Sikat Gigi Saat Puasa


wordpress.com

Kesulitan bagi yang berpuasa adalah dilarang memasukan benda apa pun ke dalam tubuh (jauf) melalui lubang tujuh yang dimiliki setiap manusia. Lalu bagimana kita bisa membersihkan gigi saat berpuasa? 

 Efek samping dalam perintah syara memang terdapat konsekuensi toleransi. Seperti halnya orang yang berwudhu disunahkan berkumur tiga kali. Demikian pula orang yang berpuasa, selama berkumurnya hanya sampai batas tiga kali saja, seperti wudhu, hal itu tetap disunakah oleh syara. 

Apabila ada air yang tertelan tanpa sengaja, tidak membatalkan wudhu alskan berkumurnya tidak berlebihan. Lalu bagaimana orang yang bersiwak atau gosok gigi dengan pasta dan membuat pasta gigi atau air masuk melalui mulut? Imam Nawawi, dalam al-Majmu’, syarah al-Muhadzdzab menjelaskan bahwa jika ada orang yang memakai siwak basah, kemudian airnya pisah dengan siwak atau bulu-bulunya lepas kemudina tertelan, maka puasanya batal tanpa ada perbedaan pendapat ulama.

 Kesimpulannnya jika ada da air yang bukan barang inti atau bahkan bulu kayo yang merupakan salah satu dari bagian ini maka godok gigi itu sendiri membantalkan puasa apalagi pasta gigi yang tidak diperintahkan syara? Jadi berhati-hatilah saat berpuasa dengan menggunakan pasta, jika tidak ada air masuk tenggorokan maka puasa tidak batal, tapi abila ada sedikit saja dari air tertelan maka puasanya akan batal.

Tidak ada komentar