Digital Marketing, Kunci Sukses untuk Promosikan Produk Anda

Sumber: MarketingLand.com


Berjualan atau berdagang offline dan online sangat beda hasilnya. Tetapi ingat bahwa berdagang online pun tidak selalu sukses atau berhasil menggaet nasabah. Tips Digital marketing jadi solusinya.

Ada yang mengeluh kenapa sudah berusaha memasakan lewat sosial media, sudah menggunakan influencer yang terkenal, tetap hasilnya kurang berhasil. 

Tips agar pemasaran secara digital marketing itu berhasil, Anda harus menyadari bahwa saat ini pengguna mobile /gadget dengan media sosial  telah mencapai 91%, sementara untuk pengguna gadget tanpa media hanya 60%,  yang lainnya gunakan media telekomunikasi lainnya seperti TV dan radio masing-masing 22% dan 8%. 

Mengapa harus menggunakan digital marketing: 

  1.  Mudah
  2.  Luas 
  3.  Tertarget 
  4.  Murah 
  5.  Efektif 
  6.  Fleksibel
  7.  Trend 
  8.  Terukur 
  9.  Saleable
  10.  Kebutuhan 

Tingkat Traffic dari Kampanye Marketing itu akan menghasilkan referrals, repeat purchase, new customer dan Hot Leads .

Tahap Digital Marketing meliputi 4 hal yaitu Awareness, Interest, Desire dan Action atau sering disingkat dengan AIDA. 

Awareness: 

Menarik perhatian kepada calon pembeli baik dalam bentuk “images”, sounds , voice di satu layar. 

Interest:

Memberikan informasi yang detail , harga, persediaan, dan fitur-fitur yang sangat bagus 

Desire: 

Setelah ada minat, maka timbulkan keinginan dari calon pembeli dalam bentuk kata-kata yang sangat menggugah calon pembeli.

 Action:

Suatu tindakan agar pembeli memutuskan membeli karena pengaruh perkataan yang membujuk, waktunya terbatas, harga hanya sampai tanggal sekian. 

Pertumbuhan atau perkembangan penjualan bukan hanya sekedar di awal saja. Harapannya agar tetap langgeng. 

Namun, apa daya pesaing itu sangat banyak. Mereka punya strategi yang hebat. Agar kita tidak kalah dengan kehebatan mereka, kita pelajari juga :

Traffic:

Artinya traffic yang datang dari pebisnis atau marketer itu sendiri, caranya dengan email maupun nomer handphone

Memiliki database dari 1500 kontak maupun email, maka data ini sangat ampuh untuk dijadikan target market atau prospek.

Paid Traffic: 

Salah satu sumber traffic adalah dengan membayar. Anda membayar sejumlah uang kepada pihak kedua atau ketiga untuk membawa traffic yang mereka miliki ke website Anda. Contohnya: Anda berlangganan FB Ads, dimana Anda membayar kepada Facebook, sehingga website Anda akan muncul di timeline pengguna Facebook. Selain itu : IG Ads, Google Ads. 

JV Traffic:

 Artinya Joint venture, kegiatan mendatangkan pembeli dengan menggunkan jasa phak database konsumen yang besar. APabila keberhasilan penjulan, pemilik produkk memberikan sebagian keuntungan dengan pihak yang berhasil mendatangkan konsumen.

Untuk memberikan motivasi yang lebih tinggi, seringkali diadakan kontes bagi para JV affiliate untuk menjualproduknya. Contohnya System Reseller, Distributor, Dropship.

Free Traffic: 

Free traffic ini didapatkan dengan mengakses berbagai media sosial media yang digemari public. Anda bebas mempromosikan website atau produk di media sosial tersebut. Contoh, Facebook, Instagram, Whatsapp, Telegram, Line, Yotube, SEO 

Google Bisnisku: 

Jangan lewatkan kesempatan untuk gunakan fitur gratis yang memungkinkan Anda promosi profil bisnis dan situs bisnis Anda di Google Penelusuran dan Google Maps.

Manfaat dari Google bisnisku, Anda dapat melihat dan menjangkau pelanggan, memposting pembaruhan ke Profil Bisnis, dan melihat cara pelanggan berinteraksi dengan bisnis Anda di Google. 

Langkah-langkah untuk mempromosikan dan menghasilkan dengan cepat:

1. Temukan produknya (baik milik sendiri atau orang lain). 
2. Pasarkan iklan produk di berbagai saluran: (wa, katalaog di WA Bisinis, Iklan di berbagai media sosial, Akun IG jadikan akun bisnis, jualan di OLX iklankan, Daftar Google Bisnisku Iklankan 

Yang terakhir tetapi yang menentukan adalah ACTION.  Tanpa ACTION, semua yang telah Anda pelajari akan sia-sia saja.

Sumber:  Cara Mudah Pemasaran Secara Digital Marketing oleh Suwandi Hernawan

Tidak ada komentar