Jangan Kecewa Jika Tidak Mudik #JanganMudikDulu



Mudik memang sudah merupakan tradisi yang melekat bagi semua warga Indonesia yang punya keluarga besar atau ayah/ibunya atau ayah/ibu mertua , kerabat di kampung. Mudik merupakan puncak dari  Lebaran.   Ikatan emosional itu seringkali tidak memperhatikan apakah biayanya tinggi, risiko besar .

Ada yang melakukan beberapa minggu sebelum Lebaran, tetapi ada juga yang melakukan beberapa hari sebelum jelang Lebaran.

Mereka merasa tidak afdol jika dilarang mudik.  Namun, dalam kondisi covid-19 dimana Pemerintah sudah melarang untuk mudik.  Apabila kamu mudik artinya kamu yang berasal dari zona merah, membawa virus ke tempat kampung.

Akibatnya, ketika kita  bertemu dengan ayah/ibu orangtua atau siapa saja yang di kampung ,  tiba-tiba mereka jadi sakit.   Suasana yang gembira untuk rayakan Lebaran jadi berubah menjadi suasana menyedihkan.   

Apabila kamu masih ngotot dengan mengatakan, loh aku sehat begini kok dibilang sakit. Kamu harus membuktikan bahwa kamu sehat dengan rapid test atau CPR . Seseorang bisa saja dikatakan sebagai sehat tapi sebenarnya dia pembawa virus atau sering disebut “carrier”.

Mudik Online:
kompasiana.com


Lalu bagaimana kalo kamu sangat kangen untuk tetap bertemu dengan orang yang kamu cintai. Tentu dapat digunakan berbagai cara.

Sekarang ini ada video call, skype, atau whatsapplication. Di WA ada fitur yang dinamakan video call , jadi kamu bisa bicara sepuasnya tanpa biaya dengan orang yang dicintai. Bahkan sekarang dikenal dengan sungkem online yang tak kalah pentingnya dengan sungkem tatap muka.

Lalu kapan dong bisa mudik?

Ada waktunya karena pemerintah pun telah memberikan waktu untuk liburan Lebaran di akhir tahun. Jadi bagi kamu sebagai pekerja pun tidak perlu khawatir untuk bisa mudik di akhir tahun.

Menunda Mudik berarti bukan tidak mencintai, tetapi menunda hawa nafsu agar orang di rumahmu/desamu tidak tertular Covid-19 yang mematikan. Jadi janganlah mudik, seperti kami semua sudah sepakat tidak  mudik. Cukup STAY AT HOME.

Tidak ada komentar