Optimalkan Teknologi Informasi Saat Pandemi



Dampak Covid-19 telah terjadi perubahan sosial ekonomi yang besar  di Indonesia.  Teman-teman dekat saya harus melakukan shifting paradigma saat perubahan ini.

Teman-teman saya ini ada yang memiliki perusahaan, ada yang punya toko kuliner secara offline, ada yang buka play group dan ada pula yang berprofesi sebagai guru. Ketika pandemi terjadi, aktivitas pekerjaan yang dulunya sebagian besar dilakukan di luar rumah, dipaksa oleh keadaan menjadi online

Paradigma dan mindset segera mengikuti perubahan ini agar aktivitas tak berhenti karena adanya perubahan ini. Mengikuti perubahan tidak hanya mindset saja, tetapi harus juga diikuti kemampuan dan kreativitas untuk  merubah aktivitas luar rumah menjadi aktivitas di dalam rumah.

Ketika melakukan aktivitas di dalam rumah, kreativitas pun harus dikembangkan. Seorang teman saya yang punya offline kuliner itu terpaksa harus memutar otaknya. Pola lama yaitu  dulunya menerima tamu atau langganan datang ke kafenya. 

Sekarang ini, agar roda ekonomi keluarga tetap berjalan, dia harus merubah pola pemasarannya. Dia tak lagi memasarkan kuliner yang  dijualnya secara offline, tapi diganti dengan online.

Tapi dilematisnya, bagaimana jika dia tak punya “rumah online”, website, domain dan hosting yang dibutuhkan. Dia  bertanya kepada saya: “Kamu sudah punya rumah online?” Saya jawab: “Oh, saya sudah memiliki blog, tempat karya saya dalam penulisan dituangkan. 

Juga semua kegiatan sebagai penunjang  dari tulisan pun kadang-kadang saya buat video dan diupload ke tulisan saya”. Lalu gayung bersambut, dia segera menghubungi saya untuk bertanya apa itu domain,  hosting dan bagaimana  memilikinya. 

Secara  sederhana saya jelaskan kepadanya tentang hosting. Analogi yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, hosting merupakan tanah tempat bangunan itu berdiri. Semakin luas tanahnya, semakin leluasa itu kita membangun.

Nach hosting itu adalah provider atau penyedia hosting dimana kita dapat menyewanya. Sekarang apa itu domain? Kembali kepada analogi, jika di atas,  bangunan dan tanah itu pengertian hosting. Maka bangunan di atas tanah itu adalah website, sementara alamat bangunan tersebut adalah domain. 

Ketika dia sudah mengerti dan mempraktekan untuk memiliki website, hosting dan domain, yang sangat membantu dalam kegiatan penjualan kulinernya, dia pun sedikit lega. Penjualan kuliner yang sempat turun drastis kembali terangkat. 

Bagi saya sendiri, kegiatan menulis saya makin meningkat karena waktu untuk bekerja jauh lebih banyak ketimbang jika kita harus mencari sumber referensi dengan keluar rumah, atau bertemu dengan nara sumber yang harus ditemui di luar rumah. 

Saya cukup menggunakan dan memaksimalkan “zoom” meeting untuk bertemu dengan nara sumber. Selesai itu, segera menuliskan hasilnya di blog saya www.inatanaya.com dimana saya telah membeli domain ini sekitar hampir 5 tahun dari Qwords. 

Produktivitas kerja jadi semakin meningkat dengan adanya teknologi seperti domain, hosting dan internet. Jadi saya tak mau lesu dan ketinggalan dengan yang lainnya. 

Nach, yang kepingin agar produktivitas meningkat saat new normal, Anda semua perlu menyiapkan diri  untuk memiliki website tempat usaha, hosting dan domain yang dapat menunjang segala aktivitas anda.

Mengenal Qwords: 

Qwords merupakan  Top 5 Cloud Hosting Company di Indonesia.  Dikenal sebagai penyedia jasa Web Hosting yang dipercaya dengan harga terbaiknya, memiliki produk-produk unggulan yang dapat Anda beli:

Cloud Hosting terbaik yang ditawarkan oleh Qwords dapat optimalkan traffic website Anda dengan gunakan teknologi cloud hosting Indonesia dengan layanan unggulan Qwords dan Hosting murah.

Fitur keunggulan Hosting  Qwords: 

 1. Unlimited Hosting: 

     - Free Domain & SSL Certificate dengan Uptime Server 99,99% 
     - Didukung website Building dan Web Accelerator 
     - Module LSAPI PRO + CRIU 
     - Garansi 30 hari uang kembali 

 2. High Performance Cloud Hosting

     - Teknologi Ultrafast SSD 
     -  Fitur Keamanan ekstsra dan terintegarsi di cPanel Hosting 
     -  Penambang Ekstra NodeJS dan Git Versial Control buat Dev-friendly 
     -  Didukung Cloud Performa Addon (CPA) 

3. WordPress Hosting 

     - Cloud Based Hosting, skalabilitas lebih tinggi 
     -  Ultrafast SSD Storage : system backup mingguan dibuka otomatis
     - Optimasi WordPress: Ekstra Cloud POP untuk performa terbaik

Selain Hosting, kita tentunya perlu domain.  Untuk memilih, silahkan  cek domain yang terbaik untuk Anda miliki . Domain merupakan brand yang mempresentasikan kegiatan atau bisnis Anda. Pilihlah yang terbaik sebelum memilikinya.

Fasilitas domain yang tersedia di Qwords adalah berikut ini: 

  • Daftar Domain: Nama domain terpopuler sebelum dibeli orang lain. Ada tambahan 500 eksistensi domain yang dapat digunakan. 

  • Domain Premium ID:   Domain karakter khusus, unik, pendek, paling dicari orang.

  • Persyaratan domain Id: Bagi peminat domain id, terdapat persyaratan dan peraturan yang perlu dipatuhi. 

  • Transfer Domain: Pemindahan domain aktif ke Qwords dan harga hemat setiap perpanjangan 


Covid-19 telah membuat perubahan , perubahan yang bisa diadaptasi dengan optimalkan teknologi. Inilah kesempatan emas bagi Anda untuk gunakan website, hosting dan domain di Qwords.                                                                                 .

Tidak ada komentar