Umbul Sidomukti, Pesona Wisata Alam , Aman dari Covid19



Apakah kita semua sudah kangen  untuk berwisata karena selama hampir 4 bulan kita semua dikarantina. Namun, masih banyak diantara kita yang berpikir keras , amankah untuk wisata di saat covid-19 belum hilang? 

Beberapa temanku  mengatakan sudah pengin berwisata, tapi berpikir bagaimana  nanti saat pulang justru kita membawa virus Covid-19. Amankah tempat yang kita kunjungi ? Apakah tempat yang kita kunjungi benar-benar telah menerapkan protokol kesehatan untuk keamanan pengunjungnya. Jangan sampai liburan kita yang menyenangkan berubah menjadi liburan yang menyedihkan karena kita terpapar Covid-19.

Tak usah khawatir dan risau, Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, telah mendapatkan rekomendasi, uji coba dan verifikasi dari otoritas pemerintah setempat untuk dibuka kembali dengan menerapkan semua protokol kesehatan, pengunjung dicheck suhu badan, cuci tangan dengan sanitizer atau jaga jarak, beli tiketnya pun diusahakan dengan non-tunai. Bahkan tempat-tempat  wahana permainan dan tempat duduk bagi pengunjung dan tempat menginap pun telah disemprot dengan disinfektan. Kondisi ini pasti menjamin liburan kita akan aman dan menyenangkan.

Tak kenal tak sayang: 
www.hotelumbulsidomukti.com

Sudah lama kutinggalkan kota kelahiranku Semarang, hampir 40 tahun lamanya. Lima tahun yang lalu balik ke Semarang karena ibuku meninggal. Selama di Semarang, aku tidak sempat kemana-mana. Tapi sempat bertemu dengan seorang sahabat lama.

Dina (bukan nama sebenarnya) bertanya kepadaku: “Kapan mudik lagi? Ayo, ntar kita jalan-jalan ke Umbul Sidomukti!”

 Begitu mendengar nama yang asing kudengar, aku bertanya kepadanya: “Dimana tuch?”

Lokasi tepatnya di Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang. Rutenya jika berangkat dari Semarang dengan kendaraan pribadi, menuju ke Ungaran. Persis di pom bensin Lemah Abang, lalu berputar arah. Mencari gapura kawasan Candi Gedong Songo. Setelah mengikuti jalan, hingga Pasar Jimbaran, ada sebuah gang bertuliskan Umbul Sidomukti, masuk ke gang itu dan bertemulah Umbul Sidomukti. 

 Apa keunikan Umbul Sidomukti?

www.nativeindonesia.com

Aku masih penasaran dengan apa yang direkomendasikan oleh temanku. “Apa sich bagusnya kawasan wisata ini? Dulu, Bandungan yang kuingat hanya taman bunga yang kurang  terrawat”. 

 “Jangan underestimate!” kata Dina sambil menunjukkan foto-fotonya bersama keluarga berwisata ke sana , Begitu saya melihat foto itu, aku terpesona dengan keindahan alam. Kolam renang di atas awan, seruku.

Umbul itu berarti air yang mengalir dari lereng Gunung. Nach Umbul Sidomukti ini letaknya di ketinggian 1200 mdpl , di kaki Gunung Ungaran.

Air mengalir dari lereng gunung itu dimanfaatkan untuk dijadikan kolam renang. Kolam renang itu dipenuhi dengan air alami, dingin dan bersih . Dengan arsitektur yang unik, dibentuklah tiga kolam bentuk Waskom dengan kedalaman yang berbeda. Ada yang tingginya 1 dan 1 l/2 meter untuk dewasa dan l/2 meter untuk anak-anak.

Saat berada di atas teras kolam renang, pandangan mataku langsung tertuju pada panorama yang indah. Dikelilingi oleh pohon-pohon hijau bak permadani, Gunung Ungaran yang gagah megah berada di depan panorama dan awan putih menghias di atasnya. Semuanya bagaikan lukisan alam nan indah yang sempurna. 

