“Unggah” Foto Hari Pertama Anak Sekolah, Harus Berhati-hati


shutterstock.com

Hari pertama sekolah merupakan hari yang sangat dinantikan tapi juga ditakuti oleh si anak yang baru pertama kali masuk sekolah. Perasaan takut karena dia merasakan bagaimana jika ditinggal oleh orang yang dicintainya (ibunya atau ayahnya) yang mengantarnya. Sekolah jadi momok bagi anak yang belum kenal orang asing yang yang baru ditemuinya. 

Tapi bagi orangtua justru hari pertama sekolah ini jadi momen yang tak boleh dilewatkan atau istilahnya momen istimewa untuk mendokumentasikan momen tersebut. Ada rasa bangga dan rasa ingin membagikan kebanggaan itu kepada teman-teman ibu bahwa anaknya sudah besar dan sudah mandiri . 

Kebahagiaan itu harus dishare di media sosial . Di zaman era media sosial mudah membagikan momen bahagia itu . Tujuannya sebagai bentuk memori dan mengabarkan kebahagiaan Anda. 

Namun, Anda harus berhati-hati bahwa dunia maya itu bukanlah tempat yang benar-benar aman. Anak-anak perlu dilindungi privasinya, dan Anda lah bagian dari perlindungan.

 Ada 7 Aturan yang perlu diperhatikan saat Anda ingin mengundah foto Anak di sekolahnya:

1. Tidak Pasang Identitas Lengkap Anak

 Berhati-hatilah saat akan menuliskan identidas lengkap anak di media sosial. Jangan sampai Anda memberikan detail nama lengkap, tanggal lahir, nama sekolh atau pun alamat sekolah . Orang yang punya niat jahat aakn dengan sangat mudah memanfaatkan data tersebut. 

2. Matikan Fitur “Lokasi” 

Sekalipun Anda tidak menuliskan dimana si kecil sekolah, akan tetapi fitur geo tagging atau penanda lokasi dapat membuat lokasi Anda mengambil foto tersebut ketahuan . Lebih baik matikan saat memasang foto anak. 

3. Perhatikan Konten

Jangan memasang foto anak yang memungkian ia mendapatkan pelecehan, penghinaan dan perundungan, misalnya saja foto saat anak menangis. 

4.  Pikirkan sisi anak

 Tanyakan kepada diri Anda sendiri, apakah kira-kira si kecil akan senang dengan foto yang dipasang, atau malah akan merasa sedih dan malu.

 5. Jaga Privasi

Sebaiknya bagikan foto kepada keluarga atau lingkungan terdekat yang bisa dipersaja saja. Atau atur pengaturan privasi di media sosial Anda menjadi lebih terbatas. 

6. Tidak Unggah Foto Anak Lain Tanpa Izin

 Jangan unggah foto anak lain tanpa izin orangtuanya. Anak mungkin berpikir bahwa biasa untuk mengunggah foto anak-anak bersama teman barunya di sekolah. Namun, izin orang tua tetap diperlukan. 

7.  Sepakat

Sepakati bersama keluarga atau seluruh anggota di rumah untuk berhati-hati saat mengunggah foto anak. 


Sumber:  Parenting Indonesia

Tidak ada komentar