10 Tips Penderita Covid-19 yang Dirawat di Rumah



Orang yang terinfeksi virus covid-19 tidak seluruhnya dirawat di rumah sakit. Pasien suspect virus corona masih diperbolehkan untuk melakukan rawat jalan alias dirawat di rumah.

Biasanya yang dirawat di rumah hanya mengalami sakit ringan, misalnya batuk saja. Sementara itu, yang mengalami sakit berat diharuskan dirawat di rumah sakit. Komposisi penderita yang sakit ringan pun lebih banyak daripada yang sakit berat.

Kira-kira hanya 20 persen dari penderita yang mengalami penyakit berat. Menurut WHO, gejala ringan itu meliputi demam ringan, batuk, hidung meler, atau sakit tenggorokan tanpa disertai sesak nafas. Selain itu, pasien juga tidak mengalami gejala mual, diare, hingga muntah.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika penderita Covid-19 harus menjalani isolasi di rumah?

1. Karantina ketat

Bila sedang dalam masa karantina, patuhilah masa karantina. Tetaplah berada dalam kamar yang terpisah dari anggota keluarga yang sehat.

2. Hindari kontak fisik

Batasi interaksi fisik dengan orang lain, apalagi orang lanjut usia, orang yang sedang sakit, atau orang dengan penyakit peserta (diabetes, penyakit jantung, paru-paru, atau kanker).

3. Usahakan toilet terpisah

Riset bahwa virus corona bisa menular lewat kotoran, maka sebaiknya gunakanlah toilet terpisah dengan anggota keluarga yang sehat. Jika tidak bisa, selalu jadilah orang terakhir yang menggunakan, untuk kemudian dibersihkan dengan cairan disinfektan.

4. Perhatikan sirkulasi udara

Pilih kamar yang punya jendela terbuka ke luar rumah. Buka jendela pada pagi dan sore hari selama 15 sampai 30 menit agar terjadi pertukaran udara dan sinar matahari bisa masuk. Bersihkan juga kipas angin dan AC serta jendela secara berkala.

5. Pisahkan alat makan dan mandi

Hindari pemakaian bersama alat makan. Saat makan pun lebih baik terpisah. Begitu juga dengan alat mandi. Lalu, pisahkan juga pakaian kotor dalam keranjang cucian yang tertutup.

6. Hati-hati dengan dahak

Jangan buang dahak dan ingus sembarang. Buanglah di wastafel atau di toilet. Begitu juga dengan tisu bekas menyeka mulut, masukkan dalam tempat sampah tertutup.

7. Bersihkan rumah lebih sering

Rajinlah mengepel lantai rumah. Gunakan kain pel basah dengan pembersih lantai biasa. Lap juga barang yang biasa disentuh dengan cairan disinfektan. Lakukan hal ini secara merinci hingga detail yang tidak terlihat.

8. Jaga kondisi tubuh

Walaupun sebagai penderita, cuci tangan lebih sering harus tetap dilakukan. Gunakan sabun dengan air mengalir. Lalu, tidurlah yang cukup dan makan makanan bergizi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Cukupi kebutuhan air minum pada tubuh.

9. Jaga kesehatan mental

Jangan stres jika dinyatakan positif. Tetap lakukan hal yang menyenangkan diri. Jangan terlalu sering membuka media sosial dan mengonsumsi berita yang mengkhawatirkan. Mulai kerjakan hal yang sesuai hobi.

10. Teratur minum obat

Kamu sedang sakit, jadi wajar harus minum obat. Taati aturan pakai dan waktu minumnya.

Sumber:  Info Bintaro

Tidak ada komentar