Cara Mengatasi Kebuntuan Menulis

Seringkali kita tidak punya ide sama sekali tentang apa yang ingin ditulis. Otak yang buntu itu tentunya membuat kita jadi kesal . Otak yang buntu itu disebut dengan “stumble block” atau kebuntuan menulis. Untuk mencairkan kebuntuan tentu kita harus mengalihkan fokus dan berusaha . 

 Cara mengatasi “stumble block” agar kita mudah menulis lagi adalah sebagai berikut: 

1.Menulis Keyword Apa Saja di Situs Keyword Planner  

Fungsi dari Keyword Planner adalah untuk pembuatan artikel SEO. Seorang bloger akan menyertakan kata kunci di bagian tubuh postingnya agar ranking blog dapat meningkat di pencarian Google. 
www.keyword.io

Jadi Keyword Planner dapat digunakan untuk pemantik ide. Gunakanlah www.keyord.io . Lalu klik kata kunci “parenting milenial”. Setelah mengklik, keluarlah pilihan kata kunci yang membantu kita untuk mencari link tulisan lain di Google. Misalnya saya memilih "Milenial Parenting".  Variasi ini mengantarkan otak saya bergerak untuk mencari artikel referensi lainnya. 

2.Mengecek Trend Media Sosial
www.c2live.com

 Sebagai pengguna aktif media sosial, tentunya kita semua sudah sangat familiar dengan hastag. Biasanya kita ingin apa yang jadi tren berita terkini, maka kita dapat menggunakan hastag di twitter. Setting hastag di Twitter dibuat secara negara yang ingin kita lihat. Misalnya “indonesia Trends”, bisa dicek apa saja yang menjadi cuitan favorit para pengguna twitter. Sebagai contoh setelah kita cek, ternyata cuitan yang terbanyak adalah topik debat capres diperbincangkan di twitter. Meskipun kita tidak menonton acaranya, kita bisa menulis tentang perkembangan acaranya.

 Setelah mengklik salah satu hastag, kita cek bagaimana pengguna twitter menanggapi acara tersebut dengan persepsi mereka. Dari sini, kita yang awalnya tidak ada ide menulis, malah terpancing untuk membuat rengkuman atau analisis dari cuitan para netizen twitter. Menulisakan artikel yang hangat diperbicangkan akan mengudah menarik pengunjung ke blog kita. 

3.Blogwalking: 
www.c2live.com

Blogwalking masih menjadi favorit para blogger untuk meningkatkan traffic, selain menginginkan agar nilai Domain Authority (DA) naik, hal ini juga disrankan untuk melakukannya. Ketika ide buntu, biasanya saat membuka group blogger yang berisi link dari blogger lain, kita melihat judul dan tema yang menarik dan kita akan baca sampai habis, timbullah ide selesai membaca.

 Sebagai blogger kita dapat mencari referensi grup blogger tidak hanya untuk membagian posting dan mencari job, tetapi juga sebagai akuarium kumpulan ide dari blogger lain. Yang penting jangan sampai kopas tulisan orang lain.

4. Membuat Survey di Media Sosial 
www.c2live.com

Walaupun sudah mendapatkan keyword yang bisa ditulis tapi masih mencoba mencari yang lainnya. Cobalah membuat survei topik di Facebook, Instagram atau Twitter. Masing-masing media sosial itu memiliki fitur untuk melakukan survei.

 Setelah diadakan survei, kita dapat melihat topik yang paling banyak peminatnya. Lalu tulislah maka orang yang menunggu tulisan Anda pasti akan membacanya. Itulah cara kita mencari ide untuk menulis . Sellaugunakan media sosial dan web generator sebagai media untuk memancing ide keluar dan kita tinggal memilihnya. Tetapi pastikan jangan menuliskan sesuatu yang hoax dan saring kemampuan literasi media yang baik

Tidak ada komentar