Jajanan Saat Lebaran

Saat lebaran sudah  makin dekat. Banyak yang menyerbu jajajan kue kering untuk persedian jika ada kunjungan sanak saudara, teman atau tetangga yang datang. 

Mungkin ada yang mau tidak repot, lebih baik beli langsung kue kering di toko, supermarket seperti nastar, lidah kucing atau justru kue kering yang sudah dibuat kalengan.

Sebaiknya, lebih nyaman dan enak jika bisa buat sendiri sich. Hanya perlu waktu untuk menyiapkan jajanan kering. Jajanan atau penganan kecil itu cari yang paling gampang buatnya, tapi enak dan gurih dimakan. 

Bagi mereka yang tak punya waktu dan tidak mungkin buat kue kering, berikut ini adalah ide untuk jajanan saat lebaran:

 Kacang Bawang:
 
resepkoki.com



Cemilan paling sederhana tapi sangat disukai oleh segala lapisan, kacang bawang. Enak, gurih dan mudah. Kacang tanah kupas direndam santan hingga resap dan digoreng dengan banyak minyak. Bawang puih cukup disangrai terpisah dengan kacangnya. Setelah masing-masing digoreng sendiri, masukkan bawang putih goreng. Rasanya membuat lebih wangi, dan mulut tak berhenti mengunyah sampai kacang bawang habis. 





 Lanting:
 
resepkoki.com





Cemilan singkong ini sangat enak dikunya saat berkumpul bersama-sama. Rasanya ngga perlu mudik untuk merasakan cemilan ini. Bentuknya seperti cincin berwarnah merah muda dan putih. Rasa cemilan khas Kebumen ini asih dan gurih, tapi ada versi pedasnya.

  



  
Rengginang: 
 
resepkoki.com



Pasti ada yang masih ingat dengan rengginang saat mudik Lebaran ke Jawa Tengah. Warnnya putih,gurih dan renyak. Renginang kerap dijual manis (dilapisi gula jawa) atau asin. Cemilan ini terbuat dari nasi atau ketan putih yang dijemur di bawah matahari lalu digoreng.

1 komentar