PAUD Landasan Utama Pengembangan "Golden Age" Masa Tumbuh Kembang Anak



Ingatan saya kembali pada saat saya pernah mengajar secara sukarela (volunteer) di sebuah sekolah PAUD (Pendidikan Usia Dini) Mandiri . Letaknya cukup jauh dari kawasan kota satelit. Lumayan jika naik ojek, harus melintas naik turun jalan sepintas, lalu masuk ke suatu gang sempit. 

Di satu rumah yang letaknya paling ujung  jalan, ukurannya rumah sekitar 250 meter. Satu  Ruangan besar itu diisi dengan pelbagai macam seperti kursi anak, mainan, papan tulis sederhana, beberapa alat tulis dan gambar, buku tulis dan buku gambar.

PAUD “CARITA” dibangun sangat sederhana  merupakan hasil sumbangan dari suatu Yayasan Carita dibawah naungan Ibu Herawati yang sangat peduli dengan pendidikan PAUD. Pendirinya merasa tersentuh  dengan banyaknya   anak-anak usia 2-4 tahun  tidak bersekolah  karena keterbatasan ekonomi orangtuanya. Para orangtua itu mengganggap pendidikan PAUD tidak penting. Lebih baik jika anaknya langsung bersekolah di SD.

Anak-anak itu datang dengan diantarkan oleh ibunya atau ayahnya.   Semangat mereka untuk sekolah sangat hebat, walaupun mereka harus berjalan kaki, naik angkot dari rumahnya yang jauh dari sekolah, . Mereka justru datang tepat waktu, tanpa kendaraan pribadi, rumah mereka |lokasinya cukup jauh dari sekolah. 

Peran  orangtua selalu terlibat dalam pendidikan PAUD dengan mengantarkan anaknya sampai di sekolah. Bahkan ada yang menunggu di luar ruangan. Kehadiran orangtua yang masih sederhana ekonominya, tetapi sadar pentingnya terlibat dalam pendidikan anaknya. Hasilnya, setiap akhir tahun sekolah itu berhasil mengantarkan anak-anak itu ke jenjang SD dengan kemampuan motorik, psikologis dan kognitif yang sudah siap. 

PAUD Mandiri ini tidak mendapat bantuan dari Pemerintah sama sekali, tetapi ada izin dari Dinas Pendidikan Tangerang Selatan . Para guru mengajar dengan gaji kecil cukup untuk transportasi. 

Ketika saya sempat berbincang dengan pendiri PAUD ini, saya bertanya kenapa hatinya tersentuh untuk mendirikan PAUD yang non komersial bahkan harus membayar gaji guru dari kantong sendiri. Dijelaskan dengan gamblang, seorang anak usia 0-5 tahun adalah usia “golden age”. Artinya bahwa usia itu sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan pertumbuhan fisiknya.

Juga pada masa "golden age" terjadi pembentukan syaraf . "Golden age" menjadi masa penting sekaligus masa kritis.  Seperti diketahui manusia memiliki 100 neuron yang menyalurkan pesan,  kreativitas ketika lahir. Neuron ini akan berkembang 20% jika ada stimulasi atau rangsangan dari luar melalui pendidikan dan aktivitas. 50% kapabilitas manusia terjadi pada usia 4 tahun.  Awal dari pengenalan dunia luar, sosial dengan bermain, bergaul , menjelahi dunia sekitarnya. 

“Saya sadar di sekitar tinggal saya itu masih banyak anak-anak usia dini yang seharusnya masuk PAUD tapi karena keterbatasan ekonomi orangtua, mereka tidak menyekolahkan. Mereka anggap nanti saja kalau usia sudah 6-7 tahun baru bersekolah!” 

“Oh, jadi terlambat dong yach, sudah lewat golden age untuk stimulasi otak anak!” komentar saya. “Benar sekali. Saya jadi terbeban untuk menolong mereka dengan kemampuan yang saya miliki. Yayasan memang tidak punya dana yang cukup untuk menyiapkan kurikulum PAUD tetapi kami punya hati yang menginginkan anak-anak ini sebagai generasi penerus bangsa , harus punya karakter dan intelgensia yang tinggi karena mereka sudah melewati masa terbaik "golden age" di PAUD.

Begitulah sekelumit pembicaraan saya dengan pendiri Yayasan Carita.. Beruntunglah saya, sekarang saya bisa melihat masa depan yang cerah bagi anak-anak usia dini karena ada sekolah PAUD atau Pre-School yang dikenal dengan “Apple Tree Pre-School BSD”.


Didirikan pada tahun 2000 oleh para direktur yang memiliki visi dan misi membangun kepercayaan diri,kemandirian siswa dan mendukung orangtua untuk pengembangan anak-anak usia dini. Tentunya tujuan ini dilengkapi dengan guru pengajar yang memiliki dedikasi dan ilmu mengajar anak Pre-School . 

