Bagaimana Kamu Bisa Menerapkan Physical Distancing


Jaga Jarak, bukan Berarti Jauhkan Diri dari PErtemanan, RElasi dan keluarga Jaga jarak merupakan salah satu cara agar kita terhindar dari Covid-19 .

Bahkan kita membantu diri kita untuk tidak menjadi carrier walaupun kita tetap sehat. Namun, ada banyak orang yang menyalah-artikan bahwa jaga jarak artinya kita tidak boleh dekat secara pribadi dan menjauhkan diri dari pertemanan dan keluarga.



WHO yang awalnya memperkenalkan frasa “social distancing” ternyata mendapat tanggapan bervariasi dari warga. Salah satunya adalah mereka menganggap bahwa mereka tidak boleh lagi berinteraksi atau berkomunikasi, berinteraksi dengan teman, keluarganya. Untuk memperbaiki frasa yang salah "social distanding" diganti menjadi  Physical Distancing".

Inilah komentar dari WHO:
"Social distancing atau jarak sosial terdengar seperti orang-orang harus berhenti berkomunikasi satu sama lain."

"Sebaliknya, kita harus menjaga sebanyak mungkin komunitas yang dapat dijaga selama melakukan physical distancing atau jarak fisik," kata Profesor Sosiologi di Universitas Stanford AS Jeremy Freese sebagaimana dikutip Al Jazeera.

Padahal arti sesungguhnya adalah mereka ini apabila diketahui sebagai Orang yang Dipantau atau Orang Dalam Pengawasan (ODP) , mereka diminta langsung untuk mengisolasi diri atau mengkarantina diri di rumah selama 14 hari.

Bagi yang masih sehat diminta agar mengatur jarak 1 meter antar orang apabila kita sedang mengantri di bank, apotik, rumah sakit, stasiun , belanja di supermarket, dimana pun berada. Jarak satu meter merupakan patokan baku dari WHO yang mengantisipasi apabila ada droplet yang jatuh paling dekat adalah satu meter untuk dapat bermutasi dari satu orang ke orang lain.



Jika semua orang bisa mematuhi hal ini tentu, kita tidak mudah terpapar virus Covid-19.

Lalu, bagaimana jika di rumah?

Usahakan jika kamu punya ruang bagi anak-anak tersendiri , untuk orang tua , ada kerja untuk khusus orangtua.  
Sulit untuk dikerjakan, tapi jika mau disiplin bisa saja melakukannya. 

Demi kesehatan,  jaga jarak dan tetap jaga relasi. 

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!