TIPS UNTUK MENGHINDARI PEMALSUAN KOSMETIK


shutterstock.com

Begitu maraknya pemalsuan kosmetik yang sangat besar nilainya akhir-akhir ini. Baru-baru ini terjadi penggebrekan 4 tempat pabrik kosmetik tanpa izin edar/ilegal di wilayah Jakarta Barat, yaitu Perumahan Taman Surya, Ruko Daan Mogot Baru, Komplek Citra Business Park, dan Taman Surya Molek. Dari empat lokasi tersebut ditemukan berbagai barang bukti antara lain bahan baku kosmetik, bahan kemasan, produk ruah, produk jadi kosmetik, alat produksi, kendaraan, dan dokumen. Kosmetik palsu di sebuah pabrik kosmetik dan barang yang disita cukup besar nilainya yaitu RP.30 miliar.

Aparat sedang memburu anggota jaringan pemalsu. Target utama pemalsu kosmetik adalah pengguna kosmetik yang kebanyakan kaum perempuan. Begitu besarnya volume penggunaan kosmetik yang membuat para produsen yang tidak memiliki etika itu tergiur untuk memaslsu kosmetik.

Mereka sengaja memalsukan komposisi kosmetik, labelnya sampai kemasannya. Jelas bahwa isinya atau komposisinya sangat berbeda dengan yang asli.  Namun, untuk label maupun kemasan mereka meniru seperti yang alsinya.

Kosmetik palsu sangat membahayakan kulit bagi pemakainya. Bukan hanya merusak kulit pengguna bahkan dapat membuat mereka mengidap penyakit kanker. Oleh karena itu konsumen diharapkan untuk terus berhati-hati dalam mebeli kosmetik. 

Kosmetik tak selalu mempercantik wajah, bahkan merusak wajah. Jika tidak mengenali bahwa kosmetik yang digunakan adalah ilegal dan memilki kandungan yang berbahaya.

Bagaimana caranya untuk mengetahui apakah kosmetik asli atau palsu? 

  Klik website BPOM  KLIK

  • Kemasan
  • Label
  • Izin Edar
  • Kadaluwarsa


Bagaimana mengenali Kosmetik yang Aman dan yang berbahaya?

Kosmetik yang aman:  
  • Perubahan pada kulit terjadi selama 48 hari.
  • KEnali tekstur kosmetik yang asli

Kosmetik yang berbahaya:
  • Dalam beberapa hari  kurang dari 14 hari sudah memberikan efek berbeda (lebih putih secara tiba-tiba atau terjadi perubahan drastis).

  • Jika digunakan terjadi iritasi kulit (kemerahan dan kulit) hingga kulit mengelupas di wajah.

  • Perhatikan AROMA atau BAU(Kosmetik bermekuri tinggi memiliki bau wangi menyengat).

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman