12 “Booster Mood” yang Dapat Mengubah Mood Anda Dalam Waktu 5 Menit:



Mood atau suasana hati manusia seringkali berubah-rubah. Suatu saat mood baik karena suasana atau kondisi sedang baik-baik saja. Namun, ketika kondisi berubah jadi kurang baik atau jelek, mood seketika berubah juga. Repot juga jika mood selalu berubah tergantung emosi dan kondisi.

 Lalu bagaimana caranya agar kita menjaga mood agar tetap stabil , baik sehingga kita tetap bisa kerja produktif.

 Berikut ini adalah tips:  

1.Mandi dengan relax

 Kita dapat langsung masuk ke kamar mandi untuk membersihkan diri . Mandi dengan cara yang sangt relax dengan air pana sdalam waktu lima menit .Mandi air panas itu akan melemaskan ketegangan otot di punggug, leher dan bahu. Perhatikan uap air itu akan membuat hidung dan pernafasan terasa lebih lega . Hal ini dapat menimbulkan aktivias yang produktif dan “booster “ mood pun ikut naik kembali. 

2. Hubungi orang yang Anda cintai. 

Menelpon 5 menit untuk berkomunikasi dengan seseorang yang Anda cintai, dapat berdampak besar pada “mood”. Namun, Anda harus memperhatikan dengan siapa Anda berkomunikasi dan apa yang Anda katakan. Setelah pembicaraan Anda merasa tidak kesepian lagi dan mulai tertawa dan menghabiskan waktu dengan orang yang Anda cintai itu. Kita sering menganggap terisolir dari ikatan sosial dengan orang lain, padahal ada orang dekat yang kita cintai yang dapat kita hubungi. 

3. Bernafas dalam-dalam 

Bernafas melalui hidung dengan berhitung dengan hitungan dari 1 hingga 5. Kemudian, tahanlah nafas 5 detik. Lalu, lepaskan nafas itu dalam waktu 5 detik. Ulangi cara bernafas seperti itu hingga lima kali. Lihat apa yang terjadi dengan tubuh Anda. Cara bernafas dalam itu meluaskan diafragma, membantu anda untuk melepaskan ketegangan dan bahkan memulihkan sakitnya.

 4. Minumlah Lemon

 Lemon benar-benar suatu “mood boosters”. Kedengarannya tips ini sangat aneh , tetapi sensasi rasa lemon ini langsung berkaitan dengan kondisi emosi Anda. Lemon mengangkat emosi Anda. Sebagai contoh sekelompok ahli dari Jepang menemukan “linalool” dalam lemon dapat menyebabkan aktivitasi tubuh yang tidak betul, baik itu melawannya atau menghilangkannya. Jika bau lemon itu terlalu keras, cobalah basil atau lavender, pengamatan menunjukkan bahwa bau dapat mengurangi tingkat stres. Bau-bau ini membentuk Mood booster bukan hanya secara alami tetapi juga juga membantu hilangkan rasa negatif dari lingkungan. 

5. Meditasi singkat 

Suatu meditasi singkat tetapi sangat mendalam, merupakan pengalaman yang sangat membantu anda untuk melepaskan semua hal-hal yang tidak berkenan dalam diri anda atau kondisi yang tak menyenangkan.

 6. Dansa 

Apakah Anda seorang pedansa yang baik atau bukan, tidak usah khawatir, yang penting begitu anda berdansa di atasu dua kaki, begitu cepatnya anda merasa bahagia. Hal ini disebabkan terlepasnya endorphins juga karena peredaran yang neurotransmitters yang positif yang anda alami saat mendengarkan musik yang anda sukai. Oleh karena itu cepatlah berdansa dengan musik yang anda sukai.

 7. Melihat foto-foto yang menginspirasi

 Anda dapat mencari foto anda sendiri dan klik almu yang anda sukai atau foto yang terlihat membahagiakan. Gambar atau foto semacam ini memiliki dampak emosi yang membiuskan anda untuk bereaksi dengan kegembiraan dan penghargaan dunia di sekitar kita. 

8. Tersenyum pada diri sendiri:

 Meskipun terasa aneh, tetap tersenyum selama 3-5 menit dapat mempengaruhi “chemistry” tubuh , menciptakan suatu feedback ke otak yang sudah merasa bahagia. Pada akhirnya Anda akan merasa benar-benar tersenyum penuh bahagia.

 9. Katakan afirmasi “Mood-Boosting” (positif) 

Suatu kalimat “saya berbahagia, senang, sangat berbahagia untuk hari ini atau saya mencintai diri saya , saya tak sabar menunggu untuk terpenuhinya tujuan hidup saya, merupakan kalimat yang membangkitkan “mood boosting” semangat. 

10. Singkirkan kekacauan: 

 Dalam waktu lima menit Anda menyimpan barang yang tak terpakai, memberishkannya sehingga Anda merasa nyaman dan produktif serta bahagian dalam situasi yang demikian itu. Hal ini benar terjadi apabila anda bekerja di tempat yang nyaman dan relax. 

11. Ayo ke luar rumah

 Anda berpikir akan bepergian ke luar dari rumah dan merasa lebih nyaman setelah pulang dari ke luar rumah. Memang benar , paparan matahari akan menambahkan mood karena adany produksi vitamin D. Kekurangan vitamin D akan meningkatkan tingkat depresi. 

12. Perlu Pelukan 

Akhirnya, apabila anda memeluk seorang teman, keluarga atau binatang , maka tubuh anda akan melepaskan hormon “cinta seperti oxytocin. Anda akan mereas alebih tenang , lebih aman bahkan lebih senang . Hal ini akan berhasil dengan baik apabila teman di sekitar menyambutnya dengan rasa gembira.

Tidak ada komentar