Jika Harapan tidak Sesuai dengan Kenyataan:




Setiap orang bisa dan boleh berharap dan bermimpi setinggi mungkin untuk meraih cita-citanya. Para filsuf mengatakan manusia tidak dapat hidup tanpa harapan, doa dan harapan harus menyatu. Jika kita sudah divonis berpenyakit kronis, lalu tidak berpengharapan sama sekali , terutama berpengharapan kepada Sang Penciptanya, maka hasilnya dia akan lebih cepat meninggal.

 Harapan memang dibutuhkan agar ada kekuataan manusia untuk tangguh menjalankan kehidupan yang berat sekali. Namun, ada kalanya manusia itu tidak mengukur apakah harapan yang diinginkannya itu ada dalam kendali dalam dirinya atau tidak.

 Mempelajari harapan itu sangat penting banget karena jangan sampai nantinya kita sendiri terjembab oleh harapan yang kita buat karena harapan itu di luar kendali kita. 


Di dalam setiap diri manusia ada dua aspek yang perlu diperhatikan yaitu Circle of Concern dan Circle of Control . Saya mempelajari ke dua aspek saat saya membaca buku “The Seven Habits of Highly Effective People” yang ditulis oleh Stephen Covey. 

Konsepnya sangat sederhana sekali. 

 Lingkaran bulat yang bernama “Circle of Influce (atau Control) atau lingkaran kuning: adalah semua hal dalam hidup kita dimana kita dapat memilih dan mengontrolnya sesuai dengan pilihan kita - apa yang kita baca, apa yang kita katakan, apa yang kita beli, ke mana kita akan pergi, organisasi atau komunitas apa yang kita pilih sebagai tempat bergaul dengan teman atau kita berikan waktu kita untuk berbagi bersama. 

Sementara lingkaran bulat lain yang lebih besar dibandingkan dengan lingkaran sebelumnya (Circle of Influence) atau sering disebut lingkaran putih dikenal dengan nama “Circle of Concern”. 

 “Circle of Concern” adalah segala sesuatu yang ingin kita kerjakan atau kita ikuti tetapi tidak ada dalam jangkauan kontrol kita. Beberapa contoh diantaranya: cuaca, perang, terosisme, pandangan politik dari orang lain, pandangan orang lain terhadap diri kita.

 Pernyataan dari Covey yang paling sederhana adalah di bagian mana (Circle of Influence atau Circle of Control) kita ingin bertumbuh dan berkembang. Jika kita menghabiskan waktu kita hanya untuk mengkhawatirkan tentang apa-apa yang tidak dapat kita kontrol, artinya lingkaran putih lebih besar dari lingkaran kuning. Sebaliknya apabila kita dapat berfokus kepada hal-hal yang sebenarnya ada dalam jangkauan diri kita sendiri, maka “Circle of Influence “ jauh lebih besar dibandingkan dengan “Circle of Control” 

Dalam hal ini kita perlu menyadari bahwa kita perlu melanjutkan kehidupan dengan berkonsentrasi dalam segala hal yang ada di dalam kontrol bukan yang di luar kontrol (kekhawatiran tentang bencana, reformasi kesehatan yang akan menghapuskan segala fasilitas kesehatan yang biasanya kita terima). Lebih baik kita fokus apa yang dapat kita kerjakan sekarang ini dan minggu-minggu selanjutnya.

 Berbicara soal calon-calon politikus yang ingin menjabat sebagai calon legislatif, mereka berusaha setengah hidup dengan berbagai macam cara , entah itu kampanye yang mengeluarkan banyak dana. Namun, ketika harapan itu ternyata meleset , mereka tidak mendapatkan suara seperti yang mereka harapkan. Kekecewaan yang luar biasa akan mendera batin mereka. Apabila mereka tidak bisa memahami bahwa harapan yang mereka pertaruhkan adalah “Circle of Control” yang di luar kendali mereka, maka kekecewaan yang sangat berat itu akan mempengaruhi psikis dan akhirnya akan membuat sakit mental dan jiwa 

Begitu pula bagi mereka yang berfokus tentang jaminan kesehatan untuk semua warga di Indonesia yang tidak kunjung membaik, lalu apa yang harus kita lakukan? Jangan terlalu jauh untuk memikirkan kesehatan untuk semua warga yang berjumlah 250 juta atau saya selalu melihat banyaknya orang yang menderita sakit yang belum tertangani oleh negara dan hanya bisa minta bantuan melalui kitabisa.com. 

Saya sering berpikir tidak mungkin menolong semua orang sakit yang begitu banyak. Satu-satunya hal yang paling dapat saya lakukan adalah menjaga kesehatan, dan satu lagi sebagai blogger selalu memberikan wawasan (setelah workshop dari rumah sakit dengan dokter sebagai nara sumbernya) betapa pentingnya menjaga kesehatan sebelum jatuh sakit. Mengenal semua penyakit dengan baik dan mencegahnya jauh lebih baik daripada mengobatinya.

 Kembali tentang harapan, suatu tantangan bagi kita sekarang ini untuk hidup dengan mengexpresikan apa yang kita sukai atau kita cintai ketimbang apa yang kita takutkan. Apa yang kita harapkan adalah sesuatu yang ada dalam “Circle of Influence” sehingga tidak melampaui batas dari kontrol diri kita yang tidak mungkin diwujudkan atau kecil kemungkinan untuk mewujudkann

Tidak ada komentar