8 Cara Memilih Pekerjaan di Pasar Pencari Pekerja

economy.okezone.com

Jika  anda punya skill dan pengalaman yang mumpuni, Anda mampu untuk jadi pemilih.  Anda dapat menghitung keuntungan untuk pekerjaan yang ditawarkan sesuai dengan posisi yang ideal yang anda minati.  Anda juga dapat memilih pekerjaan yang sesuai dengan kondisi pribadi dan tujuan karir Anda.

Jangan mengambil penawaran pekerjaan pertama yang Anda dapatkan, kecuali Anda memastikan posisi itu sudah  sangat sesuai  untuk karir Anda untuk tahap berikutnya.  LEbih baik , ambil waktu dan pastikan bahwa pekerjaan ANda adalah sesuai dengan yang Anda cari.
Inilah cara mengoptimasi kesempatan untuk memilih pekerjaan yang terbaik apabila Anda punya kesempatan.

8 tips untuk memilih pekerjaan di  Pasar Pencari Pekerja:

1.Tetap dalam pencarian pekerjaan: 

Anda harus terus menerus dalam kondisi pencarian kerja, Anda harus siap untuk mengambil kesempatan saat ada pekerjaan.  Menyimpan semua dokumen pekerjaan dengan kondisi terkini, terutama profil LInkedln.  Dokumentasikan semua kesuksesan pekerjaan Anda berdasarkan bulanan dan mengkompilasikan dengan resume.  Jika skill Anda memang banyak dicari,  Atasan akan mencari Anda untuk menawarkan posisi, persiapkan untuk menjawabannya dengan opsi-opsi.

2.Buatlah Profil dari pekerjaan dan atasan yang ideal :

Hal ini akan membantu anda untuk mengindentifikasi posisi yang menarik dan melewati pekerjaan yang Anda pikir tidak cocok.  Pikirkan tipe atasan yang sesuai dengan kepribadian dan cara kerja Anda.  Untuk melakukan ini, ceritakan secara rinci pekerjaan sekarang dan yang lalu yang Anda sukai dan tulislah.  Tanyakan kepada diri anda sendiri:  aktivitas apa yang memuaskan tentang pekerjaan Anda?  Apa yang Anda coba hindari untuk pekerjaan selanjutnya:  APa yang Anda inginkan dalam hal keseimbangan dalam pekerjaan.

3.  Elemen apa saja yang Anda sukai dalam suatu pekerjaan?  

Anda juga mempertimbangkan apa yang hilang dari pekerjaan Anda sekarang ini.  Sebagai contoh, jika Anda menyukai mengatur event, apakah anda melakukan pekerjaan mengatur event dalam pekerjaan sekarang ini?  Mungkin , pekerjaan saat ini menawarkan tidak cukup kesempatan untuk lebih maju, atau atasan Anda terlalu otokrasi tidak memberikan kebebasan untuk membuat keputusan dan rencanakan alur kerja anda.

4.Pertimbangkan pekerjaan yang sempurna.

Kerjakan assessmen karir online yang membantu identifikasi nilai, keinginan, ciri-ciri kepribadian pada pekerjaan yang Anda inginkan.  Anda mungkin ingin melibatkan konselor karir jika Anda menghadapi kesulitan untuk mengindentifikasi kunci aspek dari karir Anda yang ideal.  Jika Anda mengimpikan untuk bekerja di suatu perusahaan, inilah waktunya Anda untuk menghubunginya.

5.Mengetahui Nilai Anda:

Salah satu dari keuntungan untuk dapat menjadi “orang yang dicari cukup laku” adalah dengan membuka kesempatan untuk menaikan kompensasi Anda.  Riset berapa besar nilai Anda dari sumber tentang gaji secara online, survei yang dilakukan oleh organisasi professional dan jaringan informal dengan teman-teman professional.   Review semua tim untuk menentukan berapa besar Anda berharga.

6. Apakah Anda menginginkan lebih banyak mendapatkan uang?

Jika Anda benar-benar menginginkan, pertimbangkan untuk kenaikan atau pindah ke pekerjaan yang mendapatkan kompensasi lebih besar. Dalam beberapa hal, penawaran yang menggiurkan atau perubahan pekerjaan adalah satu-satunya untuk menjamin peningkatan gaji Anda.  Tetapi ingat Anda tidka boleh mengancam atansan  jika Anda tidak siap pindah bekerja.  Anda tidak ingin kehilangan pekerjaan sebelum Anda sendiri siap untuk pindah.

7. Menambahkan skill:

Jika pekerjaan yang anda cintai mempersyaratkan skill dan pengetahuan yang tidak Anda sepenuhnya miliki atau Anda tidak ingin memperluas kemampuan untuk tanggung jawab yang lebih besar, maka kemungkinan kecil Anda dapat kesempatan.  Sebaliknya Anda harus mengexplore apakah kesempatan untuk menambah skill itu diberikan traning atau pelatihan oleh perusahaan.  Jika ya, apakah atasan setuju untuk membayarkannya.

8.Membantu perekrut menemukan Anda.

Ketika situasi kekurangan pekerja, para atasan menjadi proaktif dalam rekrutmen kandidat yang pasif. Para perekrut banyak menggunakan Linkedln dalam pencarian calon kandidat yang tepat dicarinya.  Pertimbangkan agar perekrut membantu Anda menemukan job yang ideal tetapi juga memastikan agar mereka tidak menentukan tujuan mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang sedang mereka cari.  Kembangkan profil Linkedln yang lengkap, buatlah terkini dan pekerjaan anda di masa datang sebelum anda menemukannya.

Tidak ada komentar