Fastron Bagian Gaya Hidup Masa Kini

Selayaknya seorang manusia jelang usia lanjut dipastikan membutuhkan asupan makanan bergizi agar tetap hidup sehat bugar untuk mengganti semua bagian badan yang mulai aus dimakan usia. 

Demikian juga dengan mobil dan motor yang dipakai atau digunakan setiap hari hampir 8-10 jam atau paling sedikit 4 jam, mesin penggeraknya butuh pelumas atau yang sering disebut dengan “oli” yang dapat mempertahankan agar mesin tetap jalan secara prima.

Dulunya saya hanya mengetahui pelumas itu sekedar untuk membantu menggerakkan mesin mobil karena lokasi mesin dan penggeraknya tempatnya berbeda. 

Ternyata, oli mesin itu memiliki fungsi-fungsi lainnya, seperti: 
dwipermitasari.com

 1. Pelumas: 

Selama ini banyak yang mengetahui bahwa oli mesin itu hanya digunakan untuk melumasi bagian dapur pacu kendaraan. Padahal fungsi dari oli mesin itu bukan sekedar pelumas mesin saja, tetapi juga mendinginkan komponen mobil yang paling aktif bekerja. Oli dapat meredam panas yang berlebihan.

 2. Perapat:

 Fungsi oli jauh lebih besar dari yang kita pikirkan yakni, apabila terjadi karat di logat atau elemen, maka kerja mesin akan berat sekali. Oli mesin dapat digunakan sebagai perapat celah-celah antara silender dan piston. 

3. Pembersih: 

Bekerjanya oli menuju ke mesin , awalnya sudah tersaring melalui filter oli melalui dinding silter, metal dan sebagainya. Saat ada kotoran, seperti sisa karbon pembakaran, partikel logam akibat gesekan, oli bersih akan mendorong atau membawa kotoran tersebut. Akibatnya bagian yang terdapat partikel logam dan bagian sisa kotoran akan bersih kembali. Oleh karena itu oli harus sering diganti sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

 4.Penyerap Panas:

 Fungsi oli juga sebagai penyerap panas. Ketika mesin dihidupkan, terjadi proses pembakaran dan menghasilkan panas dan diubah jadi tenaga. Saat bersamaan, oli bersikulasi pada bagian mesin. Oli mesin melewati bagian mesin dengan temperatur tinggi seperti piston, metal dan dinding silinder. Panas pada komponen akan diserap. Hal ini juga untuk jaga temperatur.

 5.Mencegah karat: 

Di bagian permukaan logam, seringkali terjadi karat. Fungsi oli menutup permukaan metal sehinggal metal terbebas dari oksidasi yang membuat berkarat.

 Mobil Mulus karena Oli rajin diganti:

 Setelah membeli mobil baru, awalnya, saya tak pernah berpikir bahwa ganti oli itu penting sekali . Padahal di tiap buku manual untuk pemeliharaan mobil, tertera jadwal untuk pemakaian setiap 1000, 5000, 10,000 km dan seterusnya, pemilik mobil harus mengganti oli mesin agar kondisi mesin tetap prima. 

Waktu itu saya berpikir untuk menunda-nunda waktu ke bengkel karena mobil masih baru, malas harus antri ke bengkel hanya untuk ganti oli dan biaya jasa penggantian oli jauh lebih mahal ketimbang harga oli mobil. Untungnya, setelah diingatkan oleh administrator Bengkel “Sudah waktunya untuk ganti oli mobil, Bu!" .  Akhirnya saya pun berangkat ke Bengkel.

Nach, soal oli mobil, sebagai seorang perempuan pun tak boleh mengabaikan pengetahuan tentang jenis oli mobil terbaik bagi mobil saya. Paling tidak saya tidak dibohongi oleh bengkel . Jika tidak punya pengetahuan tentang oli mobil, bengkel dapat saja mengganti oli mobil sesuai rekomendasinya padahal belum tentu oli terbaik sesuai jenis mobil saya . 

Disamping itu, pengetahuan tentang oli ini jadi beban berat bagi saya karena tidak punya pengetahuan praktis tentang oli mobil terbaik yang cocok dengan mobil saya..

Beruntung Pertamina Lubricant melalui situsnya telah memberikan pengetahuan praktis tentang oli mobil terbaik dari segi kandungan, tingkat mutu, keunggulan oli mobil Fastron. Jenis oli Fastron disesuaikan dengan jenis mobil mulai dari Fastron Gold, Fastron Platinum Racing Oil. 

Untuk Fastron Gold yang memiliki formulasi khusus dari Jepang dibuat dengan synthetic base oil dan bahan additive dengan level performa API tertinggi, kualitas ultra high

Fastron Gold ada 3 jenis yaitu SAE OW-20m SAE 5W-40; SAE 5W-30 dengan dua ukuran yaitu satu liter dan empat liter. 

Fastron Platinum Racing dirancang secara khusus untuk kendaraan balap. Oli ini memiliki perlindungan lebih terhadap mesin balap dari panas saat digunakan lomba.

 Fastron Platinum Racing ada 5 jenis yaitu SAE 10W-60, SAW OW-40, SAE 10W-40, SAE 10W-60 dan SAE OW-40. Ketemu yang cocok dengan tipe mobil saya, yaitu Fastron Gold SAE OW-20 .Umumnya ukuran empat liter. 

Mengapa memilih Fastron produksi Pertamina?

