Cerdas Memilih Masker Ditengah Pandemi

Masker.  Sumber:  dinisehat.id



Seberapa sering kita menggunakan masker dalam aktivitas keseharian kita? Apabila memiliki aktivitas sering ke luar rumah, sebagai contoh kita sering gunakan saat naik motor untuk menunjang aktivitas, sebaiknya gunakan masker untuk hindari polusi dan debu tersebar di udara.

Namun, apakah hanya itu fungsi masker?

Ditengah merebaknya pandemi virus Covid-19, hampir semua orang di seluruh negara, wajib gunakan masker sebagai alat pelindung diri (baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain). 

Di Indonesia sendiri, masker jadi alat pelindung diri yang awalnya sulit dicari. Tapi setelah itu orang berlomba-lomba menciptakan masker dengan aneka kreasi. 

Tentunya penciptaan masker itu harus mengindahkan faktor higienis dan kenyamanan bagi pemakainya. Tetapi kita harus mengingat bahwa jenis masker yang dibutuhkan sesuai dengna profesi itu sangat berbeda. Contohnya untuk tenaga medis mempunyai standar masker yang berbeda dengan masyarakat umum. 

Seringkali ada kesalahan dari masyarakat dalam penggunaannya. Pengguna masker memakainya dalam jangka waktu lama, sehingga mereka mengeluh tidak nyaman disertai rasa sakit di bagian telinga akibat tekanan dari tali elastis yang ketat sehingga terkadang pemakai melepas masker yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan ketika memakai masker terlalu lama. 

Untuk menghindari sakit  di telinga, gunakan masker tali elastis yang lebih lebar, lembut dan lentur sehingga nyaman dalam waktu lama tanpa terasa sakit di telinga.

Selain itu area masker yang lebih lebar sehingga menutup lebih sempurna. Juga masker untuk yang aman untuk keseharian adalah memiliki 3 lapisan proteksi yang lebih tebal dibandingkan dengan masker sejenis lainnya

 Lapisan paling luar adalah Hygienic Breatable Macro Sheet yaitu lapisan tembus udara yang higienis untuk menayaring debu dan partikel kasar dan memiliki sifat anti air yang efektif menahan droplets. 

Lapisan tengah adalah Meltblown Non-woven Filter Sheet adalah lapisan filter berkualitas surgical grade yang mampu menyaring bakteri dengan angka BFE (Bacterial Filtration Efficiency) kurang lebih 95% efektif menyaring percikan cairan (droplets) yang keluar saat batuk maupun bersin.

 Lapisan dalam adalah Hygienci Breathable Sheet, lapisan lembut yang higienis untuk menyalurkan udara bersih dan berfungsi untuk menyerap cairan yang keluar dari mulut. 

Nach dengan belum berakhirnya Covid-19, kita perlu menaati peraturan pemerintah untuk tetap disiplin memakai masker, melakukan physical distancing dan tidak keluar rumah, dan selalu senantiasa mencui tangan sehabis beraktivitas atau memegang sesuatu.

Tidak ada komentar