Ketika guru mengajar bukan hanya di dalam ruang kelas saja, tetapi tetap menggunakan metode yang telah disertifikasi yaitu kurikulum yang diadopsi dari Adopted Singapore Curriculum. Kurikulum ini sangat komprehensif mengutamakan akademis tetapi tidak mengurangi life skills dan social awareness. Kurikulum itu meliputi  komunikasi dalam bahasa Inggris dan Mandarin, Matematika , kreativitas, sosial, science, moral, musik, fisik,  fonetik.

Pengajaran disampaikan dalam bahas Inggris dan Mandarin, merupakan pre-school berstandar international tetapi terakreditasi secara nasional. Saya melihat adanya sistem pembelajaran yang sangat menyenangkan bagi anak-anak yang belajar di Aplle Tree Pre-School BSD karena mereka diajak bermain di ruang terbuka, berexplorasi melihat hal-hal yang baru, bersosial dan berinteraksi dengan teman dan belajar mengatasi hambatan untuk anak usia dini sehingga pengembangan motorik, sosial, intelegensia optimal.


Anak usia dini perlu belajar maka ada daily acitivites,  anak perlu bermain, berexplorasi maka ada waterplay & outdoor,  anak perlu memaksimalkan otak kanan untuk berkreativitas,   anak perlu dilengkapi ketrampilan maka ada  enrichment program,  anak perlu memperlihatkan prestasinya maka ada school events,   anak perlu melihat berjalan-jalan atau dunia luar untuk menunjang pendidikannya maka ada field trip.

Di Apple Tree Pre-School BSD , anak-anak masuk kelas sesuai dengan usianya dibagi dalam 5 kelas. 

5 kelas itu itu adalah :

  • Toddles           :    1.5 -2 tahun 
  • Pre Nursery     :    2-3 tahun 
  • Nursery            :   3-4 tahun
  • Kindergarten 1 :   4-5 tahun 
  • Kindergarten 2:    5-6 tahun 

Di masing-masing kelas, anak-anak belajar disesuaikan dengan program.  Cara bermain  anak-anak ini disesuaikan dengan kegiatan perkembangan anaknya. Agar anak tidak pernah bosan di dalam kelas saja, ada program pengembangan agar fundamental pembelajaran anak makin kuat, kemampuannya terus berkembang. 

Setiap program meliputi 6 kegiatan yaitu: 

 1. Daily activities:

      Kegiatan rutin seperti memberi warna, menggambar untuk memperkuat  motoriknya.


www.appletreebsd.com


2. Waterplay & Outdoor:

    Kegiatan di luar ruang dengan permainan bola yang dipindahkan dari satu wadah ke wadah lain.
    Melatih kemampuan motorik dan percaya dirinya menyelesaikan tugas.

www.appletreebsd.com

3. Music & Art: 

    Belajar musik angklung dan Budaya lokal secara sederhana melatih kepekaan musik dan seni.

www.appletreebsd.com

4. Enrichment program : 

    Program pengayaan untuk anak laki berlatih Taekwondo, anak perempuan berlatih balet.
    Melatih fisik dan kemampuan multi talenta yang disukainya.



www.appletreebsd.com


5. School Events: 
    
    Tampil di panggung untuk menyanyi, menari, memperkenalkan diri.   Melatih untuk percaya diri.     Orangtua selalu dilibatkan dalam School Events. Suatu kebanggaan anak jika orangtuanya hadir di saat anak naik panggung sehingga menambah kepercayaan anak.

www.appletreebsd.com

6. Field Trip:

    Kunjungan ke Aeon Mall belajar tentang memasak, ke Museum Transportasi TMII belajar tentang
    pesawat dan pelbagai profesi di dunia angkutan udara, darat, laut.

Pada setiap semester, orangtua akan menerima pelaporan perkembangan anak baik secara kognitif maupun fisiknya. Orangtua pun sering dilibatkan perannya dalam “school events” dengan memberikan ide tentang acara apa yang menarik baik bagi anak bersama orangtuanya. 

Keunggulan dari Pre-School AppleTreeBSD dibandingkan dengan Pre-School yang lain adalah kurikulum yang diberikan akan mengasah otak putra-putri Anda sehingga dapat memaximalkan perkembangannya, keamanan putra-putri terjaga dan sistem report kepada orangtua adalah salah satu nilai point selain fasilitas yang sangat lengkap untuk putra-putri Anda.
Setiap orangtua akan melihat dengan bangga apa yang telah ditanamkan di masa “golden age”.  Hal  ini akan menjadi tumpuan saat anak itu menginjak SD, SMP bahkan SMA dan universitas karena otaknya , fisik,sosial dan inteligensia berkembang pesat. Semuanya memang berawal dari golden age yang tak boleh dilupakan

Sebelum terlambat segeralah daftarkan putra-putri  Anda yang masih dalam tahun "Golden age" di #appletreebsd.

Tidak ada komentar