap siapa pun yang kita jumpai. Tidak mengambil sikap mudah menyerah, karena hal ini akan membawa suasana tidak baik dan mempengaruhi orang lain di sekitarnya. 

 
IDN Media


Keberhasilan suatu tim adalah kekompakan dan kemampuan bekerja sama antar sesama Anggota. IDN Media mengajak para Timmy untuk saling menolong dan mendukung bekerja sama agar pekerjaan berhasil dan sukses. 

 
IDN Media


Apresiasi atas keberhasilan pekerjaan menjadi hal yang utama . Penghargaan dan apresiasi atas keberhasilan Timmy akan membuat Timmy makin semangat untuk bekerja lebih baik.

IDN Media membangun budaya apresiasi dan kerja sama yang dibangun oleh suatu tim.

 
IDN Media


 Integritas yang diperkenalkan dalam kejujuran jadi hal yang sangat penting dalam pekerjaan. Tidak perlu ada orang yang memperhatikan, baik itu atasan atau siapa pun, tapi bekerja tanpa kejujuran adalah suatu hal yang sangat memalukan. Pentingnya integritas yang merupakan kejujuran tanpa dilihat oleh siapa pun jadi patokannya. 

IDN Media



Timmy yang merupakan aset dari IDN Media, mengenal dekat visi, misi, dan budaya perusahaan tempat dimana dia bekerja.  Timmy pasti memiliki Sense of belonging bahwa kesuksesan perusahaan jadi kesuksesan diri saya. Bekerja bukan semata-mata untuk memanfaatkan kepentingan pribadi. Tapi melihat kepentingan perusahaan di atas kepentingan pribadi.




IDN Media



2 komentar

  1. 10 poin penting ini sangat memberi insight untuk saya walaupun saya gak ngantor setidaknya dapat diterapkan dalam pekerjaan freelance yang menganggap bahwa klien kita adalah bosnya

    BalasHapus
  2. Saya takjub baru Kali ini Ada perusahaan yg perhatikan dengan lingkungan kerja karyawannya

    BalasHapus

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!