Tindakan Preventif Agar Terhindar Virus Covid-19


Covid 19 adalah suatu pandemic virus yang penyebarannya sangat cepat dari sebuah droplet yang disemburkan dari seseorang yang sudah terpapar Covid-19. Untuk menghindarinya sebenarnya sangat sederhana dan mudah.

 Namun seringkali dianggap remeh oleh mereka yang tidak paham tentang pentingnya melakukan hal-hal berikut ini:

1.Physical Distancing:


Menjaga jarak antara seseorang dengan yang lain paling sedikit 1 meter. Ketika sedang dalam antrian apa pun, baik di bank, apotik, dokter, belanja, di stasiun kereta api atau aiport.

 Jarak ini sangat penting karena droplet yang bisa membuat orang tertular itu jaraknya paling sedikit 1 meter. Begitu kita dekat dengan orang yang sedang terpapar, dan kita tidak melakukan social atau physical distancing maka dengan mudah virus berpindah atau bermutasi ke tubuh kita.

Jangan sok yakin jika kita selalu sehat, karena kesehatan dan imunitas kita tidak bisa kita lihat dengan kacamata biasa.

2.Masker:


Masker memang jadi pelindung utama dalam menjaga pertahanan tubuh kita dari orang yang sedang terpapar.Gunakan saat berada di luar ruangan maupun dalam ruangan.

 Bagi yang bekerja di lapangan hal ini sangat penting. Bagi yang bekerja di dalam ruangan , harus menggunakan masker ketika bertatap muka dengan orang lain. Kita tidak tahu dimana persisnya virus itu berada, apakah terbuang di tanah tempat orang itu bersin, atau justru di tempat dekat kita misalnya di handphone yang sedang kita pegang, atau di tangan.

Ada banyak kasus dimana dokter-dokter yang sedang berhadapan dengan pasien pun, sekarang ini selain harus memakai masker, juga harus memakai Alat Pelindung Diri.

3.Cuci Tangan :

Cucilah tangan dengan sabun biasa dengan air yang mengalir selama 21 detik. Caranya juga harus benar dengan memberishkan seluruh jari-jari tangan di atas dan dibaliknya. Harus sering melakukan cuci tangan setelah memegang benda seperti kunci, pegangan pintu, berhadapan dengan orang, membeli barang-barang atau sayur mayor, atau membersihkan benda-benda keras lainnya.

4. Hindari tatap muka :

Setiap bisnis yang sekarang ini dijalankan harus menghindari tatap muka dengan orang. Oleh karena itu usahakan untuk gunakan online sebagai pengganti bertatap muka. Usahkan agar bekerja , belajar dan beribadah secara online untuk menggantikan bertatap muka atau bertemu dengan orang lain.

5.Alat Pelindung Diri:

Bagi para petugas medis, gunakan alat pelindugn diri yang telah disetujui oleh WHO atau Kementrian Kesehatan. Penting sekali karena Anda adalah garda terdepan untuk berhadapan dengan pasien yang sedang terpapar Covid. Keamanan dan perlindungan diri jadi utama agar Anda sendiri tidak terpapar dan jadi korban.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!