Nodi Harahap: Kunci Tulisan yang Efektif


Nodi Harahap: “Kunci Keberhasilan MEnulis, Tulisan yang Efektif” Menulis itu bukan hanya sekedar menulis. Menulis untuk mendapatkan kesempurnaan sesuai dengan KBI dan efektif sehingga dapat memuaskan diri dan pembacanya.

 Ada beberapa jenis tulisan yang perlu diketahui:

  • Laporan 
  • Blog 
  • Esai
  • Cerpen
  •  Liputan 
  • Tips and Tutorial
  • OPini 

Ketika Anda menulis salah satu jenis tulisan di atas, tentu hasilnya berbeda dengan yang lainnya. Baik itu dari segi gaya Bahasa maupun dari kontennya. Masing-masing jenis tulisan punya syarat yang harus dimiliki misalnya untuk cerpen, perlu kemampuan imajinasi yang kuat.

 Pola pikir yang benar:

Sebagai seorang maestro juara lumba, Nodi Harapap punya cara jitu untuk menerapkan pola pikir menulis yang benar. Seringkali ada tenggat waktu untuk suatu lomba. Tenggat waktu itu bisa seminggu-sebulan-dua bulan. 

Jika pola pikir kita kepada tenggat waktunya, tentu kita berpikir “wah masih lama waktu untuk menulis”. Namun, sebaliknya jika kita memiliki pola pikir bahwa “terbit” suatu karya itu tergantung dari waktu kita selesai, maka kita akan mempercepat waktu menulis. Begitu selesai menulis, kita akan mengatakan, inilah kelahiran dari karyaku. 

Jadi dengan perubahan pola pikir yang benar, tenggat waktu lomba masih lama, tetapi dapat kita selesaikan dalam waktu yang cepat  karena kita mengubah tenggat waktu dengan  kelahiran karyaku diterbitkan.

 Memperkaya wawasan : 

Dengan membaca tulisan orang lain dalam bentuk macam-macam (buku, laporan, literasi, media online) , mendengarkan pendapat orang lain, mencari inspirasi di luar rumah, maka tulisan kita akan lebih kaya , khasanah yang dianggit oleh orang lain. 

Jujur dan Kritis pada diri sendiri: 

Menulis bukan menulis status pada media sosial. Yang penting jadi, pendek dan tak perlu apa kontennya. Menulis harus penuh kesadaran dan penuh dengan kemampuan diri untuk menyelesaikan dengan sempurna. Kepuasan menulis saat tulisan kita dibaca oleh pembaca, ditayangkan dan diberikan penghargaan, dan mendapat penghasilan

 SAAT MENULIS: 

Kiat memainkan irama: 


Ada 6 cara yang dapat dibuat: 

  1. Irama yang tidak dapat dipaksakan 
  2. Tempo 
  3. Kejelasan atau penegasan 
  4.  Keingintahuan 
  5. Perasaan 
  6.  Efektif

 Ada beberapa contoh dari tulisan di atas seperti di bawah ini:




Contoh kedua:





Cara Memenggal kalimat dengna tepat:






Tidak ada komentar