Berbuka Puasa Bersama Keluarga

Kumparan.com


Hari pertama di bulan Ramadhan, setiap individu punya rencana buka puasa . Buka puasa itu bisa di kantor, di rumah atau di tempat buka puasa bersama.

 Pilihan memang tergantung dari masing-masing individu. Tetapi yang paling terasa sangat afdol dan suasana ramadhan pertama adalah dengan berbuka puasa bersama keluarga. Berbuka bersama Keluarga memiliki momen penting karena ada rasa kebersamaan, rasa spiritual kuat yang dirasakan bersama-sama dan berbagi pengalaman dalam berpuasa . 

Bahkan, mungkin ada yang baru pertama kali berpuasa di keluarga, bisa memberikan pengalamannya dengan suatu sentuhan rohani yang humanis. Berbuka puasa bersama keluarga tidak perlu mewah dengan berbagai macam panganan baik itu makanan berat dan ringan. 

Cukup dengan makanan ala kadarnya. Setelah berbuka bisa shalat dan taraweh bersama, merasakan kehidupan spiritual yang menggema dalam satu keluarga menjadi kekuataan bersama untuk melangkah menuju kebatinan yang lebih kuat.

Ada kalanya keluarga memang tidak bisa bersama-sama berbuka karena ada anggotanya yang bertugas di luar kota atau justru tugasnya pada saat siang hingga malam hari. Tidak perlu disesali, tetapi tetap diadakan kebersamaan seadanya dengan keluarga untuk berbuka. Yang penting makna dari berbuka puasa bersama keluarga itu sebagai keutuhan dan kekuatan iman.

Tidak ada komentar