Apa CoronaVirus


Penyakit coronavirus (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus baru yang belum teridentifikasi sebelumnya pada manusia. Setelah adanya penyebaran virus di Wuhan, China di bulan Desember 2019, barulah kita semua mengenal covid-19.

Virus ini menyebabkan penyakit saluran pernapasan (seperti flu) dengan gejala seperti batuk, demam, dan pada kasus yang lebih parah, pneumonia. Anda dapat melindungi diri Anda dengan mencuci tangan secara rutin dan menghindari menyentuh wajah Anda.

Cara penyebaran

Penyebaran utama coronavirus baru ini adalah melalui kontak dengan orang yang terinfeksi saat mereka batuk atau bersin, atau melalui tetesan air liur atau cairan hidung.

Bagaimana melindungi diri dari Covid 19

  • Kita harus mengikuti informasi yang terpercaya dari WHO dan Departemen Kesehatan tentang Covid 19. Beberapa negara yang juga mengalami penyebaran Covid 19 juga memberlakukan hal yang sama dari pemerintah masing-masing.

  • Kita dapat mengurangi dampak penularan atau penyebaran Covid-19 dengan beberapa tindakan preventif yang sederhana sebagai berikut ini:

  • Lakukan cuci tangan sesering mungkin, dengan sabun dengan air yang mengalir. Jika kita berada di jalan tidak menemukan krn, bawa hand sanitizer atau alcohol untuk mencuci tangan. Hand sanitizer atau alcohol itu dapat membunuh virus di tanganmu.

  • Lakukan jarak antara diri sendir dengan orang lain sedikitnya 1 meter yang sedang batuk atau bersin atau siapa pun yang tidak bergejala. Kenapa karena droplet dari orang yang bersin dari mulut atau hidung itu mengandung virus. Jika anda terlalu dekat dan anda menghirup droplet itu dan ternyata mengandung virus Covid-19, maka anda muda tertularnya.

  • Jangan menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan Anda. Kenapa? Sentuhan tangan yang mengandung virus dan menyentuh di permukaan muka akan mentransfer virus ke mata, hidung atau mulut ke dalam tubuh anda. Anda terserang sakit. Selalu menggunakan masker jika ke luar rumah.

  • Gunakan masker yang disposal atau sekali pakai. Setelah dipakai dibuang di tempat sampah dengan hati-hati. Jika Anda telah melakukan perjalanan dalam jangka waktu 14 hari sejak merebaknya covid, sebaiknya memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan dengan rapid test .

  • Stay at homeBekerja,belajar dan berdoa di rumah adalah satu-satunya jalan untuk memutus rantai penyebaran covid 19. .

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!