Peluang Bisnis Saat Pandemi Covid-19


Seorang wiraswasta sekaligus pendiri platform startup Bahaso, Tyovan Ari Widagdo mengatakan bahwa ada peluang bisnis di sektor bisnis startup yang menguntungkan di era pandemi Covid-19 . 



HasMaero.com

Peluang itu adalah e-commerce, edutech dan kesehatan. Sesuai dengan kondisi pandemi yang membutuhkan banyak informasi tentang kesehatan dan informasi maka ada beberapa kenaikan bisnis yang cukup signifikan untuk platform kesehatan online seperti Halodoc. Halodoc menjadi popular karena membantu pulbik yang ingin berkonsultasi dan diagnosis online.

Selanjutnya bisnis e-commerce juga menjadi kebutuhan utama publik dalam bertransaksi di masa pandemi Covid-19 mengingat masyarakat takut berbelanja secara langsung.  Warga banyak melakukan pembelian beberapa kebutuhan kesehatan pun dilakukan secara online melalui platform e-commerce seperti yang begitu banyaknya mulai dari tokopedia sampai bukalapak, lazada dan lainnya. 

E-commerce bukan hanya yang sudah mapan saja yang bergerak naik, tapi juga mereka  yang baru berkecimpung dalam e-commerce lokal pun mulai bermunculan terutama bergerak dalam bidang kebutuhan sembako. 

Anak-anak muda dibeberapa kota membuat platform-platfom  e-commerce untuk membantu proses pembelian barang dari konsumen ke pasar. Nach ada satu startup yaitu Collaboration Tools seperti aplikasi Zoom dan GotoMeeting juga menjadi popular di saat pandemi Covid 019. 

Peluang di sektor ini diambil oleh perusahan-perusahaan asing mengingat di Indonesia sendiri masih sedikit atau bahkan tidak ada pelaku yang memanfaat peluang bisnis startup collaboration Tools. 

Selain itu ada start up di sektor agrikultur seperti platform TaniHub yang juga sedang popular, kemudian bisnis start lainnya juga sangat disukai yaitu sektor education technology atau edutech seperti Ruangguru, Zenius. Belajar di rumah jadi alasan utama anak-anak memilih untuk belajar daring dengan gunakan platform yang direkomendasikan oleh guru atau mendapatkan ilmu dari start-up. Itulah alasan mengapa para startup sektor education pun diburu oleh mereka yang ingin belajar di rumah dengan cara online

Nach, bagi yang ingin memulai bisnis start-up dalam bidang yang digunakan secara massif saat pandemic, dapat mencobanya .

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!