Selesai berenang, tentu kita pengin mengexplorasi tempat kawasan  wisata Umbul Sidomukti .

 Wahana Pacu 


Gapura Wahana Pacu   Sumber:   google.com
Flying fox.    Sumber: google.com


Naik Sepeda.   Sumber:  google.


 Di sini ada tempat fasilitas untuk wahana flying Lembah, Flying Double, Marine Bridge, Highest Triangle, Sepeda Awan. Permainan ini memang jadi pilihan bagi mereka yang suka dengan pengalaman adventure. Meluncur, Bersepeda di atas ikatan tali sungguh pengalaman yang sangat membuat jantung berdegup keras sekaligus merasakan sensasi keindahan alam bukit.

 Flying Fox bermain dari  ketinggian 70 meter panjang lintas bisa mencapai 110 meter.  Sedangkan Marine Bridge, bermain dari jembatan dari tali yang digunakan untuk latihan para tentara tingginya mencapai 30-50 meter.

ATV trek terbaru untuk mencoba bermain keseruan yang mendebarkan , dapat kebut-kebutan di arena yang ditentukan.

High Triangle bermain dengan tantangan melewati jembatan segitiga dengan tingkat kesulitan masing.

Semua permainan itu tentunya, dilengkapi keamanan yang lengkap dari jaring-jaring hingga alat yang dipakai agar tidak terjatuh terpental.

Setelah puas bermain di wahana pacu, kita bisa menuju ke Little Ranch. 

 Little Ranch


Little Ranch    Sumber:  www.nativeindonesia.com

 Suatu peternakan sederhana dan kecil. Kita bisa melihat bagaimana peternak merawat kuda-kudanya. Kuda yang biasanya ditunggangi pengunjung pada saat week end, akan dirawat dan diistirahatkan pada week day. Selain itu ada perkebunan sayur dan bunga yang sangat menawan karena petani berkebun dengan baik. 

 Panahan

Jika kita memiliki hobi untuk olahraga panah, bisa mencobanya. Di tempat ini disediakan peralatan untuk pemanah dengan pemanah professional di sini.

Penginapan

Apabila kita sudah capai mengexplorasi seluruh kawasan wisata Umbul Sidomukti, Saatnya untuk istirahat. Tidak perlu mencari tempat penginapan di luar kawasan karena di sekitar kawasan ini tersedia lengkap penginapan yang dapat kita pilih.

Hotel Umbul Sidomukti 

Vila Cemara.  Sumber:  www.hotelumbulsidomukti.com

Pondok Wisata      Sumber:  www.hotelumbulsidomukti.com


 Dengan view yang eksotik , nuansa alam pohon yang kehijauan,dibelakangnya gunung Ungaran yang kokoh dan udaranya yang sejuk. Fasilitas lengkap, wifi, Taman Renang Alam, Restoran, Outbound Wahana & Little Ranch. Penginapan yang memiliki dua konsep yaitu Pondok Wisata dengan model resort (cottage) dan Pondok Panorama dengan konsep  villa.

 Pondok wisata memiliki 24 room dengan type standar superior dan Deluxe Room dan family room. Sedangkan Pondok Panorama villa dengan 3 tipe yaitu Small Villa, Medium Villa dan Villa Panggung , total berjumlah 13 vila dengan kapasitas dan bentuk bangunan berbeda-beda.

Pondok Kopi
Pondok Kopi    Sumber:  www.hotelumbulsidomukticom.

Sore hari bagi para milenial yang pengin menghirup udara segar jelang sunset sambil ngopi, tempat ini tepat untuk "hang out", ngopi santai menikmati segarnya pemandangan di udara yang dingin.


Ayo, sudah siap berwisata alam menawan dan aman dari Covid! 



“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog “Wisata Kabupaten Semarang Di Era Adaptasi kebiasaan Baru”. 

Tidak ada komentar