PT. Pertamina Lubricant sebagai produsen dari Lubricant Oil telah mendapat penghargaan “The Champion of Indonesia Original Brand" kategori Car Lubricant Oil dalam ajang “Indonesia Original Brand 2019” yang diadakan oleh Majalah Swa pada tanggal 1 Augustu 2019 yang lalu.

Penghargaan ini diberikan atas pengakuan bahwa pelanggan setia Fastron Indonesia telah mempercayai Fastron sebagai pilihannya. Produk Fastron yang pertama diluncurkan di tahun 2003 varian Fastron Fully Syntehtic SM Ow-50 dan Fastron 20W-50 SJ.

 Begitu kedua produk ini diluncurkan langsung diterima pelanggan karena kualitas sesuai permintaan dan kebutuhan konsumen , berkualitas tinggi dan spesifikasi cocok dengan kendaraan generasi baru. Berkualitas tinggi karena Fastron diproduksi dengan menggunakan Nano Guard Technology merupakan pelumas sintetik terkini berkualitas tinggi untuk dapat melindungi mesin secara optimal bahkan dapat melindungi bagian tersempit dari mesin dan berukuran lebih kecil dari molekul, sehingga dapat membuat mesin kendaraan terasa selalu baru dan mampu menghemat bahan bakar. 

Jadi bukti nyata performance dan akselerasi bisa jadi optimal. Itu sebabnya, kamu tidak perlu ragu lagi untuk memilih Fastron sebagai oli andalan untuk sang mobil kesayangan. Tidak perlu pusing lagi memilih jenis oli Fastron yang tepat untuk mobil kamu, karena Fastron pun telah memiliki beberapa jenis oli yang bisa dipilih sesuai kebutuhan jenis mobil kita .

 Pengakuan Fastron ini bukan hanya dari konsumen saja, tapi dari pihak pabrik kendaraan seperti OEM-Original Engine Manufacturer seperti Lamborghini, Mercedes Benz, BMW, VW, Volvo, Porsche, Toyota, Daihatsu, Honda . Mereka mengakui bahwa Fastron merupakan paling advance di industri API SN, ILSAC GF-5 sesuai dengan standar Eropa dan Amerika Serikat, approved oleh Lamborghini, approved oleh OEM Jepang dan Korea.

 Fastron sebagai gaya hidup anak Milenial:

Anak saya, sebagai anak milenial yang butuh aktualisasi pribadi baik itu dengan pekerjaan maupun pelbagai kegiatan lainnya, tentu perlu mobile jadi lancar prioritas utama. Satu-satunya transportasi yang jadi andalannya adalah kendaraan pribadi. Jika macet anak saya lebih suka naik motor online, tapi jika hujan keras bagaikan dicurahkan dari langit, maka terpaksa mobil pun harus jadi andalannya. 

Mobil harus dalam keadaan prima karena kondisi lalu lintas di Jakarta begitu padat, macet dan tidak dapat diprediksi . Apabila keadaan macet, mobil matic bisa saja mogok dengan berbagai macam penyebabnya seperti mesin tiba-tiba mogok tidak dapat jalan.

 Penyebab pertama kemungkin karena kebocoran oli maka harus memperhatikan tetesan oli ada tidak pada bagian mesin apabila kehabisan oli matic, maka harus panggil mobil derek untuk membawa ke bengkel. Penyebab kedua karena system kelistrikan, harus mencari aki mobil pengganti . Penyebab ketiga adalah karena masalah mekanik karena kegagalan masalah mekanis atau tidak berfungsi . 

Tak mau terganggu aktivitas dengan mogok mobil, dia pelajari segala hal berkaitan dengan jenis oli mobil terbaik, baik jenis yang cocok untuk oil mobil matic maupun harga oli mobil. Ternyata Fastron merupakan pelumas produk asli Indonesia, tetapi kualitas dan kehandalannya telah diakui oleh dunia. 

Ini dibuktikan dengan dipasarkan dan ditunjukkan Pelumas Pertamian Fastron sebagai Technical Partner Lamborghini. Penghargaan yang prestisius telah digaet yaitu Corporate Image Awards “Most Admired Companies” 2016 untuk keenam kali dalam kategori Lubricants dan Indonesia Original Brands 2016.

 Sekarang anak saya pun sudah jadi pelanggan oli mobil matic Fastron SAE 0W-40. Ukurannya ada yang satu liter, dan empat liter, dia memilih satu liter untuk segi ekonomisnya tetapi kualitas pasti tidak berbeda. Alasan lainnya, spesifikasinya dan tingkat mutu serta kualitasnya sudah sesuai untuk mobil kelas premium setara dengan supercar. 

Yang terpenting bagi anak milenial adalah  harga oli mobil terbaik ini merupakan harga murah yang sangat bersahabat sesuai dengan kantong anak milenial yang baru bekerja yaitu harga sekitar RP.60-65 ribu per liter. 

Kepercayaan dirinya tentang Fastron Techno yang merupakan produk OEM oleh sebuah perusahaan otomotif terbesar di Tanah Air. 

Gaya hidup dengan mobilitas tinggi perlu ditunjang oleh kondisi mobil yang selalu dalam keadaan prima. Keadaan prima hanya bisa terjamin apabila kita sudah menggunakan oli mobil yang terbaik kualitasnya, yaitu Fastron. 

 Sumber referensi:

  •  Fungsi Oli Mesin oleh Otomotifindo
  •  Wikipedia
  •  Produk Pertamina Lubricants

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!