18 Tips Cara Berkomunikasi Efektif Agar Anda Disukai

Tips Komunikasi dan Afirmasi:

 1.Katakanlah :

 “ Saya sangat menyukai mendengar lebih lanjut ...” ketika seseorang sangat excited menyatakan /menceriterakan sesuatu yang menggembirakan bagi dirinya. Mereka ingin berceritera lebih detil untuk kedekatan relasi dengna Anda, terlebih keinginan Anda untuk mampu menjadi sebagai pendengar.

 2. Ceriterakan kepada orang /teman Anda tentang dampak positif untuk Anda. Jika anda merasa bahagia, otentik atau senang dengan apa yang diketahui, katakanlah kesukaan Anda itu dengan kata-kata yang berharga sehingga kata-kata itu membuat orang tersebut merasa penting baik itu dalam kehidupan pribadi atau profesional 

 3.Jika Ada orang yang beri nasehat dan nasehat itu behasil untukmu. Pastikan untuk memberitahukan kembali bahwa Anda sangat senang dengan nasehatnya dan sudah menjalankan dan berhasil . Hal ini kana membuat teman/keluarga itu merasa dapat dipercaya dan berharga. Relasipun makin dekat

 4. Selalu katakan : Saya sangat senang bertemu dengan Anda” saat Anda ketemu dengan seseorang artinya perkataan itu benar-benar keluar dari hati nurani Anda sehingga harapan itu juga bukan sekedar pemanis saja, tapi suatu ikatan untuk bisa bersama-sama bicara dengan teman lagi. 

5.Berbicara dengan teman atau orang yang dicintai, buatlah mereka mengetahui bahwa mereka itu sangat dihargai. Perkataan “Saya sangat berterima kasih atas ...” adalah kata-kata yang tulus tetapi membuat suasana berbeda . Relasi atau pertemanan yang bukan hanya sekedarnya saja. 

 6. Saat bertemu dengan teman, saudara yang menceriterakan bahwa dia telah berhasil mencapai impiannya, buatlah afirmasi dengan “Saya sangat kagum dengan pencapaian yang telah Anda lakukan”. Orang yang mendengar atau menerima ucapan ini akan merasakan bahagia karena kita ikut perjuangannya yang memelrukan waktu dan usaha lama. 

Tips komunikasi “Body Language” 

7.Lakukan “Eye contact” atau kontak mata dengan orang yang sedang berbicara . Jangan sampai mata anda melihat kemana-mana selama percakapan. Hal ini memperlihatkan bahwa anda percaya , anda memahami apa yang sedang dibicarakan. 

8. Lakukan “open posture” atau tubuh yang terbuka , artinya anda berskipa relax dan tangan dan kaki juga tidak kaku, biarkan bahu juga turun , jangan membuat batas-batas dengan bersikap melipat tangan, kaki. 

9.Tersenyum. Mungkin ini klise, tetapi senyuman dapat membuat orang lain merasa diterima . Respon positif sehingga level neorologi pun jadi positif. Ketika terjadi perjumpaan dengan senyuman, sejumlah enrophin dilepaskan sesuai dengan aura yang sangat baik. 

 10. Pertimbangakan nada suara . Buatlah nada suara renda seperti orang yang disukai. Anda harus bicara tidak tergesa-gesa. Gunakan suara anda untuk memperhatikan respons emosi. Hal ini akan lebih menyenangkan. 

 11. Tetap muka anda bercahaya dengan baik ketika berbicara. Apabila anda merasa senang, shock tunjukkan hal itu. Muka yang ekspresif dapat menunjukkan minat dan membuat anda berkarisma, apalagi jika dikombinasikan dengn tangan. Apabila anda tidak pernah bereaksi terhadap yang lain, anda akan kehilangan minat dan empati. 

Tips Conversational Skill and communication: 

12.Bertanya dengan cara tanya jawab . “Open Question” membuat pembicaraan yang panjang dan membuat orang akan mengemukakan apa yang dipikirkannya. Contohnya “Kenapa kamu pengin pindah dari kantor itu?” “Apa yang membuat kamu membina karir” Hal ini berbeda dengan “closed question” yang hanya bisa dijawab ya atau tidak. 

13. Selalu menunggu giliran Anda untuk bicara Saat anda memotong pembicaraan orang yang sedang bicara, hal itu tidak baik dan tidak patut karena sangat tidak disukai

 14.Usahakan “Paraphrasing atau menyimpulkan apa yang anda dengar . Apalagi jika Anda mendengar sesuatu yang berhubungan dengan dirinya. Hal ini membuktikan anda tidak salah paham dengan apa yang yang didengar. 

15.Selalu minta kepada orang lain untuk bicara lebih lanjut tentang hidupnya, keinginannya, tujuan hidupnya. Setiap orang selalu ingin berbiara tentang tidirnya, apa yang disukainya, apa yang sedang diperjuangkannya.

 16. Minta penjelasan ketika Anda tidak mengetahui apa yang Anda ingin ketahui. Hal ini menjelaskan bahwa orang itu “Smart” Sebaliknya mereka dianggap sangat berharga

. 17. Carilah apa dibalik nada atau apa yang dikatakannya. Anda perlu menggarisbawahi bahwa Anda perlu mengetahui apa yang sedang dibicarakan. Anda mendengkaran mereka bebicara 10 menit dan membicarakan detail dalam 10 menit. Lalu katakan “ Wah Anda pasti merasa bangga , sepertinya hal itu pasti akan membuatmu stres!” 

18.Tetap otentik: Jika anda bersikap pura-pura, orang pasti tidak menyukai Anda. Biarkan Anda berekspresi kepribadian, passion dan value Anda.

Tidak ada komentar