Alasan Utama untuk Wisata ke Cirebon

Kota Cirebon menjadi kota wisata transit antara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dengan adanya Cipali, kita bisa menempuh jarak Jakarta –Cirebon dengan waktu tempuh hanya 4 jam saja. Cirebon punya wisata sejarah, kuliner maupun religi yang menarik untuk dikunjungi.

 Pantai Kejawan: 
Dokumen pribadi
Dokumen pribadi


Dikenal sebagai kota pelabuhan, Cirebon memiliki pantai atau pelabuhan yang dikenal dengan nama Pantai Kejawan. Letaknya strategis tidak jauh dari kota, hanya sekitar 15 menit perjalanan. Lebih baik datangnya sudah menjelang sunset. Kita dapat menyusuri pantai ini dari jalan raya. Tidak dapat menyusuri lewat pasir karena air laut/pantai langsung ditembok .

 Di sekitar itu orang yang memancing ikan dapat kita jumpai. Menunggu hingga sunset datang, melihat secara perlahan-lahan matahari terbenam dengan indahnya. Terlihat kuning dengan rona merah yang bulat turun ke bawah hingga menghilang tak berbekas 

Curug Putri Palutungan , Kuningan: 

Letaknya di daerah Kuningan, jalannya cukup menanjak dan tinggi sekali. Ada tempat parkir yang luas untuk mobil dan motor. Setelah membeli tiket , kita bisa masuk ke dalam. Melalui hutan dengan pohon-pohon yang rindang, dan ada lapangan luas untuk perkemahan. Saat itu ada pramuka yang sedang camping dan mengadakan kegiatannya di lapangan itu.

 Lalu kita menuruni jalan tapak, yang cukup curam. Awalnya terlihat hanya seperti sungai yang berwarna kehijauan karena musim kemarau panjang. Namun saat kita tiba di bawah dan berjalan menuju ke samping kiri yang tersembunyi terlihatlah air terjun curug Putri Palutungan. 

Goa Maria Sawerahmat, Kuningan
Dokumen pribadi

Wisata Religi Dari Curug Putri Palutungan, kita menuruni jalan, kira-kira 500 meter, sampailah kita di sebuah tempat untuk wisata religi agama Katolik, Goa Maria Sawerahmat. Untuk mencapai goa Maria itu, kita harus mendaki tangga yang terbuat dari batuan . Cukup terjal dan hampir 120 tangga yang terus menanjak. 


 Di puncaknya kita dapat menemukan dua tempat yaitu untuk Jalan Salib dan Goa Maria Sawerahmat. Tempat yang tersembunyi , sunyi, tetapi penuh dengan keheningan, kita dapat berdoa dengan khusuk dan merasakan ketenangan dan kedamaian. 

 Wisata histori, KMB Wisata Sejarah Keraton 
Dokumen pribadi

Ketika memasuki halaman muka, terlihatlah ada 4 bangunan yang terbuka. Bangunan pertama adalah disebut Mande Malang Semirang, dengan jumlah tiang enak ditengah melambangkan rukun iman, jumlah tiang seluruh 20 tiang melambangkan sifat-sifat Allah SWt.
Dokumen pribadi

 Bangunan ini tempat duduk sultan dan keluarga dalam upcara , latihan perang dan pelaksanaan pengadilan di alun-alun sangkalabuwana Keraton Kasepuhan. Bangunan kecil di samping kiri dan kanan adalah tempat para pengawalnya. Lalu ada batu Lingga dan Yoni yang melambangkan adam dan hawa melambangkan kesuburan dan duniawi dan melambangkan kehidupan turun temurun. 

Memasuki gerbang yang terbuat dari bata menyerupai gerbang dari agama hindu dan ada satu museum dengan foto besar yang dipasang sebagai galeri yaitu Sultan Sepuh XIV Pra Arief Nadingirat . Di dalamnya ada museum Keraton Kasepuhan. Berhbung kami tidak bisa masuk kami tidak mengetahui dengan jelas apa saja isi museum itu. 

Di sebelah kanan, kita masuk pintu gerbang disebut dengan lawang/Pintu Gledegan, bangunan berupa pintu gerabang yang dijaga oleh penjaa dengan suaraba besar seperti petir atau gledeg Ada beberapa tempat terbuka dan besar untk sholat tarawit disebut dengan Langgar Alit. Dengan membunyikan terbang /gembyung dan dibungsikan juga untuk peringatan hari Islam

 Di bangsal Prabaya, dibangun tahun 1683 oleh Sultan Sepuh, fungsinya untuk bertemu dalam Sidang Menteri Negara Keraton Kesepuhan , praba=sayap, Yaksa=besar, jadi artinya Sultan melindungi rakyat dengan tangan yang besar seperti induk ayam melindungi anaknya dengan kedua sayapnya. 

Wisata Kuliner: 

Nasi Jamblang:
Dokumen pribadi
Cirebon dikenal dengan kuliner khas yang sangat terkenal yaitu Nasi Jamblang dan Empal Gentong. Nasi Jamblang Ibu Nur: Lokasinya di Jl.Cangkring 2 No.34, Kejaksanan,dekat dengan stasiun Kereta Api. Keistimewaan nasi jamblang adalah penggunaan daun jati sebagai pembungkus nasinya. 
Nasi Jamblang   Sumber: dokpri

Disajikan dengan cara prasmanan. Lauknya dapat dipilih dari berbagai macam seperti sambal goreng, tahu sayur, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe. Namun salah satu menu yang menjadi ikon dari sega jamblang adalah balakutak hideung, yaitu cumi-cumi atau sotong berkuah kental yang dimasak bersama dengan tintanya sehingga berwarna hitam seperti rawon. Empal 

Gentong: Empal
Empal Gentong Bersantan. Dokpri


Empal Gentong Kuah Asam. Dokpri

 gentong jadi makanan khas dan favorit di Cirebon. Ada dua macam yaitu empal gentong bening dan empal gentong bersantan. 

Tidak ada komentar