E-Money Menguntungkan atau Merugikan?



Diskon, reward, cash-back adalah bentuk tawaran yang sangat menyenangkan bagi setiap orang. Ketika membeli suatu jasa, barang dengan menggunakan e-money,  lalu dapat diskon, serasa bahagia. Kebahagiaan yang dirasakan itu karena merasa mendapatkan murahnya barang, atau pengembalian uang . 

Ternyata cara berikan diskon, rward, cash-back itu menjadi senjata ampuh dari produsen untuk memasarkan produknya. Walaupun produknya itu intangible seperti e-money, tapi tetap laris digemari oleh pemakainya. Contohnya adalah “Go-pay” (bukan promosi loh!) 

Pernah satu kali saya pergi dari rumah ke satu mall. Saat berangkat saya gunakan cash untuk pembayaran mobil online. Harga pembayarannya sebesar Rp.28,000.- Ketika kembali dari Mall ke rumah, saya minta anak untuk menggunakan aplikasinya. Sangat kaget sekali saat membayar mobil online itu hanya Rp.15,000, berbeda Rp.13,000 dengan waktu berangkat. 

Terbesit untuk bisa menggunakan e-money yang punya daya tarik banyak itu. Apalagi sebagai perempuan, lebih sering menggunakan perasaan ketimbang logika . Jika mendapatkan diskon atau reward itu sangat senang sekali. 

Namun, timbul keragu-raguan saya melihat banyak kartu yang ada dimiliki saat ini, seperti ATM, kartu debit, kartu kredit, pelbagai kartu member. Seolah-olah jika saya harus menambah satu dua kartu lagi, berarti tambahan beban karena kartu e-money itu harus memiliki dana cukup agar dapat digunakan. Padahal saya paling malas untuk mencatat saldonya. Untuk mengecek saldo harus datang ke agen atau tempat e-money itu diterbitkan. Beban juga jika diingat hal ini. 

Pengertian dari e-money adalah sebuah kartu yang diterbitkan oleh penerbit. Penerbit itu bisa satu bank atau institusi. Kartu itu dapat diisi dananya melalui ATM dari bank penerbit atau agen-agennya. 

Sebelum mengambil keputusan, saya pun mencari informasi tentang keuntungan dan kerugian dulu menggunakan e-money. 

Keuntungannya:
 1. Mudah penggunaannya tanpa harus membawa uang tunai.
 2. Dapat digunakan untuk pelbagai macam pembayaran mulai dari bayar kereta , trans jakarta, buku dan pelbagai barang , pembayaran parkir 
3. Ada beberapa promosi seperti diskon,r reward untuk penggunaan bentuk e-money yang tidak menggunakan kartu tetapi dalam bentuk platform. 

Kerugiannya: 

1. Jika kartu hilang maka akan hilang pula dana yang kita simpan di kartu itu. 
2. Harus selalu mengontrol sisa dana sesbelum digunakan supaya tidak terjadi kekurangan 
3. Tidak dapat bunga karena uang yang kita simpan itu tidak mendapat bunga sama sekali.

 Untuk itu kita perlu berhitung dengan cermat keuntungan, kerugian dari penggunaankartu e-money dilihat dari masing-masing pribadi. Jika kita tidak intensif menggunakannya, tentulah kurang menguntungkan. 

Tetapi jika kita sering menggunakan dan mudah untuk memonitornya, maka kita dapat gunakan e-money atau dana yang menggunakan aplikasi itu.

Tidak ada komentar