Ide Kegiataan Saat Puasa



Ide kegiatan puasa saya bagi menjadi dua. Yaitu kegiatan rutin dan non rutin.

Untuk kegiatan rutin, bisanya untuk ibu-ibu seperti saya, sehabis sahur, sambil menunggu waktu agak siang bisa mengaji. Lalu, setelah agak siang, bisa berbelanja. Lalu pulang memasak untuk makanan puasa.

Setelah itu membersihkan rumah atau kegiatan ke bank dan lain-lainnya.

Untuk yang non rutin:

Saat ini diberlakukan PSBB saat covid-19 sehingga ngabuburit itu sulit sekali dilakukan di luar rumah. Di luar rumah kegiatannya bisa dilakukan secara bersama-sama teman untuk berburu makanan untuk buka puasa, mendengarkan lagu, mendengarkan ceramah sore yang biasanya disajikan pelbagai ustadz.

Nach, sekarang kita sudah seharian di rumah. Tapi waktu jelang buka itu sebenarnya, kita harus pakai untuk sesuatu yang benar-benar bisa mengisi waktu bukan hanya membuang waktu. Waktu singkat itu tentunya bisa dipakai kegiatan yang bermanfaat.

Berikut ini adalah kegiatan yang seru , pilih yang kamu sukai agar ngabuburit tetap bermanfaat:

Mengaji dan menghafal Al-quran:
Muslim Clip Cart


Tujuan puasa bukan sekedar menahan lapar dan dahaga saja. Tetapi waktu yang baik sekali untuk mendekatkan diri dengan Allah. Segala niat untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda diusahakan. Untuk amalan pun diperbanyak.

Begitu juga dengan amalan doa-doa kita diperbanyak pada saat puasa. Sambil menunggu buka puasa, dapat diisi dengna mengaji dan menghapal Alqur’an. Jika satu hari hafal 10 ayat, maka pada akhir puasa, kita bisa menghafal 300 ayat.

Ikut kegiatan sosial secara online:
decrayon.id


Saat puasa, memang kita tidak bisa melakukan kegiatan di luar rumah, atau di masjid. Semuanya serba di rumah saja. Tapi hal ini tak menyurutkan dirimu untuk ikut serta membantu kegiatan sosial yang diadakan oleh komunitas atau masjid saat berpuasa dengan cara online.

Kamu bisa jadi relawan dengan membantu pembuatan design, atau buat program/ide yang bisa diimplementasikan. Misalnya untuk dana atau donasi yang sedang digalang. Ikut memikirkan narasinya, grafisnya dan membantu share kepada teman-teman komunitas lainnya.

Ide ngabuburit kreatif Kegiatan membuat novel:
bing.com

Kenapa tidak? Seharian berada di rumah, dimana biasanya kita bekerja itu dikurangi dengan lamanya perjalanan dari rumah ke tempat kerja dan sebaliknya. Sekarang kita bisa full time di rumah. Waktu luang yang sangat berharga itu bisa kita gunakan secara maksimal untuk buat novel yang menginspirasi.

Apalagi di masa Covid-19 ini banyak ide terlintas dengan cemerlang. Dalam kesunyian atau tanpa gangguan dari orang di sekitar kita, kita mampu untuk produksi 1 novel , gunakan waktu ngabuburitmu untuk menuangkan ide-ide novelmu.

Jualan online:
www.bing.com


Nach, urusan jualan bisa jadi salah satu ide untuk menghabiskan waktumu. Apabila kamu sudah pernah membuat jualan secara online? Kenapa tidak dilanjutkan. Ada pula yang baru mau mulai, lakukan dengan serius dan cari ide kreatifmu dalam menjual makanan yang berbeda dengan yang lainnya.

Membuat streamline atau video:

Ada seorang teman yang hobi masak, tetapi tidak bisa buat video. AKhirnya, ketika dia memasak, saya berikan arahan anaknya untuk membuat video measaknya. Nach saat jelang ngabuburit dengan mengedit video yang masih dalam bentuk aslinya. Lalu setelah selesai, barulah diupload di youtube kepunyaannya. Nach, dia bisa berbagi kepada teman-temannya tentang hasil masakannya.

Tidak ada komentar